Langsung ke konten utama

Memperkaya Kosakata Siswa dengan Permainan Sambung Kata

"Permainan sambung kata bertujuan memperkaya kosakata siswa terkait tema-tema tertentu yang diinginkan."

Kemampuan berpikir erat kaitannya dengan kemampuan berbahasa. Semakin pandai berbahasa semakin baik pula kemampuan berpikir. Agar kemampuan berbahasa meningkat, salah satu caranya dengan memperbanyak kosakata yang kita ketahui. Semakin banyak semakin baik.

Permainan sambung kata bertujuan memperkaya kosakata siswa terkait tema-tema tertentu yang diinginkan. Saya akan menjelaskan aturan dasar bermain sambung kata terlebih dahulu. Dari aturan dasar, kita bisa kembangkan menjadi berbagai variasi. Baiklah, langsung saja. Beginilah aturan dasar dari permainan sambung kata:

1.    Peserta pertama menulis sebuah kata di papan tulis. Misalnya “TAHU”.

2.   Peserta kedua menulis kata yang huruf awalnya U misalnya “UANG”. Huruf awal U diambil dari huruf terakhir kata “TAHU” yang ditulis oleh peserta pertama.

3.  Peserta ketiga menulis kata yang berawalan huruf G misalnya “GUNUNG”. Huruf G diambil dari huruf terakhir kata “UANG” yang ditulis oleh peserta kedua.

4.   Proses ini dilanjutkan sampai anak-anak kehabisan kosa kata dalam ingatannya atau sampai batas waktu yang ditentukan.

Jika divisualkan, maka hasil permainannya akan tampak seperti ini:

Begitulah aturan dasarnya. Kita bisa kembangkan lebih lanjut dengan berbagai variasi.

Sambung Kata Variasi Tema

Sambung kata bisa divariasikan dengan tema tertentu. Guru menentukan kata yang boleh digunakan oleh siswa dengan tema tertentu.

Tema ini bisa kita ambil dari materi pelajaran yang pernah kita ajarkan. Misalnya, di mata pelajaran IPA kelas 5 semester 2 ada materi mengenai siklus air. Kita bisa gunakan tema siklus air. Maka siswa hanya boleh menggunakan kata yang berhubungan dengan tema siklus air. Misalnya, air, tanah, laut, evaporasi, kondensasi, hujan, presipitasi, infiltrasi, danau, cuaca, awan, mengalir, menguap, hulu, hilir, dan lain-lain.

Agar lebih bermuatan pembelajaran, guru bisa membuat aturan tambahan. Saya biasa memakai aturan tambahan dengan meminta siswa mengungkapkan definisi dari kata yang telah diucapkannya. Misalnya, pada tema siklus air, jika kata sebelumnya adalah CUACA, siswa yang mendapat giliran bisa memakai kata AIR dengan menyebutkan pula definisi tentang air.

Pemakaian definisi memberikan jeda waktu untuk peserta berikutnya memikirkan kata yang tepat. Permainan akan sedikit lebih lambat, namun siswa diajak untuk berpikir mengenai definisi dari sebuah kata. Mereka berlatih untuk mendefinisikan kata tertentu. Definisi yang digunakan siswa tidak harus sempurna. Cukup dengan batas pemahaman yang siswa punya. Misalnya, untuk kelas 5 kata AIR boleh didefinisikan dengan “benda cair yang digunakan hewan dan manusia untuk minum” atau “benda yang jatuh dari langit ketika hujan”. Tidak masalah jika definisi yang diberikan siswa tidak sempurna. Yang penting mereka belajar mendefinisikan sebuah kata.

Agar lebih efektif, guru bisa memberikan kesempatan kepada siswa untuk membuat daftar kata yang akan mereka gunakan lengkap dengan definisi yang mereka buat. Berikan tugas kepada siswa untuk mendata kata dengan tema tertentu beserta definisinya. Katakan bahwa daftar kata tersebut akan digunakan untuk permainan yang menyenangkan. Jelaskan aturan mainnya sampai siswa benar-benar paham bahwa yang memiliki kosa kata paling banyak tentu besar kemungkinan akan menang. Dengan begitu, siswa akan bersemangat mencari sebanyak mungkin kosa kata yang nantinya akan mereka gunakan. Sarankan kepada siswa untuk sebisa mungkin memiliki kata yang berawalan dari huruf A hingga Z. Guru juga harus membimbing siswa yang mengalami kesulitan saat mendefinisikan kata.

