Langsung ke konten utama

Merayakan Cinta Ala Theo & Weslly (Ulasan Buku Cara-cara Tidak Kreatif untuk Mencintai)

Kata orang menulis puisi jadi lebih mudah kalau sedang jatuh cinta. Barangkali inilah yang dialami Theo & Weslly ketika menulis puisi dalam buku Cara-cara Tidak Kreatif untuk Mencintai. Dari cinta mereka lahirlah 98 puisi dalam buku ini. Cinta yang diungkapkan dalam buku ini tak melulu cinta antara laki-laki dengan perempuan. Ada pula cinta mereka terhadap bangsa, ibu, ayah, tempat-tempat tertentu, moment, bahkan cinta mereka terhadap kata-kata. Mereka merayakan cinta dengan cara-cara yang mereka sebut tidak kreatif.

Apa yang mereka sebut cara-cara tidak kreatif untuk mencintai justru yang menurut saya menarik. Seperti dalam puisi yang mereka tulis bersama yang berjudul Membuat Ciuman, mereka seolah sedang mengajak kita untuk menyingkirkan segala yang ribet (kreatif) dan fokus pada yang sederhana (tidak kreatif) tapi justru membuat kita bahagia. Dalam puisi itu mereka menulis:

Manusia kadang tak butuh hal lain/selain tubuh dan waktu/seperti yang sekarang sedang kau kenakan/bahwa untuk berbahagia/manusia kadang tak butuh hal lain/selain belajar mengecup.

Letakkan risau perihal kerja/yang masih kau genggam di tanganmu,/lalu ajari bibirmu melupakan semua bunyi,/kecuali: muah!

Dalam buku ini, Theo & Weslly menulis puisi secara bergantian. Terkadang, mereka juga menulis secara bersama-sama, seperti dalam puisi Puisi yang Menjaga Sebuah Bangsa; Seperti Sudah-sudah; Sebelas Lebih Sepuluh; Bandung-Salatiga; Nuanea; dan banyak lagi.  Membaca puisi-puisi mereka yang ditulis bergantian seperti sedang mendengar sepasang kekasih yang sedang ngobrol dengan bahasa cinta. Sedangkan membaca puisi yang ditulis bersama membuat saya heran, bagaimana dua pikiran bersatu membentuk satu puisi yang indah.

Puisi yang ditulis Theo dalam buku ini cenderung menggunakan diksi yang jenaka, nakal, dan terus terang. Dari judul-judul puisinya, misalnya Ciuman; Dan Bibir Rindu; Keracunan Senyum; Bermeditasi di Pundakmu; dan lain-lain. Kita bisa melihatnya juga dalam puisi Sebelas Cara Tidak Kreatif Untuk Mencintai. Dalam puisi itu  Theo menyebutkan hal-hal sederhana yang sebaiknya dilakukan sepasang kekasih untuk merayakan cinta. Saya menyalin tujuh di antara sebelas itu untuk Anda: Jika tidur, jangan lupa: bersatu kita teguh, berdua kita make love/memaafkan satu jam sekali/jalan kaki sering, dan melakukan hal-hal gila bersama/rajin-rajin bikin kopi (satu panci besar)/minta gendong/minta pijit/lakukan semua di atas sungguh-sungguh

Berbeda dengan Theo, puisi-puisi Weslly boleh dikata lebih kalem. Meski demikian, tetap saja ada kesan nakal di sana. Dalam puisi Tentang Cukup, misalnya: Sekali ini kudapati diriku seumpama bayi dan buah dadamu adalah bahasa ibu yang harus kupelajari

Seperti yang sudah saya tulis di awal, puisi mereka tak hanya bicara soal cinta antara laki-laki dan perempuan. Dalam puisi Ciuman yang Menjaga Sebuah Bangsa saya kira mereka berhasil mengungkapkan dengan indah bagaimana sebuah bangsa bisa kuat. Mereka tidak menyarankan hal yang muluk-muluk, mereka hanya menyarankan cinta.

Bertingkat-tingkat bangunan/tentu tidak terbuat dari ciuman,/tetapi rumah kita yang kecil dan sederhana? barangkali dari sekarang, sekarung demi sekarung/ dari ciuman-ciuman itu bisa kita kumpulkan untukembuatnya

“adakah bangsa yang akan binasa,/jika ia dibangun oleh berjuta-juta/ ciuman rakyatnya?”

