Langsung ke konten utama

Memperkaya Kosakata Siswa dengan Permainan Sambung Kata

"Permainan sambung kata bertujuan memperkaya kosakata siswa terkait tema-tema tertentu yang diinginkan."

Kemampuan berpikir erat kaitannya dengan kemampuan berbahasa. Semakin pandai berbahasa semakin baik pula kemampuan berpikir. Agar kemampuan berbahasa meningkat, salah satu caranya dengan memperbanyak kosakata yang kita ketahui. Semakin banyak semakin baik.

Permainan sambung kata bertujuan memperkaya kosakata siswa terkait tema-tema tertentu yang diinginkan. Saya akan menjelaskan aturan dasar bermain sambung kata terlebih dahulu. Dari aturan dasar, kita bisa kembangkan menjadi berbagai variasi. Baiklah, langsung saja. Beginilah aturan dasar dari permainan sambung kata:

1.    Peserta pertama menulis sebuah kata di papan tulis. Misalnya “TAHU”.

2.   Peserta kedua menulis kata yang huruf awalnya U misalnya “UANG”. Huruf awal U diambil dari huruf terakhir kata “TAHU” yang ditulis oleh peserta pertama.

3.  Peserta ketiga menulis kata yang berawalan huruf G misalnya “GUNUNG”. Huruf G diambil dari huruf terakhir kata “UANG” yang ditulis oleh peserta kedua.

4.   Proses ini dilanjutkan sampai anak-anak kehabisan kosa kata dalam ingatannya atau sampai batas waktu yang ditentukan.

Jika divisualkan, maka hasil permainannya akan tampak seperti ini:

Begitulah aturan dasarnya. Kita bisa kembangkan lebih lanjut dengan berbagai variasi.

Sambung Kata Variasi Tema

Sambung kata bisa divariasikan dengan tema tertentu. Guru menentukan kata yang boleh digunakan oleh siswa dengan tema tertentu.

Tema ini bisa kita ambil dari materi pelajaran yang pernah kita ajarkan. Misalnya, di mata pelajaran IPA kelas 5 semester 2 ada materi mengenai siklus air. Kita bisa gunakan tema siklus air. Maka siswa hanya boleh menggunakan kata yang berhubungan dengan tema siklus air. Misalnya, air, tanah, laut, evaporasi, kondensasi, hujan, presipitasi, infiltrasi, danau, cuaca, awan, mengalir, menguap, hulu, hilir, dan lain-lain.

Agar lebih bermuatan pembelajaran, guru bisa membuat aturan tambahan. Saya biasa memakai aturan tambahan dengan meminta siswa mengungkapkan definisi dari kata yang telah diucapkannya. Misalnya, pada tema siklus air, jika kata sebelumnya adalah CUACA, siswa yang mendapat giliran bisa memakai kata AIR dengan menyebutkan pula definisi tentang air.

Pemakaian definisi memberikan jeda waktu untuk peserta berikutnya memikirkan kata yang tepat. Permainan akan sedikit lebih lambat, namun siswa diajak untuk berpikir mengenai definisi dari sebuah kata. Mereka berlatih untuk mendefinisikan kata tertentu. Definisi yang digunakan siswa tidak harus sempurna. Cukup dengan batas pemahaman yang siswa punya. Misalnya, untuk kelas 5 kata AIR boleh didefinisikan dengan “benda cair yang digunakan hewan dan manusia untuk minum” atau “benda yang jatuh dari langit ketika hujan”. Tidak masalah jika definisi yang diberikan siswa tidak sempurna. Yang penting mereka belajar mendefinisikan sebuah kata.

Agar lebih efektif, guru bisa memberikan kesempatan kepada siswa untuk membuat daftar kata yang akan mereka gunakan lengkap dengan definisi yang mereka buat. Berikan tugas kepada siswa untuk mendata kata dengan tema tertentu beserta definisinya. Katakan bahwa daftar kata tersebut akan digunakan untuk permainan yang menyenangkan. Jelaskan aturan mainnya sampai siswa benar-benar paham bahwa yang memiliki kosa kata paling banyak tentu besar kemungkinan akan menang. Dengan begitu, siswa akan bersemangat mencari sebanyak mungkin kosa kata yang nantinya akan mereka gunakan. Sarankan kepada siswa untuk sebisa mungkin memiliki kata yang berawalan dari huruf A hingga Z. Guru juga harus membimbing siswa yang mengalami kesulitan saat mendefinisikan kata.

Permainan sambung kata variasi tema bisa dimainkan secara individu bisa pula dengan berkelompok. Jika dimainkan berkelompok, siswa bisa berdiskusi untuk merumuskan definisi dari kata yang akan mereka gunakan.

