Memperkaya Kosakata Siswa dengan Permainan Sambung Kata

Kemampuan berpikir erat kaitannya dengan kemampuan berbahasa. Semakin pandai berbahasa semakin baik pula kemampuan berpikir. Agar kemampuan berbahasa meningkat, salah satu caranya dengan memperbanyak kosakata yang kita ketahui. Semakin banyak semakin baik.

Permainan sambung kata bertujuan memperkaya kosakata siswa terkait tema-tema tertentu yang diinginkan. Saya akan menjelaskan aturan dasar bermain sambung kata terlebih dahulu. Dari aturan dasar, kita bisa kembangkan menjadi berbagai variasi. Baiklah, langsung saja. Beginilah aturan dasar dari permainan sambung kata:

1.    Peserta pertama menulis sebuah kata di papan tulis. Misalnya “TAHU”.

2.   Peserta kedua menulis kata yang huruf awalnya U misalnya “UANG”. Huruf awal U diambil dari huruf terakhir kata “TAHU” yang ditulis oleh peserta pertama.

3.   Peserta ketiga menulis kata yang berawalan huruf G misalnya “GUNUNG”. Huruf G diambil dari huruf terakhir kata “UANG” yang ditulis oleh peserta kedua.

4.   Proses ini dilanjutkan sampai anak-anak kehabisan kosa kata dalam ingatannya atau sampai batas waktu yang ditentukan.

Jika divisualkan, maka hasil permainannya akan tampak seperti ini:

Begitulah aturan dasarnya. Kita bisa kembangkan lebih lanjut dengan berbagai variasi.

Sambung Kata Variasi Tema

Sambung kata bisa divariasikan dengan tema tertentu. Guru menentukan kata yang boleh digunakan oleh siswa dengan tema tertentu.

Tema ini bisa kita ambil dari materi pelajaran yang pernah kita ajarkan. Misalnya, di mata pelajaran IPA kelas 5 semester 2 ada materi mengenai siklus air. Kita bisa gunakan tema siklus air. Maka siswa hanya boleh menggunakan kata yang berhubungan dengan tema siklus air. Misalnya, air, tanah, laut, evaporasi, kondensasi, hujan, presipitasi, infiltrasi, danau, cuaca, awan, mengalir, menguap, hulu, hilir, dan lain-lain.

Agar lebih bermuatan pembelajaran, guru bisa membuat aturan tambahan. Saya biasa memakai aturan tambahan dengan meminta siswa mengungkapkan definisi dari kata yang telah diucapkannya. Misalnya, pada tema siklus air, jika kata sebelumnya adalah CUACA, siswa yang mendapat giliran bisa memakai kata AIR dengan menyebutkan pula definisi tentang air.

Pemakaian definisi memberikan jeda waktu untuk peserta berikutnya memikirkan kata yang tepat. Permainan akan sedikit lebih lambat, namun siswa diajak untuk berpikir mengenai definisi dari sebuah kata. Mereka berlatih untuk mendefinisikan kata tertentu.

Definisi yang digunakan siswa tidak harus sempurna. Cukup dengan batas pemahaman yang siswa punya. Misalnya, untuk kelas 5 kata AIR boleh didefinisikan dengan “benda cair yang digunakan hewan dan manusia untuk minum” atau “benda yang jatuh dari langit ketika hujan”. Tidak masalah jika definisi yang diberikan siswa tidak sempurna. Yang penting mereka belajar mendefinisikan sebuah kata.

Agar lebih efektif, guru bisa memberikan kesempatan kepada siswa untuk membuat daftar kata yang akan mereka gunakan lengkap dengan definisi yang mereka buat. Berikan tugas kepada siswa untuk mendata kata dengan tema tertentu beserta definisinya. Katakan bahwa daftar kata tersebut akan digunakan untuk permainan yang menyenangkan. Jelaskan aturan mainnya sampai siswa benar-benar paham bahwa yang memiliki kosa kata paling banyak tentu besar kemungkinan akan menang. Dengan begitu, siswa akan bersemangat mencari sebanyak mungkin kosa kata yang nantinya akan mereka gunakan. Sarankan kepada siswa untuk sebisa mungkin memiliki kata yang berawalan dari huruf A hingga Z. Guru juga harus membimbing siswa yang mengalami kesulitan saat mendefinisikan kata.

Permainan sambung kata variasi tema bisa dimainkan secara individu bisa pula dengan berkelompok. Jika dimainkan berkelompok, siswa bisa berdiskusi untuk merumuskan definisi dari kata yang akan mereka gunakan.

Sambung Kata Variasi Lisan

Sambung kata variasi lisan dilakukan tanpa menuliskan kata di papan tulis. Siswa langsung mengucapkan kata yang dipikirkannya. Variasi ini sedikit lebih sulit dan dapat dimainkan dengan tempo cepat. Siswa harus benar-benar konsentrasi agar pada gilirannya mampu menyebutkan kata sesuai huruf terakhir dari kata sebelumnya. Agar semakin seru, guru bisa membatasi waktu dalam menyebutkan kata. Siswa yang gagal menyebutkan kata berarti gugur. Ini dilanjutkan terus hingga hanya tersisa seorang saja. Maka dialah pemenangnya.