Ciuman dalam puisi itu mungkin simbol ikatan atau kedekatan yang jika dimiliki pada setiap keluarga, pada akhirnya melahirkan bangsa yang kuat. Sebuah keluarga yang bahagia menjadi pondasi bangsa yang kuat. Begitulah saya memaknai puisi ini. Mungkin puisi ini juga sebuah ungkapan keprihatinan penulis bahwa nilai-nilai kekeluargaan tak lagi menjadi nilai utama sebuah bangsa.

Selain ungkapan cinta pada bangsa, mereka juga menulis puisi tentang cinta pada ibu dan ayah. Kita dapat menemukannya dalam puisi Beberapa Aroma dari Hidup; Dan Badai yang Menganyam Urat-urat Kayu Gupasa; Ibu; Bapak; dan Dan Angin Bagi Layar yang Kupasang. Ada pula puisi-puisi yang merekam momen-momen di tempat-tempat tertentu, misalnya yang berjudul Blora; Kota Kembang yang Lain; Gerimis; Dago; Bunyi Klakson adalah Rindu, dan puisi-puisi lain.

Puisi-puisi dalam buku ini, saya kira bisa menjadi bahan renungan buat kita apakah selama ini kita sudah merayakan cinta dengan cara-cara yang sederhana sehingga membuat kita bahagia atau malah membuat kita sengsara.

Info Buku:

Judul: Cara-cara Tidak Kreatif untuk Mencintai; Penulis: Theoresia Rumthe & Weslly Johannes; Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama; Cetakan kedua: November 2018; Tebal: 160 hlm; ISBN: 9786020383163

 

 

 

 

 

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas dan Materi Kalimat Tanggapan dan Saran; Materi Bahasa Indonesia Kelas 5; Kurikulum Merdeka

Sumber gambar: Kompasiana.com "Semoga dengan belajar tanggapan dan saran, kamu menjadi lebih bijaksana dalam bermain media sosial seperti tik-tok, quora, facebook, instagram, x, dan lain-lain. Mengenal Kalimat Tanggapan Pernahkah kamu berkomentar di media sosial? Berkomentar di media sosial merupakan bentuk tanggapan. Pelajaran kita kali ini bertujuan agar kalian semakin bijaksana dalam bermain media sosial, tidak asal komentar, menghargai pendapat orang lain, dan terhindar dari berita bohong alias hoax. Ok, langsung saja! Kalimat tanggapan bisa diartikan sebagai reaksi yang kita berikan terhadap suatu peristiwa atau suatu hal dalam bentuk kalimat. Kamu bisa memberikan tanggapan berupa dukungan, persetujuan, bahkan penolakan. Kamu juga bisa mengungkapkan perasaanmu sebagai bentuk tanggapan. Perhatikan Hal-hal Ini Untuk memberikan tanggapan ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan. Kesantunan . Ketika memberikan tanggapan, pastikan bahasa yang kamu gunakan santun...

Soal Ulangan Harian Bahasa Indonesia Kelas 5 BAB 4 Materi Imbuhan, Kalimat Tanggapan, Pantun, dan Pidato

Setiap hari adalah kesempatan baru untuk belajar dan berkembang. Yap! Betul sekali. Kita harus memanfaatkan waktu sebaik mungkin untuk belajar dan berkembang agar hidup kita lebih bermakna.  Kali ini, gurumulang membuatkan Soal Ulangan Harian Bahasa Indonesia BAB 4 Materi Imbuhan, Kalimat Tanggapan, Pantun, dan Pidato. Silakan klik tautan berikut untuk mengerjakan soal: 👉 [ KERJAKAN SOAL ] Kamu bisa langsung tahu skor yang kamu dapatkan, lho! Nanti tulis di kolom komentar, ya, skor yang kamu dapatkan. Kamu juga bisa langsung kerjakan soalnya di sini 👇  Memuat… Latihan soal lainnya: Latihan Soal Penilaian Akhir Tahun (PAT) Mapel Bahasa Jawa Kelas 4 Latihan Soal Penilaian Akhir Tahun (PAT) Mapel Bahasa Arab Kelas 4 Latihan Soal Penilaian Akhir Tahun (PAT) SKI Kelas 4 Latihan Soal Penilaian Akhir Tahun (PAT) Mapel Bahasa Inggris Kelas 4

Memahami Makna Imbuhan Ter- Dalam Bacaan; Materi Bahasa Indonesia Kelas 5 Kurikulum Merdeka