Sambung Kata Variasi Lisan

Sambung kata variasi lisan dilakukan tanpa menuliskan kata di papan tulis. Siswa langsung mengucapkan kata yang dipikirkannya. Variasi ini sedikit lebih sulit dan dapat dimainkan dengan tempo cepat. Siswa harus benar-benar konsentrasi agar pada gilirannya mampu menyebutkan kata sesuai huruf terakhir dari kata sebelumnya. Agar semakin seru, guru bisa membatasi waktu dalam menyebutkan kata. Siswa yang gagal menyebutkan kata berarti gugur. Ini dilanjutkan terus hingga hanya tersisa seorang saja. Maka dialah pemenangnya.

Sambung Kata Variasi Kelompok

Sambung kata variasi berkelompok dimainkan secara berkelompok. Siswa dikelompokkan menjadi empat hingga lima kelompok. Tugaskan mereka untuk berdiskusi mencari kosakata sesuai tema tertentu yang dikehendaki. Setelah persiapan dianggap cukup, sambung kata dapat dimainkan. Saya biasa menggunakan bentuk lingkaran besar dengan posisi siswa dipisah perkelompok. Agar lebih jelas berikut ini ilustrasi jika siswa dikelompokkan menjadi empat kelompok dengan masing-masing empat orang anggota



Masing-masing kotak ditempati anggota kelompok sesuai yang telah ditentukan. Guru menunjuk salah satu peserta  dan mengucapkan kata pertama. Peserta yang ditunjuk itu melanjutkan kata seperti biasa. Jika tidak bisa melanjutkan, maka dia harus duduk. Begitu juga dengan peserta di sebelahnya. Permainan dilanjutkan hingga satu putaran penuh. Setelah satu putaran penuh guru mencatat scor yang didapat. Satu poin untuk siswa yang masih berdiri (bisa menyebutkan kata dengan benar) dan nol untuk siswa yang duduk (tidak bisa menyebutkan kata atau salah). Proses ini dilanjutkan lagi hingga batas waktu yang telah ditetapkan atau sesuai kesepakatan akan dilakukan berapa kali putaran. Setelah selesai guru bisa menghitung total scor yang didapat dari masing-masing kelompok. Kelompok yang mendapat scor terbanyak tentu menjadi pemenangnya.

Sambung Kata Variasi Bahasa

Sambung kata variasi bahasa khusus dimainkan untuk mata pelajaran bahasa seperti bahasa Inggris, bahasa Arab, bahasa Mandarin, atau bahasa yang lainnya. Siswa diminta menghafalkan sebanyak mungkin kosa kata dalam bahasa tertentu dan artinya dalam bahasa Indonesia. Setelah hafalan relatif cukup banyak permainan bisa dilakukan. Sambung kata variasi bahasa bisa dimainkan secara tertulis maupun secara lisan. Yang terpenting, setiap mengucapkan atau menuliskan sebuah kata dalam bahasa asing, siswa harus menyebutkan pula artinya dalam bahasa Indonesia. Sambung kata variasi bahasa juga bisa dikombinasikan dengan sambung kata variasi kelompok.

Kondisi Khusus

Dalam permainan ini, beberapa kali saya mendapati semua siswa kehabisan kata-kata dengan huruf tertentu. Padahal di huruf lain mereka masih memiliki banyak kosa kata. Saya sering menyebut kondisi ini deadlock. Jika terjadi deadlock guru bisa menuliskan kata lain dengan akhiran huruf yang berbeda sehingga siswa mampu melanjutkan permainan.

Kiat Sukses Memainkan Sambung Kata

Agar permainan ini lebih memiliki nilai pemelajaran, guru harus menugaskan siswa untuk membuat daftar kosakata sebanyak mungkin dan memahami kosakata itu. Berikan penjelasan bahwa kosakata tersebut akan digunakan untuk sebuah permainan yang menyenangkan agar siswa semangat mempelajarinya.

Saat permainan dilaksanakan berikan batas waktu secukupnya kepada siswa yang mendapat giliran melanjutkan kata. Hal ini bertujuan untuk menjaga tempo permainan tetap menegangkan. Jika siswa tidak diberi batasan waktu untuk melanjutkan kata, ia akan berpikir terlalu lama dan membuat siswa lain akan bosan menunggu.

Berikan hadiah kepada pemenang permainan agar siswa lebih semangat.