Sambung Kata Variasi Kelompok

Sambung kata variasi berkelompok dimainkan secara berkelompok. Siswa dikelompokkan menjadi empat hingga lima kelompok. Tugaskan mereka untuk berdiskusi mencari kosakata sesuai tema tertentu yang dikehendaki. Setelah persiapan dianggap cukup, sambung kata dapat dimainkan. Saya biasa menggunakan bentuk lingkaran besar dengan posisi siswa dipisah perkelompok. Agar lebih jelas berikut ini ilustrasi jika siswa dikelompokkan menjadi empat kelompok dengan masing-masing empat orang anggota



Masing-masing kotak ditempati anggota kelompok sesuai yang telah ditentukan. Guru menunjuk salah satu peserta  dan mengucapkan kata pertama. Peserta yang ditunjuk itu melanjutkan kata seperti biasa. Jika tidak bisa melanjutkan, maka dia harus duduk. Begitu juga dengan peserta di sebelahnya. Permainan dilanjutkan hingga satu putaran penuh. Setelah satu putaran penuh guru mencatat scor yang didapat. Satu poin untuk siswa yang masih berdiri (bisa menyebutkan kata dengan benar) dan nol untuk siswa yang duduk (tidak bisa menyebutkan kata atau salah). Proses ini dilanjutkan lagi hingga batas waktu yang telah ditetapkan atau sesuai kesepakatan akan dilakukan berapa kali putaran. Setelah selesai guru bisa menghitung total scor yang didapat dari masing-masing kelompok. Kelompok yang mendapat scor terbanyak tentu menjadi pemenangnya.

Sambung Kata Variasi Bahasa

Sambung kata variasi bahasa khusus dimainkan untuk mata pelajaran bahasa seperti bahasa Inggris, bahasa Arab, bahasa Mandarin, atau bahasa yang lainnya. Siswa diminta menghafalkan sebanyak mungkin kosa kata dalam bahasa tertentu dan artinya dalam bahasa Indonesia. Setelah hafalan relatif cukup banyak permainan bisa dilakukan. Sambung kata variasi bahasa bisa dimainkan secara tertulis maupun secara lisan. Yang terpenting, setiap mengucapkan atau menuliskan sebuah kata dalam bahasa asing, siswa harus menyebutkan pula artinya dalam bahasa Indonesia. Sambung kata variasi bahasa juga bisa dikombinasikan dengan sambung kata variasi kelompok.

Kondisi Khusus

Dalam permainan ini, beberapa kali saya mendapati semua siswa kehabisan kata-kata dengan huruf tertentu. Padahal di huruf lain mereka masih memiliki banyak kosa kata. Saya sering menyebut kondisi ini deadlock. Jika terjadi deadlock guru bisa menuliskan kata lain dengan akhiran huruf yang berbeda sehingga siswa mampu melanjutkan permainan.

Kiat Sukses Memainkan Sambung Kata

Agar permainan ini lebih memiliki nilai pemelajaran, guru harus menugaskan siswa untuk membuat daftar kosakata sebanyak mungkin dan memahami kosakata itu. Berikan penjelasan bahwa kosakata tersebut akan digunakan untuk sebuah permainan yang menyenangkan agar siswa semangat mempelajarinya.

Saat permainan dilaksanakan berikan batas waktu secukupnya kepada siswa yang mendapat giliran melanjutkan kata. Hal ini bertujuan untuk menjaga tempo permainan tetap menegangkan. Jika siswa tidak diberi batasan waktu untuk melanjutkan kata, ia akan berpikir terlalu lama dan membuat siswa lain akan bosan menunggu.

Berikan hadiah kepada pemenang permainan agar siswa lebih semangat.

Manfaat Main Sambung Kata

Memainkan sambung kata membantu siswa memperkaya kosakatanya, yang pada akhirnya akan membantunya meningkatkan kemampuan menyampaikan gagasan-gagasannya. Jika dimainkan secara berkelompok, permainan ini akan meningkatkan kemampuan bekerja sama dan saling menghargai. Siswa juga berlatih berpikir secara cepat dan tepat (memunculkan kosakata dalam benaknya secara cepat). Selain itu, memainkan sambung kata juga dapat mengusir kejenuhan siswa dengan materi pelajaran yang begitu banyaknya. Kelebihan permainan ini, tidak diperlukan banyak peralatan sehingga bisa dilakukan dengan mudah. Persiapannya juga sangat sederhana. Yang penting siswa paham aturannya dan mengerti apa yang harus dilakukan untuk memenangkan permainan ini. Selamat mencoba.

 








Komentar

Postingan Populer