Langsung ke konten utama

Realitas Umat Islam di Negeri Ini dalam Sebuah Komik | Ulasan Komik Islam Yang Kulihat Karya Fajar Istiqlal

Anak-anak kita harus mengenal dan mencintai kebaikan agar mereka mau melakukannya dengan senang hati. Di samping itu, mereka harus mengenal kejahatan dan membencinya agar mereka selalu berusaha tak terjerumus kedalamnya. Dengan kata lain, "Amar ma'ruf nahi munkar," bukankah begitu? 

Kritik Lewat Komik

Sampul depan buku menampilkan gambar seorang pemuda sedang tidur dengan seekor ayam. Ada dua balon percakapan. Yang satu adalah suara ibu pemuda yang memintanya untuk bangun dan menunaikan solat subuh. Balon satu lagi suara pemuda yang membantah ibunya. Ia minta solat subuh digabungkan saja dengan solat zuhur. Dari gambar ini jelas sekali maksud komik ini adalah untuk menyampaikan pesan-pesan Islam pada anak-anak. 

Komik ini berjudul Islam yang Kulihat mungkin karena penulis bermaksud menyampaikan bahwa Islam di kehidupan nyata berbeda dengan Islam dalam teori. Hal ini memang terbukti dari isi di dalam komik yang kubaca ini. 

Komik ini berisi cerita-cerita yang menyampaikan pesan-pesan agama Islam dengan gambar-gambar yang sederhana namun kocak. Komik ini juga bisa dimaknai sebagai kritik atas umat Islam. Perilaku sebagian besar umat Islam di Indonesia justru tidak mencerminkan ajaran Islam yang oleh umatnya dianggap telah sempurna. Contoh yang paling gamblang adalah ajaran Islam mengenai cinta kebersihan yang sering kali tidak diamalkan. Akibatnya, kita kerap mendapati tumpukan sampah di pinggir jalan, di trotoar, di depan sekolah, dan di mana-mana. Bahkan, yang paling ironis adalah sampah yang berserakan di sebuah tempat yang baru saja digunakan untuk pengajian. 

Kembali ke pembahasan komik ini. Sebagai alat penyampai pesan untuk anak-anak komik ini menurutku berhasil selangkah lebih maju daripada ceramah. Ya, anak-anak tak akan jatuh mengantuk saat membaca komik ini sebab cerita-ceritanya menarik dan membuat penasaran pembaca. 

Komik ini berisi sepuluh cerita dengan judul: 
  • Muda Hura-Hura
  • Salah Siapa
  • Judi!!!
  • Jaga Auratmu
  • Maut Datang Sesukanya
  • Preman Tobat
  • Nasihat Ayah
  • Pelit Kelas Dewa but
  • Yang Penting Sabar
  • Syukur, Bukan Syukurin
Dalam cerita pertama, Muda Hura-Hura, seorang pemuda yang mempunyai kebiasaan buruk berupa minum-minuman keras, main judi, menghambur-hamburkan uang pemberian orang tuanya, terus melakukan hal itu sampai suatu ketika masa mudanya habis. Saat orang tuanya tak lagi mampu membiayai gaya hidupnya, saat itulah pemuda itu tersadar masa mudanya telah menguap dan ia kini harus berusaha mencari uang sendiri tanpa keterampilan apa-apa sebab di masa mudanya ia tak pernah belajar keterampilan apapun. Ia hanya menghabiskan waktunya untuk bersenang-senang. Alhasil saat teman-temannya sudah mampu hidup mandiri, pemuda ini malah terus-menerus menjadi beban buat orang lain. 

Di setiap akhir cerita selalu ada satu halaman khusus yang isinya kata-kata motivasi, ayat-ayat Al-Quran, hadis Nabi, atau petuah bijak dari orang-orang. 

Mengimbangi Dominasi Cerita-Cerita Kejahatan

Sebagai media pembawa pesan, komik ini menurutku lumayan bagus. Hanya saja, sangat disayangkan hampir semua cerita menanyangkan keburukan terlebih dahulu baru kemudian efek dari keburukan itu, alih-alih menayangkan kebaikan dan kemudian menyampaikan manfaatnya. Hal seperti ini justru berpotensi lebih menonjolkan keburukan daripada kebaikan. 

Hanya satu cerita yang tak menyuguhkan keburukan terlebih dahulu, yaitu yang berjudul Salah Siapa yang menceritakan seorang guru menguji murid-muridnya dengan menyuruh mereka masuk ke dalam goa dan menuruti perintah guru itu. 