Manfaat kita belajar mengenai imbuhan ter- adalah agar kita semakin baik dalam berkomunikasi. Komunikasi dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Semua manusia tak bisa hidup tanpa berkomunikasi karena manusia adalah makhluk sosial. Tujuan Belajar Tujuan kita belajar kali ini adalah untuk mengetahui apa saja makna atau fungsi dari imbuhan ter- dalam sebuah kalimat. Selain itu, tujuan kita belajar kali ini adalah agar kita mampu menggunakan imbuhan ter- dengan benar. Manfaat kita belajar mengenai imbuhan ter- adalah a gar kita semakin baik dalam berkomunikasi. Komunikasi dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Semua manusia tak bisa hidup tanpa berkomunikasi karena manusia adalah makhluk sosial. Semakin baik kamu berkomunikasi semakin terlihat bahwa kamu orang yang berwawasan luas. Maka dari itu, pelajari materi kali ini dengan sungguh-sungguh, ya! Mengenal Imbuhan Imbuhan merupakan bunyi tambahan yang disisipkan pada sebuah kata, baik pada awal, tengah, akhir, atau awal d...

13 Rekomendasi Film Inspiratif Untuk Anak-Anak; Cocok Untuk Mengisi Liburan Sekolah

"Film ini bercerita tentang seorang alien rindu kampung halaman yang mendaratkan pesawat ruang angkasanya di dekat Hutan Afrika yang penuh warna. Teman-teman hewan barunya perlu membawanya kembali ke kapalnya dan mengajarinya tentang persahabatan dan kesenangan sebelum ayahnya yang Penakluk Luar Angkasa dapat mengambil alih planet bumi ini." -- Jungle Beat: The Movie -- 13 Film Inspiratif Dalam dan Luar Negeri           Untuk mengisi kegiatan selama pesantren kilat di madrasah, aku ditugasi mengunduh film yang cocok untuk anak-anak MI. Kelas 1 dan 2 direncanakan menonton pada hari Senin, sedangkan kelas 3 hingga 6 pada hari Selasa. Aku dapat tugas mencari film untuk kelas 3 hingga 6. Agak susah mencari film untuk kelas 3 hingga 6 karena kriteria yang diberikan kepala sekolah adalah harus inspiratif.           Masalahnya, anak-anak sekarang mudah sekali bosan. Mereka terbiasa menikmati video-video pendek yang sangat menarik de...

Teks Deskripsi - Materi Bahasa Indonesia Kelas 7 - Fase D

TEKS DESKRIPSI Dalam kehidupan sehari-hari, kita akan sangat sering menemukan teks deskripsi. Misalnya, saat kita berbelanja secara online, kita sering menemukan teks deskripsi dalam sebuah produk. Penjual perlu mendeskripsikan produknya dengan jelas agar pembeli dapat memilih barang yang mereka butuhkan dengan tepat. Pada kesempatan kali ini, kita akan mempelajari tentang teks deskripsi. Bacalah materi berikut ini dengan saksama! Tanyakan kepada gurumu jika ada bagian yang sulit kamu pahami! Mengapa Kamu Perlu Mempelajari Teks Deskripsi? Adalah sebuah kekonyolan jika kamu mempelajari sesuatu tanpa tahu manfaatnya apa. Tapi, kekonyolan ini pun terkadang masih lebih baik dari pada tidak mempelajari apapun dalam hidupmu. Kalau kamu tahu apa manfaat mempelajari sesuatu, kamu bisa memutuskan akan mempelajarinya dengan tekun atau tidak sama sekali. Maka dari itu, mari kita bahas terlebih dahulu apa saja manfaat mempelajari teks deskripsi. Beberapa manfaat yang bisa kamu peroleh dengan...

Materi PPT Garis dan Sudut Matematika Kelas 4

  Assalamualaikum, bapak/ibu guru semuanya.  Kali ini guru mulang.com akan membagikan materi presentasi garis dan sudut dalam bentuk PPT.  Garis dan sudut merupakan salah satu materi yang menjadi dasar untuk mempelajari materi-materi geometri yang lain. Garis adalah rangkaian titik-titik yang saling terhubung. Sedangkan sudut adalah wilayah yang terbentuk dari dua buah garis lurus yang saling berpotongan.  Siswa yang mengetahui konsep garis dan sudut akan sangat terbantu dalam materi bangun datar maupun bangun ruang yang mulai diajarkan pada kelas 4 SD.  Untuk itu bapak/ibu, tentu kita tak mau anak-anak didik kita sampai gagal paham apa yang dimaksud garis dan apa yang dimaksud sudut. Nah, kali ini kami bagikan materi garis dan sudut dalam bentuk ppt interaktif.  Dalam materi yang kami bagikan kali ini, ada soal-soal interaktif di dalamnya yang bisa dikerjakan bersama-sama ketika mempelajari garis dan sudut.  Baiklah, tak perlu berlama-lama lagi, berik...