Manfaat Main Sambung Kata

Memainkan sambung kata membantu siswa memperkaya kosakatanya, yang pada akhirnya akan membantunya meningkatkan kemampuan menyampaikan gagasan-gagasannya. Jika dimainkan secara berkelompok, permainan ini akan meningkatkan kemampuan bekerja sama dan saling menghargai. Siswa juga berlatih berpikir secara cepat dan tepat (memunculkan kosakata dalam benaknya secara cepat). Selain itu, memainkan sambung kata juga dapat mengusir kejenuhan siswa dengan materi pelajaran yang begitu banyaknya. Kelebihan permainan ini, tidak diperlukan banyak peralatan sehingga bisa dilakukan dengan mudah. Persiapannya juga sangat sederhana. Yang penting siswa paham aturannya dan mengerti apa yang harus dilakukan untuk memenangkan permainan ini. Selamat mencoba.

-------------------------------------

Permainan Terkait:

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas dan Materi Kalimat Tanggapan dan Saran; Materi Bahasa Indonesia Kelas 5; Kurikulum Merdeka

Sumber gambar: Kompasiana.com "Semoga dengan belajar tanggapan dan saran, kamu menjadi lebih bijaksana dalam bermain media sosial seperti tik-tok, quora, facebook, instagram, x, dan lain-lain. Mengenal Kalimat Tanggapan Pernahkah kamu berkomentar di media sosial? Berkomentar di media sosial merupakan bentuk tanggapan. Pelajaran kita kali ini bertujuan agar kalian semakin bijaksana dalam bermain media sosial, tidak asal komentar, menghargai pendapat orang lain, dan terhindar dari berita bohong alias hoax. Ok, langsung saja! Kalimat tanggapan bisa diartikan sebagai reaksi yang kita berikan terhadap suatu peristiwa atau suatu hal dalam bentuk kalimat. Kamu bisa memberikan tanggapan berupa dukungan, persetujuan, bahkan penolakan. Kamu juga bisa mengungkapkan perasaanmu sebagai bentuk tanggapan. Perhatikan Hal-hal Ini Untuk memberikan tanggapan ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan. Kesantunan . Ketika memberikan tanggapan, pastikan bahasa yang kamu gunakan santun...

Memahami Makna Imbuhan Ter- Dalam Bacaan; Materi Bahasa Indonesia Kelas 5 Kurikulum Merdeka

Manfaat kita belajar mengenai imbuhan ter- adalah agar kita semakin baik dalam berkomunikasi. Komunikasi dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Semua manusia tak bisa hidup tanpa berkomunikasi karena manusia adalah makhluk sosial. Tujuan Belajar Tujuan kita belajar kali ini adalah untuk mengetahui apa saja makna atau fungsi dari imbuhan ter- dalam sebuah kalimat. Selain itu, tujuan kita belajar kali ini adalah agar kita mampu menggunakan imbuhan ter- dengan benar. Manfaat kita belajar mengenai imbuhan ter- adalah a gar kita semakin baik dalam berkomunikasi. Komunikasi dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Semua manusia tak bisa hidup tanpa berkomunikasi karena manusia adalah makhluk sosial. Semakin baik kamu berkomunikasi semakin terlihat bahwa kamu orang yang berwawasan luas. Maka dari itu, pelajari materi kali ini dengan sungguh-sungguh, ya! Mengenal Imbuhan Imbuhan merupakan bunyi tambahan yang disisipkan pada sebuah kata, baik pada awal, tengah, akhir, atau awal d...

Soal Ulangan Harian Bahasa Indonesia Kelas 5 BAB 4 Materi Imbuhan, Kalimat Tanggapan, Pantun, dan Pidato

Setiap hari adalah kesempatan baru untuk belajar dan berkembang. Yap! Betul sekali. Kita harus memanfaatkan waktu sebaik mungkin untuk belajar dan berkembang agar hidup kita lebih bermakna.  Kali ini, gurumulang membuatkan Soal Ulangan Harian Bahasa Indonesia BAB 4 Materi Imbuhan, Kalimat Tanggapan, Pantun, dan Pidato. Silakan klik tautan berikut untuk mengerjakan soal: 👉 [ KERJAKAN SOAL ] Kamu bisa langsung tahu skor yang kamu dapatkan, lho! Nanti tulis di kolom komentar, ya, skor yang kamu dapatkan. Kamu juga bisa langsung kerjakan soalnya di sini 👇  Memuat… Latihan soal lainnya: Latihan Soal Penilaian Akhir Tahun (PAT) Mapel Bahasa Jawa Kelas 4 Latihan Soal Penilaian Akhir Tahun (PAT) Mapel Bahasa Arab Kelas 4 Latihan Soal Penilaian Akhir Tahun (PAT) SKI Kelas 4 Latihan Soal Penilaian Akhir Tahun (PAT) Mapel Bahasa Inggris Kelas 4