Permainan sambung kata variasi tema bisa dimainkan secara individu bisa pula dengan berkelompok. Jika dimainkan berkelompok, siswa bisa berdiskusi untuk merumuskan definisi dari kata yang akan mereka gunakan.

Sambung Kata Variasi Lisan

Sambung kata variasi lisan dilakukan tanpa menuliskan kata di papan tulis. Siswa langsung mengucapkan kata yang dipikirkannya. Variasi ini sedikit lebih sulit dan dapat dimainkan dengan tempo cepat. Siswa harus benar-benar konsentrasi agar pada gilirannya mampu menyebutkan kata sesuai huruf terakhir dari kata sebelumnya. Agar semakin seru, guru bisa membatasi waktu dalam menyebutkan kata. Siswa yang gagal menyebutkan kata berarti gugur. Ini dilanjutkan terus hingga hanya tersisa seorang saja. Maka dialah pemenangnya.

Sambung Kata Variasi Kelompok

Sambung kata variasi berkelompok dimainkan secara berkelompok. Siswa dikelompokkan menjadi empat hingga lima kelompok. Tugaskan mereka untuk berdiskusi mencari kosakata sesuai tema tertentu yang dikehendaki. Setelah persiapan dianggap cukup, sambung kata dapat dimainkan. Saya biasa menggunakan bentuk lingkaran besar dengan posisi siswa dipisah perkelompok. Agar lebih jelas berikut ini ilustrasi jika siswa dikelompokkan menjadi empat kelompok dengan masing-masing empat orang anggota



Masing-masing kotak ditempati anggota kelompok sesuai yang telah ditentukan. Guru menunjuk salah satu peserta  dan mengucapkan kata pertama. Peserta yang ditunjuk itu melanjutkan kata seperti biasa. Jika tidak bisa melanjutkan, maka dia harus duduk. Begitu juga dengan peserta di sebelahnya. Permainan dilanjutkan hingga satu putaran penuh. Setelah satu putaran penuh guru mencatat scor yang didapat. Satu poin untuk siswa yang masih berdiri (bisa menyebutkan kata dengan benar) dan nol untuk siswa yang duduk (tidak bisa menyebutkan kata atau salah). Proses ini dilanjutkan lagi hingga batas waktu yang telah ditetapkan atau sesuai kesepakatan akan dilakukan berapa kali putaran. Setelah selesai guru bisa menghitung total scor yang didapat dari masing-masing kelompok. Kelompok yang mendapat scor terbanyak tentu menjadi pemenangnya.

Sambung Kata Variasi Bahasa

Sambung kata variasi bahasa khusus dimainkan untuk mata pelajaran bahasa seperti bahasa Inggris, bahasa Arab, bahasa Mandarin, atau bahasa yang lainnya. Siswa diminta menghafalkan sebanyak mungkin kosa kata dalam bahasa tertentu dan artinya dalam bahasa Indonesia. Setelah hafalan relatif cukup banyak permainan bisa dilakukan. Sambung kata variasi bahasa bisa dimainkan secara tertulis maupun secara lisan. Yang terpenting, setiap mengucapkan atau menuliskan sebuah kata dalam bahasa asing, siswa harus menyebutkan pula artinya dalam bahasa Indonesia. Sambung kata variasi bahasa juga bisa dikombinasikan dengan sambung kata variasi kelompok.

Kondisi Khusus

Dalam permainan ini, beberapa kali saya mendapati semua siswa kehabisan kata-kata dengan huruf tertentu. Padahal di huruf lain mereka masih memiliki banyak kosa kata. Saya sering menyebut kondisi ini deadlock. Jika terjadi deadlock guru bisa menuliskan kata lain dengan akhiran huruf yang berbeda sehingga siswa mampu melanjutkan permainan.

Kiat Sukses Memainkan Sambung Kata

Agar permainan ini lebih memiliki nilai pemelajaran, guru harus menugaskan siswa untuk membuat daftar kosakata sebanyak mungkin dan memahami kosakata itu. Berikan penjelasan bahwa kosakata tersebut akan digunakan untuk sebuah permainan yang menyenangkan agar siswa semangat mempelajarinya.

Saat permainan dilaksanakan berikan batas waktu secukupnya kepada siswa yang mendapat giliran melanjutkan kata. Hal ini bertujuan untuk menjaga tempo permainan tetap menegangkan. Jika siswa tidak diberi batasan waktu untuk melanjutkan kata, ia akan berpikir terlalu lama dan membuat siswa lain akan bosan menunggu.

