Langsung ke konten utama

Eksplorasi Geologi dan Studi Batuan: Siswa Kelas Riset MTs N 2 Banjarnegara Kunjungi Kawasan BRIN Karangsambung

Dengan terselenggaranya kegiatan ini, MTsN 2 Banjarnegara kembali membuktikan komitmennya dalam membangun generasi muda yang tidak hanya cerdas secara akademik, tetapi juga tangguh, kritis, dan berorientasi pada masa depan berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi.

Eksplorasi Geologi dan Studi Batuan: Siswa Kelas Riset MTs N 2 Banjarnegara Kunjungi  Kawasan BRIN Karangsambung 

Karangsambung, 12 Juni 2025 — Dalam rangka memperluas wawasan ilmiah dan menumbuhkan semangat riset sejak dini, siswa-siswi kelas Riset MTs Negeri 2 Banjarnegara melaksanakan kegiatan observasi lapangan di kawasan Geodiversitas BRIN Karangsambung, Kebumen. Kegiatan bertajuk "Eksplorasi Geologi dan Studi Batuan di Kawasan Karangsambung" ini merupakan bagian dari program unggulan madrasah dalam mendukung pembelajaran berbasis riset dan pengalaman langsung.

Kegiatan ini diikuti oleh siswa kelas riset dari jenjang kelas 7 dan 8 dengan didampingi oleh dua guru pembimbing riset IPA, yaitu Ibu Ismi dan Ibu Eli Fitri. Sejak pukul 05.30 WIB, para peserta telah berkumpul di lokasi registrasi untuk melakukan pengisian daftar hadir dan mendapatkan pengarahan awal dari guru serta panitia pendamping.

Setelah proses registrasi, siswa-siswi dibawa menuju aula presentasi BRIN untuk mengikuti sesi pembekalan materi. Dalam sesi yang berlangsung selama satu jam tersebut, salah satu dari narasumber BRIN, Dr. Puguh Dwi Raharjo, M.Sc memaparkan dasar-dasar ilmu geologi, mengenalkan berbagai jenis batuan, serta menjelaskan peran penting kawasan Karangsambung sebagai laboratorium alam geologi Indonesia. Materi disampaikan secara interaktif dengan visualisasi menarik yang membantu siswa memahami konsep geologi secara lebih konkret.

Menjelajah Geoheritage: Mengenal Batuan Lewat Pengalaman Nyata

Pukul 09.30 WIB, peserta mempersiapkan diri untuk observasi langsung ke lapangan. Setelah mendapatkan pembekalan keselamatan dan penjelasan teknis dari pemateri lapangan—Muhammad Al Afif dari BRIN—rombongan dibawa mengunjungi beberapa geosite penting di Karangsambung. Kegiatan lapangan dimulai dari GeoSite 1, yaitu Batuan Diabas, di mana siswa melakukan observasi terhadap struktur kristal dan proses intrusi dari batuan tersebut.

Perjalanan dilanjutkan ke GeoSite 2 untuk mengamati Batuan Villit, jenis batuan metamorf dengan tingkat rekristalisasi rendah. Di sini, siswa diperkenalkan pada konsep perubahan batuan

akibat tekanan dan suhu, serta bagaimana proses tersebut terjadi secara alami dalam jangka waktu geologis yang panjang.

Sekitar pukul 11.30 WIB, siswa melakukan pengamatan terhadap Batuan Serpentinit, yang menjadi materi di GeoSite 3. Mereka belajar tentang pentingnya serpentinit dalam proses subduksi lempeng bumi, dan bagaimana batuan ini menjadi bukti penting dari dinamika bumi di masa lalu.

Setelah beristirahat sejenak pada pukul 12.15 WIB, kegiatan dilanjutkan menuju GeoSite 4 yang sangat menarik perhatian peserta, yaitu Batuan Dasar Samudera. Di lokasi ini, siswa melakukan pengamatan terhadap pillow lava—struktur batuan yang terbentuk di dasar laut dan kini bisa dijumpai di daratan Karangsambung akibat proses tektonik selama jutaan tahun.