Dalam kuliah umum yang pernah kuikuti semasa menjadi mahasiswa, seorang penulis cerita anak pernah mengkritik para penulis cerita anak yang berpola menampilkan keburukan lebih dulu baru efek dari keburukan itu. Seperti cerita tentang Kancil Si Pencuri, Harimau yang Serakah, Kelinci yang Sombong, dan sebagainya. Cerita-cerita seperti ini mendominasi dunia cerita anak di negeri ini.

Kritik kemudian dilanjutkan dengan saran untuk mengimbangi pola ini dengan pola lainnya, yaitu menampilkan kebaikan terlebih dahulu baru manfaat dari melakukannya. Misalnya dengan cerita-cerita seperti Si Jerapah yang Dermawan, Gajah yang Baik Hati, dan sebagainya. Hal ini perlu dilakukan agar anak-anak mengenal perilaku-perilaku baik dan buruk secara seimbang. Bukankah tak cukup jika kita hanya menjadi manusia yang menghindari kejahatan tanpa melakukan kebaikan selain itu? 

Anak-anak kita harus mengenal dan mencintai kebaikan agar mereka mau melakukannya dengan senang hati. Di samping itu, mereka harus mengenal kejahatan dan membencinya agar mereka selalu berusaha tak terjerumus kedalamnya. Dengan kata lain, "Amar ma'ruf nahi munkar," bukankah begitu? 

Namun, terlepas dari kekurangan buku ini, saya tetap merekomendasikan buku ini untuk koleksi pribadi maupun koleksi perpustakaan sekolah, khususnya tingkat SD/MI. Buku ini telah terbukti bisa menarik minat baca siswa dari seringnya buku ini dipinjam oleh siswa-siswaku. 



Maaf, yang ini terbalik. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teks Deskripsi - Materi Bahasa Indonesia Kelas 7 - Fase D

TEKS DESKRIPSI Dalam kehidupan sehari-hari, kita akan sangat sering menemukan teks deskripsi. Misalnya, saat kita berbelanja secara online, kita sering menemukan teks deskripsi dalam sebuah produk. Penjual perlu mendeskripsikan produknya dengan jelas agar pembeli dapat memilih barang yang mereka butuhkan dengan tepat. Pada kesempatan kali ini, kita akan mempelajari tentang teks deskripsi. Bacalah materi berikut ini dengan saksama! Tanyakan kepada gurumu jika ada bagian yang sulit kamu pahami! Mengapa Kamu Perlu Mempelajari Teks Deskripsi? Adalah sebuah kekonyolan jika kamu mempelajari sesuatu tanpa tahu manfaatnya apa. Tapi, kekonyolan ini pun terkadang masih lebih baik dari pada tidak mempelajari apapun dalam hidupmu. Kalau kamu tahu apa manfaat mempelajari sesuatu, kamu bisa memutuskan akan mempelajarinya dengan tekun atau tidak sama sekali. Maka dari itu, mari kita bahas terlebih dahulu apa saja manfaat mempelajari teks deskripsi. Beberapa manfaat yang bisa kamu peroleh dengan...

Memanfaatkan Buku "Seandainya Saya Wartawan Tempo" Sebagai Bahan Refleksi Seorang Guru

"Kalau dipikir-pikir, ada persamaan antara wartawan dengan guru. Sama-sama mendidik. Wartawan mendidik masyarakat melalui tulisan-tulisannya. Sementara guru mendidik siswa melalui pembelajarannya." Buat apa seorang guru membaca buku “Seandainya Saya Wartawan Tempo”? Guru tak bertugas menulis berita. Jadi, buat apa? Saya lupa kapan membeli buku tipis ini. Saya menemukannya setelah sekian lama berada di tumpukan buku-buku yang tak terbaca dan tak terurus. Saya mengumpulkan semua buku yang ada kaitannya dengan bahasa Indonesia. Hasilnya banyak didominasi buku-buku kuliah. Ada kamus bahasa Indonesia yang sudah robek, esai-esai bahasa, dan buku ini. Di antara buku-buku yang saya kumpulkan, saya memilih membaca buku ini. Mungkin karena buku ini lebih tipis dari buku-buku lain. Isinya hanya 96 halaman. Buku ini sebenarnya dicetak sebagai bahan pendidikan bagi para wartawan yang bekerja di majalah Tempo, terutama dalam menulis dan menyusun berita bentuk feature . Demi manfaat yang le...