Berikan hadiah kepada pemenang permainan agar siswa lebih semangat.

Manfaat Main Sambung Kata

Memainkan sambung kata membantu siswa memperkaya kosakatanya, yang pada akhirnya akan membantunya meningkatkan kemampuan menyampaikan gagasan-gagasannya. Jika dimainkan secara berkelompok, permainan ini akan meningkatkan kemampuan bekerja sama dan saling menghargai. Siswa juga berlatih berpikir secara cepat dan tepat (memunculkan kosakata dalam benaknya secara cepat). Selain itu, memainkan sambung kata juga dapat mengusir kejenuhan siswa dengan materi pelajaran yang begitu banyaknya. Kelebihan permainan ini, tidak diperlukan banyak peralatan sehingga bisa dilakukan dengan mudah. Persiapannya juga sangat sederhana. Yang penting siswa paham aturannya dan mengerti apa yang harus dilakukan untuk memenangkan permainan ini. Selamat mencoba.

-------------------------------------

Permainan Terkait:

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teks Deskripsi - Materi Bahasa Indonesia Kelas 7 - Fase D

TEKS DESKRIPSI Dalam kehidupan sehari-hari, kita akan sangat sering menemukan teks deskripsi. Misalnya, saat kita berbelanja secara online, kita sering menemukan teks deskripsi dalam sebuah produk. Penjual perlu mendeskripsikan produknya dengan jelas agar pembeli dapat memilih barang yang mereka butuhkan dengan tepat. Pada kesempatan kali ini, kita akan mempelajari tentang teks deskripsi. Bacalah materi berikut ini dengan saksama! Tanyakan kepada gurumu jika ada bagian yang sulit kamu pahami! Mengapa Kamu Perlu Mempelajari Teks Deskripsi? Adalah sebuah kekonyolan jika kamu mempelajari sesuatu tanpa tahu manfaatnya apa. Tapi, kekonyolan ini pun terkadang masih lebih baik dari pada tidak mempelajari apapun dalam hidupmu. Kalau kamu tahu apa manfaat mempelajari sesuatu, kamu bisa memutuskan akan mempelajarinya dengan tekun atau tidak sama sekali. Maka dari itu, mari kita bahas terlebih dahulu apa saja manfaat mempelajari teks deskripsi. Beberapa manfaat yang bisa kamu peroleh dengan...

Memanfaatkan Buku "Seandainya Saya Wartawan Tempo" Sebagai Bahan Refleksi Seorang Guru

"Kalau dipikir-pikir, ada persamaan antara wartawan dengan guru. Sama-sama mendidik. Wartawan mendidik masyarakat melalui tulisan-tulisannya. Sementara guru mendidik siswa melalui pembelajarannya." Buat apa seorang guru membaca buku “Seandainya Saya Wartawan Tempo”? Guru tak bertugas menulis berita. Jadi, buat apa? Saya lupa kapan membeli buku tipis ini. Saya menemukannya setelah sekian lama berada di tumpukan buku-buku yang tak terbaca dan tak terurus. Saya mengumpulkan semua buku yang ada kaitannya dengan bahasa Indonesia. Hasilnya banyak didominasi buku-buku kuliah. Ada kamus bahasa Indonesia yang sudah robek, esai-esai bahasa, dan buku ini. Di antara buku-buku yang saya kumpulkan, saya memilih membaca buku ini. Mungkin karena buku ini lebih tipis dari buku-buku lain. Isinya hanya 96 halaman. Buku ini sebenarnya dicetak sebagai bahan pendidikan bagi para wartawan yang bekerja di majalah Tempo, terutama dalam menulis dan menyusun berita bentuk feature . Demi manfaat yang le...

Materi PPT Garis dan Sudut Matematika Kelas 4

  Assalamualaikum, bapak/ibu guru semuanya.  Kali ini guru mulang.com akan membagikan materi presentasi garis dan sudut dalam bentuk PPT.  Garis dan sudut merupakan salah satu materi yang menjadi dasar untuk mempelajari materi-materi geometri yang lain. Garis adalah rangkaian titik-titik yang saling terhubung. Sedangkan sudut adalah wilayah yang terbentuk dari dua buah garis lurus yang saling berpotongan.  Siswa yang mengetahui konsep garis dan sudut akan sangat terbantu dalam materi bangun datar maupun bangun ruang yang mulai diajarkan pada kelas 4 SD.  Untuk itu bapak/ibu, tentu kita tak mau anak-anak didik kita sampai gagal paham apa yang dimaksud garis dan apa yang dimaksud sudut. Nah, kali ini kami bagikan materi garis dan sudut dalam bentuk ppt interaktif.  Dalam materi yang kami bagikan kali ini, ada soal-soal interaktif di dalamnya yang bisa dikerjakan bersama-sama ketika mempelajari garis dan sudut.  Baiklah, tak perlu berlama-lama lagi, berik...

