Langsung ke konten utama

Upaya Menjadi Madrasah Global: Kisah Inspiratif English Bootcamp MTsN 2 Banjarnegara

“Jangan setengah-setengah dalam mempelajari sesuatu, apalagi bahasa Inggris. Bahasa ini bisa menjadi bekal penting untuk menjelajahi dunia. Saya ingin suatu saat nanti kalian bisa benar-benar keliling dunia karena bahasa Inggris.” -Wangid Sunandar-

Upaya Menjadi Madrasah Global: Kisah Inspiratif English Bootcamp MTsN 2 Banjarnegara

Di sebuah madrasah negeri di Banjarnegara, puluhan siswa duduk melingkar, mendengarkan dengan mata berbinar. Mereka menyimak cerita dari seseorang yang baru mereka kenal—Katim, mahasiswa asal Gambia yang sedang menempuh pendidikan di Indonesia. Dengan logat khas dan semangat menyala, Katim bercerita tentang negaranya, perjuangan menuntut ilmu, dan bagaimana bahasa Inggris membawanya sampai sejauh ini.

Sungguh bukan hari yang biasa di MTs Negeri 2 Banjarnegara. Selama dua hari, pada 25–26 Juni 2025, madrasah ini berubah menjadi arena perjumpaan lintas budaya. Melalui kegiatan bertajuk English Bootcamp dengan tema "English: Your Passport to the World", para siswa tak hanya belajar kosakata dan tata bahasa, tetapi juga mengalami langsung bagaimana bahasa Inggris menjadi jembatan untuk memahami dunia.

Kegiatan ini tidak sekadar pelatihan. Lebih dari itu, ini adalah pengalaman yang membekas. Enam mahasiswa asing dari lima negara hadir dan berbaur bersama siswa-siswi madrasah. Mereka adalah Mirzo dari Tajikistan, Mariam dari Ghana, Tasnim dari Sudan, Mamut dan Katim dari Gambia, serta Azzedine dari Maroko. Mereka membawa cerita, senyum, logat, dan semangat yang membuktikan bahwa dunia tidaklah sejauh yang dibayangkan.

Dari pagi hingga sore, para siswa mengikuti berbagai sesi yang menyenangkan. Ada ice breaking dengan permainan interaktif, pengenalan budaya global, pelatihan keterampilan berbicara, hingga menyanyi dan menonton film berbahasa Inggris. Semua dirancang dengan pendekatan menyenangkan, agar siswa tidak merasa sedang "belajar" dalam arti kaku, melainkan mengalami bahasa itu sendiri dalam konteks nyata.

Tifani, siswi kelas 9A, menjadi salah satu bintang dalam acara tersebut. Dengan percaya diri, ia membawakan cerita rakyat Crying Stone atau Legenda Batu Menangis dalam sesi Storytelling Competition. Gestur tubuhnya kuat, intonasinya terlatih, dan pengucapannya jernih. “Awalnya saya gugup, tapi saat mulai bercerita, saya ingat latihan dan dukungan teman-teman,” ujarnya. Penampilannya membawanya menjadi peserta dengan nilai tertinggi.

Namun bukan hanya Tifani yang merasa mendapatkan pengalaman berharga. Puluhan peserta lainnya pun membawa pulang cerita masing-masing. Ada yang baru pertama kali berbicara dengan orang asing, ada yang mulai percaya diri mengucapkan kalimat-kalimat sederhana dalam bahasa Inggris, bahkan ada yang termotivasi untuk suatu hari bisa kuliah di luar negeri.

Katim, mahasiswa asal Gambia yang menjadi salah satu narasumber, mengatakan bahwa ia sangat senang bisa terlibat dalam kegiatan ini. “Siswa-siswa di sini luar biasa, penuh semangat dan hormat. Saya merasa dihargai dan terinspirasi oleh semangat mereka,” tuturnya.