Seluruh rangkaian observasi lapangan dipandu oleh tim ahli dari BRIN serta guru pendamping yang terus memberikan penjelasan dan membantu siswa melakukan pencatatan data.

Refleksi, Dokumentasi, dan Rekreasi Edukatif

Setelah menyelesaikan seluruh pengamatan di lapangan, siswa diajak untuk melakukan refleksi dan diskusi singkat mengenai hasil observasi mereka. Dalam sesi tanya jawab yang digelar pukul 13.30 WIB, siswa diberikan kesempatan untuk menyampaikan temuan, bertanya tentang hal-hal yang belum mereka pahami, serta menyampaikan kesan mereka terhadap kegiatan yang telah dilalui.

"Melalui kegiatan ini, kami berharap siswa bisa melihat sendiri bukti nyata perubahan bumi, memahami bagaimana batuan bisa bercerita tentang sejarah masa lalu, dan terinspirasi untuk melakukan penelitian sederhana dari lingkungan sekitar mereka," ujar Ibu Ismi, salah satu guru pembimbing riset.

Kegiatan ditutup dengan dokumentasi bersama dan pembagian kenang-kenangan. Setelah itu, para peserta diajak untuk berkunjung ke Pantai Suwuk, Kebumen, sebagai bagian dari relaksasi  dan rekreasi setelah mengikuti kegiatan ilmiah yang cukup padat. Di lokasi tersebut, mereka menikmati suasana pantai, melakukan istirahat, serta diberi waktu bebas untuk membeli oleh-oleh khas Kebumen.

Sekitar pukul 19.30 WIB, seluruh rombongan kembali menuju Banjarnegara dan tiba di MTsN 2 dengan selamat sekitar pukul 21.30 WIB.

Mengembangkan Wawasan Ilmiah Lewat Pengalaman Lapangan

Kegiatan ini bukanlah kunjungan pertama yang dilakukan oleh kelas riset MTsN 2 Banjarnegara.  Sebelumnya, para siswa telah melakukan kunjungan edukatif ke berbagai institusi seperti Balitbangkes Banjarnegara, Kampung Gagot, Politeknik Banjarnegara, dan BMKG. Semua itu merupakan bagian dari strategi madrasah untuk mengenalkan siswa pada dunia riset dan lembaga-lembaga yang berperan penting dalam pengembangan ilmu pengetahuan.

Menurut Ibu Eli Fitri, tujuan utama dari kegiatan riset ini adalah agar siswa dapat memperoleh wawasan baru yang dapat menginspirasi mereka dalam menentukan topik penelitian ke depan. "Kami ingin siswa tidak hanya terpaku pada teori di kelas, tetapi mampu melihat, menyentuh, dan menganalisis langsung objek-objek riset mereka. Dengan demikian, mereka bisa lebih percaya diri saat menyusun dan menjalankan penelitian sendiri," terang beliau.

Kegiatan ini juga sejalan dengan semangat Merdeka Belajar dan program Madrasah Reform, di mana siswa diberi ruang untuk berpikir kritis, eksploratif, dan kolaboratif. Dalam kegiatan di Karangsambung, siswa dibagi ke dalam beberapa kelompok kecil untuk memudahkan proses observasi, pencatatan data, dan diskusi lapangan.

Antusiasme Siswa: Belajar yang Berkesan dan Menginspirasi

Antusiasme tinggi terlihat sepanjang kegiatan berlangsung. Banyak siswa mengaku bahwa ini adalah pengalaman belajar yang sangat menyenangkan dan membuka wawasan mereka. Salah  satu siswa kelas 8 menyampaikan, "Saya baru tahu kalau Indonesia punya tempat seperti ini.

Ternyata batuan yang kita pelajari di buku, bisa benar-benar kita lihat bentuk dan teksturnya langsung di alam."

Kegiatan seperti ini tidak hanya menambah pengetahuan siswa, tetapi juga melatih kemandirian, kemampuan bekerja sama, dan rasa ingin tahu yang tinggi. Madrasah berharap program kunjungan ilmiah ini bisa terus dilakukan setiap tahun dan bahkan ditingkatkan dalam bentuk kemitraan riset dengan berbagai lembaga terkait.