Tutorial Membaca Nilai Rapor

"Nilai rapor tak lagi mencerminkan kemampuan peserta didik yang sebenarnya. Sudah bukan rahasia lagi bahwa nilai rapor adalah nilai yang sudah dikatrol" Kalau kamu malas belajar, bodoh, jarang berangkat sekolah, tak pernah mengerjakan tugas dari gurumu, sering bikin ulah di sekolah, dan mengerjakan ujian asal-asalan, siap-siaplah terkejut dengan nilai rapormu. Mungkin kamu mengira nilai rapormu jelek semua, bahkan mungkin kamu mengira tidak akan naik kelas. Eiitss.... Kamu akan terkejut. Itu semua tak akan terjadi. Percayalah! Rapor zaman dulu ada nilai merah. Nilai merah berarti kemampuan anak kurang memadai. Zaman dulu hal seperti ini wajar saja. Sekarang, saat aku jadi guru, rupanya tak ada lagi nilai merah. Semua siswa "harus" diberi nilai di atas KKM, meskipun nyatanya ada siswa yang benar-benar tak layak dapat nilai di atas KKM. Nilai rapor tak lagi mencerminkan kemampuan peserta didik yang sebenarnya. Sudah bukan rahasia lagi bahwa nilai rapor adalah nilai ya...

Kaligrafi Karya Kelas 5 - MI GUPPI Rakitan - Tahun Pelajaran 2024/2025

Pada Ramadhan tahun ini, kami kembali mengadakan lomba membuat kaligrafi. Kali ini, ketentuannya adalah membuat kaligrafi dari salah satu surah dalam Al-Quran, yaitu Al-Ikhlas, Al-Falaq, atau An-Nas. Ini adalah hasil karya kelas 5 yang sempat kuabadikan dalam foto. Kuunggah di sini sebagai kenang-kenangan.  Hasilnya memang tidak terlalu bagus, selain karena memang jarang latihan, waktu pembuatannya juga mepet sekali dengan keharusan memilih salah satu surat yang untuk dibuat kaligrafi sebenarnya terbilang cukup panjang untuk kelas 5. Tapi, ini sudah lumayan, kok. 

Bahagia Menjalani Hidup Seperti Anak-Anak

Saya rasa, satu kualitas hidup yang dimiliki anak-anak dan membuat mereka mudah bahagia adalah kemampuan mereka untuk memaafkan kesalahan orang lain. Sebagai guru SD jarang sekali saya mendapati murid-murid saya bersedih atas suatu masalah. Mereka memang mudah menangis kalau mengalami satu masalah yang sulit mereka atasi. Misalnya, saat berantem dengan temannya. Namun, itu tak pernah berlangsung lama. Hari itu juga mereka bisa berbaikan lalu kembali ketawa-ketiwi seolah tak terjadi apa-apa. Mereka terlihat selalu bahagia. Apa rahasianya? Saya penasaran mengapa anak kecil selalu terlihat bahagia. Sebagai guru SD, saya punya banyak waktu dan kesempatan untuk berinteraksi dengan mereka dan mencoba mencari tahu mengapa mereka selalu terlihat bahagia. Setidaknya, ada beberapa hal yang saya kira menjadi penyebab anak kecil relatif terlihat selalu bahagia. 1. Mudah memaafkan Saat mengajar kelas 4, ada seorang siswa yang berkelahi dengan temannya. Waktu itu saya sedang memeriksa kelom...

Tidak Ada Anak Bodoh di Dunia Ini

" Mencintai anak-anak tidaklah cukup, yang juga penting adalah membuat anak-anak menyadari bahwa mereka dicintai orangtuanya ." - St. John Bosco - Tidak ada anak bodoh. Mereka yang kamu anggap bodoh sebenarnya hanya anak-anak yang kurang beruntung. Aku tak tahu ini naif atau tidak. Menurutku semua anak pada dasarnya cerdas dan baik. Tak ada anak bodoh. Tak ada anak jahat. Dalam bukunya Frames of Mind: The Theory of Multiple Intelligences (1983), Howard Gardner mengidentifikasi setidaknya delapan kecerdasan berbeda yang digunakan manusia untuk bertahan hidup, berkembang, dan membangun peradaban. Kecerdasan yang dimaksud yaitu kecerdasan linguistik, kecerdasan logika-matematis, kecerdasan spasial, kecerdasan kinestetik-jasmani, kecerdasan musikal, kecerdasan interpersonal, kecerdasan intrapersonal, dan kecerdasan naturalistik. Setidak-tidaknya anak-anak pasti memiliki salah satu dari delapan kecerdasan tersebut sebagai bekal tumbuh kembangnya. Bekal unik inilah yang harus dima...