Hal serupa juga disampaikan oleh Mariam dari Ghana yang mengaku terkesan dengan kedisiplinan dan keramahan siswa-siswi MTsN 2 Banjarnegara. Ia berharap pengalaman ini bisa membuka wawasan mereka dan mendorong kepercayaan diri mereka untuk terus belajar.

Di balik kemeriahan dan keceriaan kegiatan, ada pesan yang sangat mendalam yang disampaikan oleh Wangid Sunandar, Wakil Kepala Madrasah bidang Kurikulum. Dalam sambutannya saat penutupan, ia berkata, “Jangan setengah-setengah dalam mempelajari sesuatu, apalagi bahasa Inggris. Bahasa ini bisa menjadi bekal penting untuk menjelajahi dunia. Saya ingin suatu saat nanti kalian bisa benar-benar keliling dunia karena bahasa Inggris.”

Pesan ini terasa bukan sekadar motivasi, tetapi panggilan yang menggugah. Bahwa di madrasah yang mungkin jauh dari pusat kota dan hiruk-pikuk globalisasi, semangat untuk menjadi bagian dari dunia tetap menyala. Bahasa Inggris bukan lagi sekadar pelajaran wajib, tapi kini dilihat sebagai pintu kesempatan dan jendela masa depan.

Program English Bootcamp ini membuktikan bahwa pendidikan bisa menjadi lebih dari sekadar kegiatan belajar-mengajar. Ia bisa menjadi peristiwa transformatif, yang mengubah cara pandang siswa tentang dunia dan tentang diri mereka sendiri. Melalui interaksi langsung dengan narasumber dari berbagai negara, siswa belajar tentang keberagaman, toleransi, dan pentingnya komunikasi lintas budaya.

Di akhir acara, para peserta mendapatkan sertifikat, namun yang lebih penting dari itu adalah semangat dan kepercayaan diri yang tumbuh. Bagi sebagian siswa, mungkin ini adalah kali pertama mereka merasa bahwa mereka bisa—bisa berbicara dalam bahasa asing, bisa memahami orang dari negara lain, dan bisa bermimpi besar.

Kegiatan ini akan berakhir, tetapi kisah-kisah yang tumbuh darinya akan tetap hidup. Di ruang kelas yang kembali sunyi, di lorong madrasah yang biasa saja, ada semangat baru yang kini mengalir: semangat menjadi bagian dari dunia yang lebih luas, tanpa harus meninggalkan jati diri sebagai pelajar madrasah.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas dan Materi Kalimat Tanggapan dan Saran; Materi Bahasa Indonesia Kelas 5; Kurikulum Merdeka

Sumber gambar: Kompasiana.com "Semoga dengan belajar tanggapan dan saran, kamu menjadi lebih bijaksana dalam bermain media sosial seperti tik-tok, quora, facebook, instagram, x, dan lain-lain. Mengenal Kalimat Tanggapan Pernahkah kamu berkomentar di media sosial? Berkomentar di media sosial merupakan bentuk tanggapan. Pelajaran kita kali ini bertujuan agar kalian semakin bijaksana dalam bermain media sosial, tidak asal komentar, menghargai pendapat orang lain, dan terhindar dari berita bohong alias hoax. Ok, langsung saja! Kalimat tanggapan bisa diartikan sebagai reaksi yang kita berikan terhadap suatu peristiwa atau suatu hal dalam bentuk kalimat. Kamu bisa memberikan tanggapan berupa dukungan, persetujuan, bahkan penolakan. Kamu juga bisa mengungkapkan perasaanmu sebagai bentuk tanggapan. Perhatikan Hal-hal Ini Untuk memberikan tanggapan ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan. Kesantunan . Ketika memberikan tanggapan, pastikan bahasa yang kamu gunakan santun...