Dengan terselenggaranya kegiatan ini, MTsN 2 Banjarnegara kembali membuktikan komitmennya dalam membangun generasi muda yang tidak hanya cerdas secara akademik, tetapi juga tangguh, kritis, dan berorientasi pada masa depan berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi. (abr)

Siswa menyimak penjelasan narasumber dari BRIN


Seluruh rangkaian kegiatan di Krangsambung

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas dan Materi Kalimat Tanggapan dan Saran; Materi Bahasa Indonesia Kelas 5; Kurikulum Merdeka

Sumber gambar: Kompasiana.com "Semoga dengan belajar tanggapan dan saran, kamu menjadi lebih bijaksana dalam bermain media sosial seperti tik-tok, quora, facebook, instagram, x, dan lain-lain. Mengenal Kalimat Tanggapan Pernahkah kamu berkomentar di media sosial? Berkomentar di media sosial merupakan bentuk tanggapan. Pelajaran kita kali ini bertujuan agar kalian semakin bijaksana dalam bermain media sosial, tidak asal komentar, menghargai pendapat orang lain, dan terhindar dari berita bohong alias hoax. Ok, langsung saja! Kalimat tanggapan bisa diartikan sebagai reaksi yang kita berikan terhadap suatu peristiwa atau suatu hal dalam bentuk kalimat. Kamu bisa memberikan tanggapan berupa dukungan, persetujuan, bahkan penolakan. Kamu juga bisa mengungkapkan perasaanmu sebagai bentuk tanggapan. Perhatikan Hal-hal Ini Untuk memberikan tanggapan ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan. Kesantunan . Ketika memberikan tanggapan, pastikan bahasa yang kamu gunakan santun...

Memahami Makna Imbuhan Ter- Dalam Bacaan; Materi Bahasa Indonesia Kelas 5 Kurikulum Merdeka

Manfaat kita belajar mengenai imbuhan ter- adalah agar kita semakin baik dalam berkomunikasi. Komunikasi dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Semua manusia tak bisa hidup tanpa berkomunikasi karena manusia adalah makhluk sosial. Tujuan Belajar Tujuan kita belajar kali ini adalah untuk mengetahui apa saja makna atau fungsi dari imbuhan ter- dalam sebuah kalimat. Selain itu, tujuan kita belajar kali ini adalah agar kita mampu menggunakan imbuhan ter- dengan benar. Manfaat kita belajar mengenai imbuhan ter- adalah a gar kita semakin baik dalam berkomunikasi. Komunikasi dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Semua manusia tak bisa hidup tanpa berkomunikasi karena manusia adalah makhluk sosial. Semakin baik kamu berkomunikasi semakin terlihat bahwa kamu orang yang berwawasan luas. Maka dari itu, pelajari materi kali ini dengan sungguh-sungguh, ya! Mengenal Imbuhan Imbuhan merupakan bunyi tambahan yang disisipkan pada sebuah kata, baik pada awal, tengah, akhir, atau awal d...

Soal Ulangan Harian Bahasa Indonesia Kelas 5 BAB 4 Materi Imbuhan, Kalimat Tanggapan, Pantun, dan Pidato

Setiap hari adalah kesempatan baru untuk belajar dan berkembang. Yap! Betul sekali. Kita harus memanfaatkan waktu sebaik mungkin untuk belajar dan berkembang agar hidup kita lebih bermakna.  Kali ini, gurumulang membuatkan Soal Ulangan Harian Bahasa Indonesia BAB 4 Materi Imbuhan, Kalimat Tanggapan, Pantun, dan Pidato. Silakan klik tautan berikut untuk mengerjakan soal: 👉 [ KERJAKAN SOAL ] Kamu bisa langsung tahu skor yang kamu dapatkan, lho! Nanti tulis di kolom komentar, ya, skor yang kamu dapatkan. Kamu juga bisa langsung kerjakan soalnya di sini 👇  Memuat… Latihan soal lainnya: Latihan Soal Penilaian Akhir Tahun (PAT) Mapel Bahasa Jawa Kelas 4 Latihan Soal Penilaian Akhir Tahun (PAT) Mapel Bahasa Arab Kelas 4 Latihan Soal Penilaian Akhir Tahun (PAT) SKI Kelas 4 Latihan Soal Penilaian Akhir Tahun (PAT) Mapel Bahasa Inggris Kelas 4