13 Rekomendasi Film Inspiratif Untuk Anak-Anak; Cocok Untuk Mengisi Liburan Sekolah

"Film ini bercerita tentang seorang alien rindu kampung halaman yang mendaratkan pesawat ruang angkasanya di dekat Hutan Afrika yang penuh warna. Teman-teman hewan barunya perlu membawanya kembali ke kapalnya dan mengajarinya tentang persahabatan dan kesenangan sebelum ayahnya yang Penakluk Luar Angkasa dapat mengambil alih planet bumi ini." -- Jungle Beat: The Movie -- 13 Film Inspiratif Dalam dan Luar Negeri           Untuk mengisi kegiatan selama pesantren kilat di madrasah, aku ditugasi mengunduh film yang cocok untuk anak-anak MI. Kelas 1 dan 2 direncanakan menonton pada hari Senin, sedangkan kelas 3 hingga 6 pada hari Selasa. Aku dapat tugas mencari film untuk kelas 3 hingga 6. Agak susah mencari film untuk kelas 3 hingga 6 karena kriteria yang diberikan kepala sekolah adalah harus inspiratif.           Masalahnya, anak-anak sekarang mudah sekali bosan. Mereka terbiasa menikmati video-video pendek yang sangat menarik de...

Teks Deskripsi - Materi Bahasa Indonesia Kelas 7 - Fase D

TEKS DESKRIPSI Dalam kehidupan sehari-hari, kita akan sangat sering menemukan teks deskripsi. Misalnya, saat kita berbelanja secara online, kita sering menemukan teks deskripsi dalam sebuah produk. Penjual perlu mendeskripsikan produknya dengan jelas agar pembeli dapat memilih barang yang mereka butuhkan dengan tepat. Pada kesempatan kali ini, kita akan mempelajari tentang teks deskripsi. Bacalah materi berikut ini dengan saksama! Tanyakan kepada gurumu jika ada bagian yang sulit kamu pahami! Mengapa Kamu Perlu Mempelajari Teks Deskripsi? Adalah sebuah kekonyolan jika kamu mempelajari sesuatu tanpa tahu manfaatnya apa. Tapi, kekonyolan ini pun terkadang masih lebih baik dari pada tidak mempelajari apapun dalam hidupmu. Kalau kamu tahu apa manfaat mempelajari sesuatu, kamu bisa memutuskan akan mempelajarinya dengan tekun atau tidak sama sekali. Maka dari itu, mari kita bahas terlebih dahulu apa saja manfaat mempelajari teks deskripsi. Beberapa manfaat yang bisa kamu peroleh dengan...

Eksplorasi Geologi dan Studi Batuan: Siswa Kelas Riset MTs N 2 Banjarnegara Kunjungi Kawasan BRIN Karangsambung

Dengan terselenggaranya kegiatan ini, MTsN 2 Banjarnegara kembali membuktikan komitmennya dalam membangun generasi muda yang tidak hanya cerdas secara akademik, tetapi juga tangguh, kritis, dan berorientasi pada masa depan berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi. Eksplorasi Geologi dan Studi Batuan: Siswa Kelas Riset MTs N 2 Banjarnegara Kunjungi  Kawasan BRIN Karangsambung  Karangsambung, 12 Juni 2025 — Dalam rangka memperluas wawasan ilmiah dan menumbuhkan semangat riset sejak dini, siswa-siswi kelas Riset MTs Negeri 2 Banjarnegara melaksanakan kegiatan observasi lapangan di kawasan Geodiversitas BRIN Karangsambung, Kebumen. Kegiatan bertajuk "Eksplorasi Geologi dan Studi Batuan di Kawasan Karangsambung" ini merupakan bagian dari program unggulan madrasah dalam mendukung pembelajaran berbasis riset dan pengalaman langsung. Kegiatan ini diikuti oleh siswa kelas riset dari jenjang kelas 7 dan 8 dengan didampingi oleh dua guru pembimbing riset IPA, yaitu Ibu Ismi dan Ib...