Memahami Makna Imbuhan Ter- Dalam Bacaan; Materi Bahasa Indonesia Kelas 5 Kurikulum Merdeka

Manfaat kita belajar mengenai imbuhan ter- adalah agar kita semakin baik dalam berkomunikasi. Komunikasi dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Semua manusia tak bisa hidup tanpa berkomunikasi karena manusia adalah makhluk sosial. Tujuan Belajar Tujuan kita belajar kali ini adalah untuk mengetahui apa saja makna atau fungsi dari imbuhan ter- dalam sebuah kalimat. Selain itu, tujuan kita belajar kali ini adalah agar kita mampu menggunakan imbuhan ter- dengan benar. Manfaat kita belajar mengenai imbuhan ter- adalah a gar kita semakin baik dalam berkomunikasi. Komunikasi dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Semua manusia tak bisa hidup tanpa berkomunikasi karena manusia adalah makhluk sosial. Semakin baik kamu berkomunikasi semakin terlihat bahwa kamu orang yang berwawasan luas. Maka dari itu, pelajari materi kali ini dengan sungguh-sungguh, ya! Mengenal Imbuhan Imbuhan merupakan bunyi tambahan yang disisipkan pada sebuah kata, baik pada awal, tengah, akhir, atau awal d...

Soal Ulangan Harian Bahasa Indonesia Kelas 5 BAB 4 Materi Imbuhan, Kalimat Tanggapan, Pantun, dan Pidato

Setiap hari adalah kesempatan baru untuk belajar dan berkembang. Yap! Betul sekali. Kita harus memanfaatkan waktu sebaik mungkin untuk belajar dan berkembang agar hidup kita lebih bermakna.  Kali ini, gurumulang membuatkan Soal Ulangan Harian Bahasa Indonesia BAB 4 Materi Imbuhan, Kalimat Tanggapan, Pantun, dan Pidato. Silakan klik tautan berikut untuk mengerjakan soal: 👉 [ KERJAKAN SOAL ] Kamu bisa langsung tahu skor yang kamu dapatkan, lho! Nanti tulis di kolom komentar, ya, skor yang kamu dapatkan. Kamu juga bisa langsung kerjakan soalnya di sini 👇  Memuat… Latihan soal lainnya: Latihan Soal Penilaian Akhir Tahun (PAT) Mapel Bahasa Jawa Kelas 4 Latihan Soal Penilaian Akhir Tahun (PAT) Mapel Bahasa Arab Kelas 4 Latihan Soal Penilaian Akhir Tahun (PAT) SKI Kelas 4 Latihan Soal Penilaian Akhir Tahun (PAT) Mapel Bahasa Inggris Kelas 4

13 Rekomendasi Film Inspiratif Untuk Anak-Anak; Cocok Untuk Mengisi Liburan Sekolah

"Film ini bercerita tentang seorang alien rindu kampung halaman yang mendaratkan pesawat ruang angkasanya di dekat Hutan Afrika yang penuh warna. Teman-teman hewan barunya perlu membawanya kembali ke kapalnya dan mengajarinya tentang persahabatan dan kesenangan sebelum ayahnya yang Penakluk Luar Angkasa dapat mengambil alih planet bumi ini." -- Jungle Beat: The Movie -- 13 Film Inspiratif Dalam dan Luar Negeri           Untuk mengisi kegiatan selama pesantren kilat di madrasah, aku ditugasi mengunduh film yang cocok untuk anak-anak MI. Kelas 1 dan 2 direncanakan menonton pada hari Senin, sedangkan kelas 3 hingga 6 pada hari Selasa. Aku dapat tugas mencari film untuk kelas 3 hingga 6. Agak susah mencari film untuk kelas 3 hingga 6 karena kriteria yang diberikan kepala sekolah adalah harus inspiratif.           Masalahnya, anak-anak sekarang mudah sekali bosan. Mereka terbiasa menikmati video-video pendek yang sangat menarik de...