13 Rekomendasi Film Inspiratif Untuk Anak-Anak; Cocok Untuk Mengisi Liburan Sekolah

"Film ini bercerita tentang seorang alien rindu kampung halaman yang mendaratkan pesawat ruang angkasanya di dekat Hutan Afrika yang penuh warna. Teman-teman hewan barunya perlu membawanya kembali ke kapalnya dan mengajarinya tentang persahabatan dan kesenangan sebelum ayahnya yang Penakluk Luar Angkasa dapat mengambil alih planet bumi ini." -- Jungle Beat: The Movie -- 13 Film Inspiratif Dalam dan Luar Negeri           Untuk mengisi kegiatan selama pesantren kilat di madrasah, aku ditugasi mengunduh film yang cocok untuk anak-anak MI. Kelas 1 dan 2 direncanakan menonton pada hari Senin, sedangkan kelas 3 hingga 6 pada hari Selasa. Aku dapat tugas mencari film untuk kelas 3 hingga 6. Agak susah mencari film untuk kelas 3 hingga 6 karena kriteria yang diberikan kepala sekolah adalah harus inspiratif.           Masalahnya, anak-anak sekarang mudah sekali bosan. Mereka terbiasa menikmati video-video pendek yang sangat menarik de...

Teks Deskripsi - Materi Bahasa Indonesia Kelas 7 - Fase D

TEKS DESKRIPSI Dalam kehidupan sehari-hari, kita akan sangat sering menemukan teks deskripsi. Misalnya, saat kita berbelanja secara online, kita sering menemukan teks deskripsi dalam sebuah produk. Penjual perlu mendeskripsikan produknya dengan jelas agar pembeli dapat memilih barang yang mereka butuhkan dengan tepat. Pada kesempatan kali ini, kita akan mempelajari tentang teks deskripsi. Bacalah materi berikut ini dengan saksama! Tanyakan kepada gurumu jika ada bagian yang sulit kamu pahami! Mengapa Kamu Perlu Mempelajari Teks Deskripsi? Adalah sebuah kekonyolan jika kamu mempelajari sesuatu tanpa tahu manfaatnya apa. Tapi, kekonyolan ini pun terkadang masih lebih baik dari pada tidak mempelajari apapun dalam hidupmu. Kalau kamu tahu apa manfaat mempelajari sesuatu, kamu bisa memutuskan akan mempelajarinya dengan tekun atau tidak sama sekali. Maka dari itu, mari kita bahas terlebih dahulu apa saja manfaat mempelajari teks deskripsi. Beberapa manfaat yang bisa kamu peroleh dengan...

Materi PPT Garis dan Sudut Matematika Kelas 4

  Assalamualaikum, bapak/ibu guru semuanya.  Kali ini guru mulang.com akan membagikan materi presentasi garis dan sudut dalam bentuk PPT.  Garis dan sudut merupakan salah satu materi yang menjadi dasar untuk mempelajari materi-materi geometri yang lain. Garis adalah rangkaian titik-titik yang saling terhubung. Sedangkan sudut adalah wilayah yang terbentuk dari dua buah garis lurus yang saling berpotongan.  Siswa yang mengetahui konsep garis dan sudut akan sangat terbantu dalam materi bangun datar maupun bangun ruang yang mulai diajarkan pada kelas 4 SD.  Untuk itu bapak/ibu, tentu kita tak mau anak-anak didik kita sampai gagal paham apa yang dimaksud garis dan apa yang dimaksud sudut. Nah, kali ini kami bagikan materi garis dan sudut dalam bentuk ppt interaktif.  Dalam materi yang kami bagikan kali ini, ada soal-soal interaktif di dalamnya yang bisa dikerjakan bersama-sama ketika mempelajari garis dan sudut.  Baiklah, tak perlu berlama-lama lagi, berik...