Materi PPT Garis dan Sudut Matematika Kelas 4

  Assalamualaikum, bapak/ibu guru semuanya.  Kali ini guru mulang.com akan membagikan materi presentasi garis dan sudut dalam bentuk PPT.  Garis dan sudut merupakan salah satu materi yang menjadi dasar untuk mempelajari materi-materi geometri yang lain. Garis adalah rangkaian titik-titik yang saling terhubung. Sedangkan sudut adalah wilayah yang terbentuk dari dua buah garis lurus yang saling berpotongan.  Siswa yang mengetahui konsep garis dan sudut akan sangat terbantu dalam materi bangun datar maupun bangun ruang yang mulai diajarkan pada kelas 4 SD.  Untuk itu bapak/ibu, tentu kita tak mau anak-anak didik kita sampai gagal paham apa yang dimaksud garis dan apa yang dimaksud sudut. Nah, kali ini kami bagikan materi garis dan sudut dalam bentuk ppt interaktif.  Dalam materi yang kami bagikan kali ini, ada soal-soal interaktif di dalamnya yang bisa dikerjakan bersama-sama ketika mempelajari garis dan sudut.  Baiklah, tak perlu berlama-lama lagi, berik...

Tutorial Membaca Nilai Rapor

"Nilai rapor tak lagi mencerminkan kemampuan peserta didik yang sebenarnya. Sudah bukan rahasia lagi bahwa nilai rapor adalah nilai yang sudah dikatrol" Kalau kamu malas belajar, bodoh, jarang berangkat sekolah, tak pernah mengerjakan tugas dari gurumu, sering bikin ulah di sekolah, dan mengerjakan ujian asal-asalan, siap-siaplah terkejut dengan nilai rapormu. Mungkin kamu mengira nilai rapormu jelek semua, bahkan mungkin kamu mengira tidak akan naik kelas. Eiitss.... Kamu akan terkejut. Itu semua tak akan terjadi. Percayalah! Rapor zaman dulu ada nilai merah. Nilai merah berarti kemampuan anak kurang memadai. Zaman dulu hal seperti ini wajar saja. Sekarang, saat aku jadi guru, rupanya tak ada lagi nilai merah. Semua siswa "harus" diberi nilai di atas KKM, meskipun nyatanya ada siswa yang benar-benar tak layak dapat nilai di atas KKM. Nilai rapor tak lagi mencerminkan kemampuan peserta didik yang sebenarnya. Sudah bukan rahasia lagi bahwa nilai rapor adalah nilai ya...

Kaligrafi Karya Kelas 5 - MI GUPPI Rakitan - Tahun Pelajaran 2024/2025

Pada Ramadhan tahun ini, kami kembali mengadakan lomba membuat kaligrafi. Kali ini, ketentuannya adalah membuat kaligrafi dari salah satu surah dalam Al-Quran, yaitu Al-Ikhlas, Al-Falaq, atau An-Nas. Ini adalah hasil karya kelas 5 yang sempat kuabadikan dalam foto. Kuunggah di sini sebagai kenang-kenangan.  Hasilnya memang tidak terlalu bagus, selain karena memang jarang latihan, waktu pembuatannya juga mepet sekali dengan keharusan memilih salah satu surat yang untuk dibuat kaligrafi sebenarnya terbilang cukup panjang untuk kelas 5. Tapi, ini sudah lumayan, kok. 

Tidak Ada Anak Bodoh di Dunia Ini

" Mencintai anak-anak tidaklah cukup, yang juga penting adalah membuat anak-anak menyadari bahwa mereka dicintai orangtuanya ." - St. John Bosco - Tidak ada anak bodoh. Mereka yang kamu anggap bodoh sebenarnya hanya anak-anak yang kurang beruntung. Aku tak tahu ini naif atau tidak. Menurutku semua anak pada dasarnya cerdas dan baik. Tak ada anak bodoh. Tak ada anak jahat. Dalam bukunya Frames of Mind: The Theory of Multiple Intelligences (1983), Howard Gardner mengidentifikasi setidaknya delapan kecerdasan berbeda yang digunakan manusia untuk bertahan hidup, berkembang, dan membangun peradaban. Kecerdasan yang dimaksud yaitu kecerdasan linguistik, kecerdasan logika-matematis, kecerdasan spasial, kecerdasan kinestetik-jasmani, kecerdasan musikal, kecerdasan interpersonal, kecerdasan intrapersonal, dan kecerdasan naturalistik. Setidak-tidaknya anak-anak pasti memiliki salah satu dari delapan kecerdasan tersebut sebagai bekal tumbuh kembangnya. Bekal unik inilah yang harus dima...