Teks Deskripsi - Materi Bahasa Indonesia Kelas 7 - Fase D

TEKS DESKRIPSI Dalam kehidupan sehari-hari, kita akan sangat sering menemukan teks deskripsi. Misalnya, saat kita berbelanja secara online, kita sering menemukan teks deskripsi dalam sebuah produk. Penjual perlu mendeskripsikan produknya dengan jelas agar pembeli dapat memilih barang yang mereka butuhkan dengan tepat. Pada kesempatan kali ini, kita akan mempelajari tentang teks deskripsi. Bacalah materi berikut ini dengan saksama! Tanyakan kepada gurumu jika ada bagian yang sulit kamu pahami! Mengapa Kamu Perlu Mempelajari Teks Deskripsi? Adalah sebuah kekonyolan jika kamu mempelajari sesuatu tanpa tahu manfaatnya apa. Tapi, kekonyolan ini pun terkadang masih lebih baik dari pada tidak mempelajari apapun dalam hidupmu. Kalau kamu tahu apa manfaat mempelajari sesuatu, kamu bisa memutuskan akan mempelajarinya dengan tekun atau tidak sama sekali. Maka dari itu, mari kita bahas terlebih dahulu apa saja manfaat mempelajari teks deskripsi. Beberapa manfaat yang bisa kamu peroleh dengan...

Eksplorasi Geologi dan Studi Batuan: Siswa Kelas Riset MTs N 2 Banjarnegara Kunjungi Kawasan BRIN Karangsambung

Dengan terselenggaranya kegiatan ini, MTsN 2 Banjarnegara kembali membuktikan komitmennya dalam membangun generasi muda yang tidak hanya cerdas secara akademik, tetapi juga tangguh, kritis, dan berorientasi pada masa depan berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi. Eksplorasi Geologi dan Studi Batuan: Siswa Kelas Riset MTs N 2 Banjarnegara Kunjungi  Kawasan BRIN Karangsambung  Karangsambung, 12 Juni 2025 — Dalam rangka memperluas wawasan ilmiah dan menumbuhkan semangat riset sejak dini, siswa-siswi kelas Riset MTs Negeri 2 Banjarnegara melaksanakan kegiatan observasi lapangan di kawasan Geodiversitas BRIN Karangsambung, Kebumen. Kegiatan bertajuk "Eksplorasi Geologi dan Studi Batuan di Kawasan Karangsambung" ini merupakan bagian dari program unggulan madrasah dalam mendukung pembelajaran berbasis riset dan pengalaman langsung. Kegiatan ini diikuti oleh siswa kelas riset dari jenjang kelas 7 dan 8 dengan didampingi oleh dua guru pembimbing riset IPA, yaitu Ibu Ismi dan Ib...

Materi PPT Garis dan Sudut Matematika Kelas 4

  Assalamualaikum, bapak/ibu guru semuanya.  Kali ini guru mulang.com akan membagikan materi presentasi garis dan sudut dalam bentuk PPT.  Garis dan sudut merupakan salah satu materi yang menjadi dasar untuk mempelajari materi-materi geometri yang lain. Garis adalah rangkaian titik-titik yang saling terhubung. Sedangkan sudut adalah wilayah yang terbentuk dari dua buah garis lurus yang saling berpotongan.  Siswa yang mengetahui konsep garis dan sudut akan sangat terbantu dalam materi bangun datar maupun bangun ruang yang mulai diajarkan pada kelas 4 SD.  Untuk itu bapak/ibu, tentu kita tak mau anak-anak didik kita sampai gagal paham apa yang dimaksud garis dan apa yang dimaksud sudut. Nah, kali ini kami bagikan materi garis dan sudut dalam bentuk ppt interaktif.  Dalam materi yang kami bagikan kali ini, ada soal-soal interaktif di dalamnya yang bisa dikerjakan bersama-sama ketika mempelajari garis dan sudut.  Baiklah, tak perlu berlama-lama lagi, berik...