Materi PPT Garis dan Sudut Matematika Kelas 4

  Assalamualaikum, bapak/ibu guru semuanya.  Kali ini guru mulang.com akan membagikan materi presentasi garis dan sudut dalam bentuk PPT.  Garis dan sudut merupakan salah satu materi yang menjadi dasar untuk mempelajari materi-materi geometri yang lain. Garis adalah rangkaian titik-titik yang saling terhubung. Sedangkan sudut adalah wilayah yang terbentuk dari dua buah garis lurus yang saling berpotongan.  Siswa yang mengetahui konsep garis dan sudut akan sangat terbantu dalam materi bangun datar maupun bangun ruang yang mulai diajarkan pada kelas 4 SD.  Untuk itu bapak/ibu, tentu kita tak mau anak-anak didik kita sampai gagal paham apa yang dimaksud garis dan apa yang dimaksud sudut. Nah, kali ini kami bagikan materi garis dan sudut dalam bentuk ppt interaktif.  Dalam materi yang kami bagikan kali ini, ada soal-soal interaktif di dalamnya yang bisa dikerjakan bersama-sama ketika mempelajari garis dan sudut.  Baiklah, tak perlu berlama-lama lagi, berik...

Memanfaatkan Buku "Seandainya Saya Wartawan Tempo" Sebagai Bahan Refleksi Seorang Guru

"Kalau dipikir-pikir, ada persamaan antara wartawan dengan guru. Sama-sama mendidik. Wartawan mendidik masyarakat melalui tulisan-tulisannya. Sementara guru mendidik siswa melalui pembelajarannya." Buat apa seorang guru membaca buku “Seandainya Saya Wartawan Tempo”? Guru tak bertugas menulis berita. Jadi, buat apa? Saya lupa kapan membeli buku tipis ini. Saya menemukannya setelah sekian lama berada di tumpukan buku-buku yang tak terbaca dan tak terurus. Saya mengumpulkan semua buku yang ada kaitannya dengan bahasa Indonesia. Hasilnya banyak didominasi buku-buku kuliah. Ada kamus bahasa Indonesia yang sudah robek, esai-esai bahasa, dan buku ini. Di antara buku-buku yang saya kumpulkan, saya memilih membaca buku ini. Mungkin karena buku ini lebih tipis dari buku-buku lain. Isinya hanya 96 halaman. Buku ini sebenarnya dicetak sebagai bahan pendidikan bagi para wartawan yang bekerja di majalah Tempo, terutama dalam menulis dan menyusun berita bentuk feature . Demi manfaat yang le...

Naskah Pidato Bahasa Indonesia Tema "Sekolah Ramah Anak, Aman, dan Menyenangkan" Berdurasi 6 - 7 Menit

Kamu sedang mencari teks pidato bertema sekolah ramah anak ? Berikut ini saya bagikan contoh naskah pidato bertema sekolah ramah anak yang cocok untuk mengikuti lomba pidato. Durasi pidato ini sekitar 6 hingga 7 menit. Semoga bermanfaat. ------------------------------------ Assalamualaikum Warohmatullohi Wabarokatuh Yang terhormat, Dewan Juri lomba pidato Porseni Kecamatan Madukara; Yang terhormat, Bapak/Ibu Guru pendamping lomba; Yang terhormat, para tamu undangan; Serta teman-teman yang saya sayangi dan saya banggakan. M arilah kita haturkan puji syukur ke hadirat Allah S WT atas limpahan rahmat dan karunianya sehingga kita dapat berkumpul di ruangan ini dalam keadaan sehat tanpa halangan suatu apapun. Solawat serta salam selalu tercurah kepada Baginda Nabi Muhammad SAW dan keluarganya . Semoga kita digolongkan sebagai umatnya yang kelak mendapatkan syafaat beliau di hari kiamat. Aamiin. Hadirin yang saya hormati, Pada kesempatan kali ini, izinkan saya menyampaik...

Karya Fotografi Kelas 5 MI GUPPI Rakitan

Melihat foto ini jiwa bolangku terusik. Bisa menyaksikan pemandangan seperti dalam foto ini secara langsung pasti sangat mendamaikan pikiran. Kapan, ya? Karya Fotografi Kelas 5           Ada satu mapel baru buat kelas 5 tahun ini, yaitu informatika. Materinya berkaitan dengan algoritma, software komputer, penalaran, editing foto dan video, dan lain sebagainya. Aku menyambut baik adanya mata pelajaran baru ini. Dari materi-materi itu aku pilih yang barangkali lebih dekat dengan dunia siswa, yaitu editing foto dan video. Aku memberikan tugas pertama buat mereka untuk mengambil foto apa saja yang menurut mereka indah dan pantas dibagikan. Beberapa siswa berinisiatif mengedit foto yang mereka ambil. Itu bagus dan memang itu tujuan awalku memberi tugas ini. Ini adalah hasil tugas mereka: Bunga putih dengan latar belakang tanaman lain. Komposisinya lumayan bagus. Namun, jika yang ingin ditampilkan atau ditonjolkan adalah bagian bunganya, alangkah baiknya j...