Memanfaatkan Buku "Seandainya Saya Wartawan Tempo" Sebagai Bahan Refleksi Seorang Guru

"Kalau dipikir-pikir, ada persamaan antara wartawan dengan guru. Sama-sama mendidik. Wartawan mendidik masyarakat melalui tulisan-tulisannya. Sementara guru mendidik siswa melalui pembelajarannya." Buat apa seorang guru membaca buku “Seandainya Saya Wartawan Tempo”? Guru tak bertugas menulis berita. Jadi, buat apa? Saya lupa kapan membeli buku tipis ini. Saya menemukannya setelah sekian lama berada di tumpukan buku-buku yang tak terbaca dan tak terurus. Saya mengumpulkan semua buku yang ada kaitannya dengan bahasa Indonesia. Hasilnya banyak didominasi buku-buku kuliah. Ada kamus bahasa Indonesia yang sudah robek, esai-esai bahasa, dan buku ini. Di antara buku-buku yang saya kumpulkan, saya memilih membaca buku ini. Mungkin karena buku ini lebih tipis dari buku-buku lain. Isinya hanya 96 halaman. Buku ini sebenarnya dicetak sebagai bahan pendidikan bagi para wartawan yang bekerja di majalah Tempo, terutama dalam menulis dan menyusun berita bentuk feature . Demi manfaat yang le...

Karya Fotografi Kelas 5 MI GUPPI Rakitan

Melihat foto ini jiwa bolangku terusik. Bisa menyaksikan pemandangan seperti dalam foto ini secara langsung pasti sangat mendamaikan pikiran. Kapan, ya? Karya Fotografi Kelas 5           Ada satu mapel baru buat kelas 5 tahun ini, yaitu informatika. Materinya berkaitan dengan algoritma, software komputer, penalaran, editing foto dan video, dan lain sebagainya. Aku menyambut baik adanya mata pelajaran baru ini. Dari materi-materi itu aku pilih yang barangkali lebih dekat dengan dunia siswa, yaitu editing foto dan video. Aku memberikan tugas pertama buat mereka untuk mengambil foto apa saja yang menurut mereka indah dan pantas dibagikan. Beberapa siswa berinisiatif mengedit foto yang mereka ambil. Itu bagus dan memang itu tujuan awalku memberi tugas ini. Ini adalah hasil tugas mereka: Bunga putih dengan latar belakang tanaman lain. Komposisinya lumayan bagus. Namun, jika yang ingin ditampilkan atau ditonjolkan adalah bagian bunganya, alangkah baiknya j...

Selesai Mengisi DRH, Terima SK CPNS, Selanjutnya Ngapain?

Selesai Mengisi DRH, Terima SK CPNS, Selanjutnya Ngapain? Alhamdulillah! Pada percobaanku yang kedua mengikuti seleksi CPNS, aku dinyatakan lolos. Aku ucapkan selamat untuk diriku sendiri dan untuk teman-teman yang juga lolos pada selesksi CPNS 2024 ini. Selamat!!! Akhirnya kalian berhasil. Aku juga. Kita berhasil. Hore!!! Aku telah menyelesaikan pengisian DRH di akunku. Sama seperti kalian, aku juga sedang menunggu kabar gembira turunnya SK CPNS. Nah, sambil menunggu turunnya SK CPNS yang entah kapan itu dan yang sempat membuat kita khawatir berjamaah, aku meluangkan waktu untuk merangkum persiapan apa saja yang diperlukan untuk menjadi PNS sejati. Tapi, PNS sejati itu yang kayak apa? Tujuanku menulis artikel ini untuk membantu mempersiapkan diriku sendiri. Kalau tulisan ini bermanfaat buat kalian… lumayan buat tabungan pahalaku. Kalau tidak bermanfaat skip saja! Berikut ini aku rangkum dari berbagai sumber, apa saja yang perlu dipersiapkan setelah mengakhiri pengisian D...