Meninggalkan Jejak Kebaikan

"Aku tak cuma seorang guru di sana. Aku menjelma menjadi tukang cat dinding, tukang potong rumput dan tanaman hias, tukang membetulkan atap yang bocor, tukang antar siswa pulang sekolah, petani singkong dan jagung, sampai menjadi tukang air." - Guru Mulang - Ketika aku masih kuliah di semester delapan, aku mendapat tawaran bekerja di salah satu sekolah di desaku. Tepatnya di MI GUPPI Rakitan. Aku menolak. Saat itu, aku masih mengerjakan skripsi. Mengerjakan skripsi saja rasanya sudah keteteran sekali, apalagi ditambah dengan beban pekerjaan. Aku merasa tak mampu. Aku berencana mengejar target lulus sebelum pembukaan rekrutmen CPNS dimulai dan akan mengikuti rekrutmen CPNS. Namun, sialnya aku lulus ketika proses rekrutmen telah berakhir. Dan sejak saat itu proses rekrutmen CPNS tak kunjung dibuka.  Aku teringat tawaran untuk bekerja di MI GUPPI Rakitan, tempat dulu aku bersekolah. Aku datang ke sana memakai baju lengan panjang berwarna biru dan mengajukan lamaran pekerjaan. ...

13 Rekomendasi Film Inspiratif Untuk Anak-Anak; Cocok Untuk Mengisi Liburan Sekolah

"Film ini bercerita tentang seorang alien rindu kampung halaman yang mendaratkan pesawat ruang angkasanya di dekat Hutan Afrika yang penuh warna. Teman-teman hewan barunya perlu membawanya kembali ke kapalnya dan mengajarinya tentang persahabatan dan kesenangan sebelum ayahnya yang Penakluk Luar Angkasa dapat mengambil alih planet bumi ini." -- Jungle Beat: The Movie -- 13 Film Inspiratif Dalam dan Luar Negeri           Untuk mengisi kegiatan selama pesantren kilat di madrasah, aku ditugasi mengunduh film yang cocok untuk anak-anak MI. Kelas 1 dan 2 direncanakan menonton pada hari Senin, sedangkan kelas 3 hingga 6 pada hari Selasa. Aku dapat tugas mencari film untuk kelas 3 hingga 6. Agak susah mencari film untuk kelas 3 hingga 6 karena kriteria yang diberikan kepala sekolah adalah harus inspiratif.           Masalahnya, anak-anak sekarang mudah sekali bosan. Mereka terbiasa menikmati video-video pendek yang sangat menarik de...

Selesai Mengisi DRH, Terima SK CPNS, Selanjutnya Ngapain?

Selesai Mengisi DRH, Terima SK CPNS, Selanjutnya Ngapain? Alhamdulillah! Pada percobaanku yang kedua mengikuti seleksi CPNS, aku dinyatakan lolos. Aku ucapkan selamat untuk diriku sendiri dan untuk teman-teman yang juga lolos pada selesksi CPNS 2024 ini. Selamat!!! Akhirnya kalian berhasil. Aku juga. Kita berhasil. Hore!!! Aku telah menyelesaikan pengisian DRH di akunku. Sama seperti kalian, aku juga sedang menunggu kabar gembira turunnya SK CPNS. Nah, sambil menunggu turunnya SK CPNS yang entah kapan itu dan yang sempat membuat kita khawatir berjamaah, aku meluangkan waktu untuk merangkum persiapan apa saja yang diperlukan untuk menjadi PNS sejati. Tapi, PNS sejati itu yang kayak apa? Tujuanku menulis artikel ini untuk membantu mempersiapkan diriku sendiri. Kalau tulisan ini bermanfaat buat kalian… lumayan buat tabungan pahalaku. Kalau tidak bermanfaat skip saja! Berikut ini aku rangkum dari berbagai sumber, apa saja yang perlu dipersiapkan setelah mengakhiri pengisian D...