Meninggalkan Jejak Kebaikan

"Aku tak cuma seorang guru di sana. Aku menjelma menjadi tukang cat dinding, tukang potong rumput dan tanaman hias, tukang membetulkan atap yang bocor, tukang antar siswa pulang sekolah, petani singkong dan jagung, sampai menjadi tukang air." - Guru Mulang - Ketika aku masih kuliah di semester delapan, aku mendapat tawaran bekerja di salah satu sekolah di desaku. Tepatnya di MI GUPPI Rakitan. Aku menolak. Saat itu, aku masih mengerjakan skripsi. Mengerjakan skripsi saja rasanya sudah keteteran sekali, apalagi ditambah dengan beban pekerjaan. Aku merasa tak mampu. Aku berencana mengejar target lulus sebelum pembukaan rekrutmen CPNS dimulai dan akan mengikuti rekrutmen CPNS. Namun, sialnya aku lulus ketika proses rekrutmen telah berakhir. Dan sejak saat itu proses rekrutmen CPNS tak kunjung dibuka.  Aku teringat tawaran untuk bekerja di MI GUPPI Rakitan, tempat dulu aku bersekolah. Aku datang ke sana memakai baju lengan panjang berwarna biru dan mengajukan lamaran pekerjaan. ...

Bahagia Menjalani Hidup Seperti Anak-Anak

Saya rasa, satu kualitas hidup yang dimiliki anak-anak dan membuat mereka mudah bahagia adalah kemampuan mereka untuk memaafkan kesalahan orang lain. Sebagai guru SD jarang sekali saya mendapati murid-murid saya bersedih atas suatu masalah. Mereka memang mudah menangis kalau mengalami satu masalah yang sulit mereka atasi. Misalnya, saat berantem dengan temannya. Namun, itu tak pernah berlangsung lama. Hari itu juga mereka bisa berbaikan lalu kembali ketawa-ketiwi seolah tak terjadi apa-apa. Mereka terlihat selalu bahagia. Apa rahasianya? Saya penasaran mengapa anak kecil selalu terlihat bahagia. Sebagai guru SD, saya punya banyak waktu dan kesempatan untuk berinteraksi dengan mereka dan mencoba mencari tahu mengapa mereka selalu terlihat bahagia. Setidaknya, ada beberapa hal yang saya kira menjadi penyebab anak kecil relatif terlihat selalu bahagia. 1. Mudah memaafkan Saat mengajar kelas 4, ada seorang siswa yang berkelahi dengan temannya. Waktu itu saya sedang memeriksa kelom...

Karya Fotografi Kelas 5 MI GUPPI Rakitan

Melihat foto ini jiwa bolangku terusik. Bisa menyaksikan pemandangan seperti dalam foto ini secara langsung pasti sangat mendamaikan pikiran. Kapan, ya? Karya Fotografi Kelas 5           Ada satu mapel baru buat kelas 5 tahun ini, yaitu informatika. Materinya berkaitan dengan algoritma, software komputer, penalaran, editing foto dan video, dan lain sebagainya. Aku menyambut baik adanya mata pelajaran baru ini. Dari materi-materi itu aku pilih yang barangkali lebih dekat dengan dunia siswa, yaitu editing foto dan video. Aku memberikan tugas pertama buat mereka untuk mengambil foto apa saja yang menurut mereka indah dan pantas dibagikan. Beberapa siswa berinisiatif mengedit foto yang mereka ambil. Itu bagus dan memang itu tujuan awalku memberi tugas ini. Ini adalah hasil tugas mereka: Bunga putih dengan latar belakang tanaman lain. Komposisinya lumayan bagus. Namun, jika yang ingin ditampilkan atau ditonjolkan adalah bagian bunganya, alangkah baiknya j...

13 Rekomendasi Film Inspiratif Untuk Anak-Anak; Cocok Untuk Mengisi Liburan Sekolah

"Film ini bercerita tentang seorang alien rindu kampung halaman yang mendaratkan pesawat ruang angkasanya di dekat Hutan Afrika yang penuh warna. Teman-teman hewan barunya perlu membawanya kembali ke kapalnya dan mengajarinya tentang persahabatan dan kesenangan sebelum ayahnya yang Penakluk Luar Angkasa dapat mengambil alih planet bumi ini." -- Jungle Beat: The Movie -- 13 Film Inspiratif Dalam dan Luar Negeri           Untuk mengisi kegiatan selama pesantren kilat di madrasah, aku ditugasi mengunduh film yang cocok untuk anak-anak MI. Kelas 1 dan 2 direncanakan menonton pada hari Senin, sedangkan kelas 3 hingga 6 pada hari Selasa. Aku dapat tugas mencari film untuk kelas 3 hingga 6. Agak susah mencari film untuk kelas 3 hingga 6 karena kriteria yang diberikan kepala sekolah adalah harus inspiratif.           Masalahnya, anak-anak sekarang mudah sekali bosan. Mereka terbiasa menikmati video-video pendek yang sangat menarik de...