Memanfaatkan Buku "Seandainya Saya Wartawan Tempo" Sebagai Bahan Refleksi Seorang Guru

"Kalau dipikir-pikir, ada persamaan antara wartawan dengan guru. Sama-sama mendidik. Wartawan mendidik masyarakat melalui tulisan-tulisannya. Sementara guru mendidik siswa melalui pembelajarannya." Buat apa seorang guru membaca buku “Seandainya Saya Wartawan Tempo”? Guru tak bertugas menulis berita. Jadi, buat apa? Saya lupa kapan membeli buku tipis ini. Saya menemukannya setelah sekian lama berada di tumpukan buku-buku yang tak terbaca dan tak terurus. Saya mengumpulkan semua buku yang ada kaitannya dengan bahasa Indonesia. Hasilnya banyak didominasi buku-buku kuliah. Ada kamus bahasa Indonesia yang sudah robek, esai-esai bahasa, dan buku ini. Di antara buku-buku yang saya kumpulkan, saya memilih membaca buku ini. Mungkin karena buku ini lebih tipis dari buku-buku lain. Isinya hanya 96 halaman. Buku ini sebenarnya dicetak sebagai bahan pendidikan bagi para wartawan yang bekerja di majalah Tempo, terutama dalam menulis dan menyusun berita bentuk feature . Demi manfaat yang le...

Kaligrafi Karya Kelas 5 - MI GUPPI Rakitan - Tahun Pelajaran 2024/2025

Pada Ramadhan tahun ini, kami kembali mengadakan lomba membuat kaligrafi. Kali ini, ketentuannya adalah membuat kaligrafi dari salah satu surah dalam Al-Quran, yaitu Al-Ikhlas, Al-Falaq, atau An-Nas. Ini adalah hasil karya kelas 5 yang sempat kuabadikan dalam foto. Kuunggah di sini sebagai kenang-kenangan.  Hasilnya memang tidak terlalu bagus, selain karena memang jarang latihan, waktu pembuatannya juga mepet sekali dengan keharusan memilih salah satu surat yang untuk dibuat kaligrafi sebenarnya terbilang cukup panjang untuk kelas 5. Tapi, ini sudah lumayan, kok. 

Karya Fotografi Kelas 5 MI GUPPI Rakitan

Melihat foto ini jiwa bolangku terusik. Bisa menyaksikan pemandangan seperti dalam foto ini secara langsung pasti sangat mendamaikan pikiran. Kapan, ya? Karya Fotografi Kelas 5           Ada satu mapel baru buat kelas 5 tahun ini, yaitu informatika. Materinya berkaitan dengan algoritma, software komputer, penalaran, editing foto dan video, dan lain sebagainya. Aku menyambut baik adanya mata pelajaran baru ini. Dari materi-materi itu aku pilih yang barangkali lebih dekat dengan dunia siswa, yaitu editing foto dan video. Aku memberikan tugas pertama buat mereka untuk mengambil foto apa saja yang menurut mereka indah dan pantas dibagikan. Beberapa siswa berinisiatif mengedit foto yang mereka ambil. Itu bagus dan memang itu tujuan awalku memberi tugas ini. Ini adalah hasil tugas mereka: Bunga putih dengan latar belakang tanaman lain. Komposisinya lumayan bagus. Namun, jika yang ingin ditampilkan atau ditonjolkan adalah bagian bunganya, alangkah baiknya j...

Tutorial Membaca Nilai Rapor

"Nilai rapor tak lagi mencerminkan kemampuan peserta didik yang sebenarnya. Sudah bukan rahasia lagi bahwa nilai rapor adalah nilai yang sudah dikatrol" Kalau kamu malas belajar, bodoh, jarang berangkat sekolah, tak pernah mengerjakan tugas dari gurumu, sering bikin ulah di sekolah, dan mengerjakan ujian asal-asalan, siap-siaplah terkejut dengan nilai rapormu. Mungkin kamu mengira nilai rapormu jelek semua, bahkan mungkin kamu mengira tidak akan naik kelas. Eiitss.... Kamu akan terkejut. Itu semua tak akan terjadi. Percayalah! Rapor zaman dulu ada nilai merah. Nilai merah berarti kemampuan anak kurang memadai. Zaman dulu hal seperti ini wajar saja. Sekarang, saat aku jadi guru, rupanya tak ada lagi nilai merah. Semua siswa "harus" diberi nilai di atas KKM, meskipun nyatanya ada siswa yang benar-benar tak layak dapat nilai di atas KKM. Nilai rapor tak lagi mencerminkan kemampuan peserta didik yang sebenarnya. Sudah bukan rahasia lagi bahwa nilai rapor adalah nilai ya...