Memanfaatkan Buku "Seandainya Saya Wartawan Tempo" Sebagai Bahan Refleksi Seorang Guru

"Kalau dipikir-pikir, ada persamaan antara wartawan dengan guru. Sama-sama mendidik. Wartawan mendidik masyarakat melalui tulisan-tulisannya. Sementara guru mendidik siswa melalui pembelajarannya." Buat apa seorang guru membaca buku “Seandainya Saya Wartawan Tempo”? Guru tak bertugas menulis berita. Jadi, buat apa? Saya lupa kapan membeli buku tipis ini. Saya menemukannya setelah sekian lama berada di tumpukan buku-buku yang tak terbaca dan tak terurus. Saya mengumpulkan semua buku yang ada kaitannya dengan bahasa Indonesia. Hasilnya banyak didominasi buku-buku kuliah. Ada kamus bahasa Indonesia yang sudah robek, esai-esai bahasa, dan buku ini. Di antara buku-buku yang saya kumpulkan, saya memilih membaca buku ini. Mungkin karena buku ini lebih tipis dari buku-buku lain. Isinya hanya 96 halaman. Buku ini sebenarnya dicetak sebagai bahan pendidikan bagi para wartawan yang bekerja di majalah Tempo, terutama dalam menulis dan menyusun berita bentuk feature . Demi manfaat yang le...

Tutorial Membaca Nilai Rapor

"Nilai rapor tak lagi mencerminkan kemampuan peserta didik yang sebenarnya. Sudah bukan rahasia lagi bahwa nilai rapor adalah nilai yang sudah dikatrol" Kalau kamu malas belajar, bodoh, jarang berangkat sekolah, tak pernah mengerjakan tugas dari gurumu, sering bikin ulah di sekolah, dan mengerjakan ujian asal-asalan, siap-siaplah terkejut dengan nilai rapormu. Mungkin kamu mengira nilai rapormu jelek semua, bahkan mungkin kamu mengira tidak akan naik kelas. Eiitss.... Kamu akan terkejut. Itu semua tak akan terjadi. Percayalah! Rapor zaman dulu ada nilai merah. Nilai merah berarti kemampuan anak kurang memadai. Zaman dulu hal seperti ini wajar saja. Sekarang, saat aku jadi guru, rupanya tak ada lagi nilai merah. Semua siswa "harus" diberi nilai di atas KKM, meskipun nyatanya ada siswa yang benar-benar tak layak dapat nilai di atas KKM. Nilai rapor tak lagi mencerminkan kemampuan peserta didik yang sebenarnya. Sudah bukan rahasia lagi bahwa nilai rapor adalah nilai ya...

Selesai Mengisi DRH, Terima SK CPNS, Selanjutnya Ngapain?

Selesai Mengisi DRH, Terima SK CPNS, Selanjutnya Ngapain? Alhamdulillah! Pada percobaanku yang kedua mengikuti seleksi CPNS, aku dinyatakan lolos. Aku ucapkan selamat untuk diriku sendiri dan untuk teman-teman yang juga lolos pada selesksi CPNS 2024 ini. Selamat!!! Akhirnya kalian berhasil. Aku juga. Kita berhasil. Hore!!! Aku telah menyelesaikan pengisian DRH di akunku. Sama seperti kalian, aku juga sedang menunggu kabar gembira turunnya SK CPNS. Nah, sambil menunggu turunnya SK CPNS yang entah kapan itu dan yang sempat membuat kita khawatir berjamaah, aku meluangkan waktu untuk merangkum persiapan apa saja yang diperlukan untuk menjadi PNS sejati. Tapi, PNS sejati itu yang kayak apa? Tujuanku menulis artikel ini untuk membantu mempersiapkan diriku sendiri. Kalau tulisan ini bermanfaat buat kalian… lumayan buat tabungan pahalaku. Kalau tidak bermanfaat skip saja! Berikut ini aku rangkum dari berbagai sumber, apa saja yang perlu dipersiapkan setelah mengakhiri pengisian D...