Langsung ke konten utama

Menikmati Hasil Ketekunan Bapak Folklor Indonesia, James Danandjaja

"Para kaisar yang bijaksana dari Tiongkok Kuno mengumpulkan folklor untuk mengukur keberhasilan atau kegagalan kebijaksanaan dalam menjalankan pemerintahannya."

Ulasan Buku Folklor Indonesia Karya James Danandjaja

Dahulu, ketika aku masih anak-anak, orang dewasa di sekitarku selalu mengingatkanku agar sebersih mungkin saat menyapu lantai baik lantai rumah, halaman, maupun lantai kelas. Menurut mereka jika kurang bersih, kelak aku mendapat pasangan yang buruk rupa. Dulu aku meyakininya. Sekarang aku tahu ini hanyalah takhayul. Meski takhayul, ini menjadikanku orang yang suka bersih-bersih dan mencintai kerapian.

Takhayul yang hampir sama berasal dari Betawi: jika seorang jejaka atau perawan tidak menghabiskan butir-butir nasi di atas piringnya ketika makan, maka kelak mereka akan mendapat suami atau istri yang mukanya bopeng.

Dua takhayul yang sudah kuceritakan sama-sama berisi “ancaman”: mendapat pasangan buruk rupa. Namun, maksud petuahnya berbeda. Yang pertama bertujuan mendidik anak mencintai kebersihan sedangkan yang kedua bertujuan mendidik anak menghargai makanan.

Menurut James Danandjaja dalam bukunya Folklor Indonesia, orang Indonesia memang kerap menggunakan takhayul sebagai alat pendidikan. Petuah-petuah orang dewasa sering disampaikan dalam bentuk takhayul.

Dalam buku ini, James Danandjaja menjelaskan fungsi-fungsi takhayul: sebagai penebal emosi keagamaan atau kepercayaan, sistem proyeksi khayalan kolektif, penjelasan yang mudah dimengerti suatu folk tertentu atas gejala alam yang sukar dimengerti, alat pendidikan anak-anak dan remaja, dan sebagai penghibur orang yang mengalami musibah. Dalam setiap penjelasannya mengenai fungsi-fungsi takhayul, James tak lupa memberi contoh takhayul yang sering digunakan masyarakat. Beberapa masih hidup dan digunakan hingga saat ini.

Saat ini, aku tak lagi percaya takhayul. Aku bahkan kerap membantah orang-orang yang dengan gampangnya mempercayai dan menyebarkan takhayul kepada orang lain. Setelah membaca buku ini, aku mengerti bahwa beberapa takhayul merupakan kearifan lokal yang digunakan orang-orang dahulu untuk keperluan yang baik.

Takhayul dapat bertahan hingga kini dalam masyarakat modern karena berbagai faktor, seperti cara berpikir yang salah, kebetulan (koinsidensi), kegemaran umat manusia percaya kepada yang serba gaib, ketidakpastian akan tujuan yang sangat didambakan, ketakutan terhadap hal-hal yang dianggap tidak normal, moderenisasi takhayul, serta keyakinan bahwa kekuatan gaib dapat terus hidup berdampingan dengan ilmu pengetahuan dan agama.

Takhayul hanyalah salah satu dari bentuk folklor yang dibahas dalam buku ini. Buku ini membahas berbagai macam folklor yang dikumpulkan oleh James Danandjaja. Ia mengelompokkannya menjadi tiga kelompok besar folklor, yaitu: (1) folklor lisan, (2) folklor sebagian lisan, dan (3) folklor bukan lisan. Folklor lisan mencakup bahasa rakyat, ungkapan tradisional, pertanyaan tradisional, sajak dan puisi rakyat, prosa rakyat (mite, legenda, dan dongeng), dan nyanyian rakyat. Folklor sebagian lisan mencakup kepercayaan rakyat (termasuk takhayul) dan permainan rakyat. Folklor bukan lisan mencakup makanan.

Buku ini adalah hasil kerja keras James Danandjaja mengumpulkan folklor-folklor yang ada di berbagai daerah di Indonesia. Ia mengumpulkannya dengan konteks masyarakatnya, atau yang disebut dalam buku ini sebagai folk. James tak hanya mengumpulkan, ia membandingkan satu folklor dengan folklor lain yang sejenis serta membahasnya dengan menguraikan fungsinya dalam masyarakat. Contoh folklor yang sejenis adalah legenda Sangkuriang (Tangkuban Perahu), legenda Gunung Batok, dan legenda Roro Jonggrang. Ketiga legenda ini mirip satu sama lain dan digolongkan dalam satu motif yang sama: No. K231, yaitu folklor dengan motif “Ganjaran sebagai upah melaksanakan suatu tugas tertentu yang secara tipu muslihat tidak diberikan.”

James juga membahas mengapa satu folklor bisa mirip satu sama lain meskipun dari daerah yang berbeda. James menjelaskannya menggunakan teori-teori dari para ahli seperti teori psikoanalisa Sigmund Freud dan Carl Jung. Teori ini mengungkapkan bahwa persamaan mite, legenda, maupun dongeng di berbagai tempat bukan disebabkan difusi (penyebaran) melainkan disebabkan penemuan-penemuan yang berdiri sendiri sebagai hasil proyeksi kesadaran bersama yang terpendam (collective unconscious) pada setiap umat manusia yang diwarisinya secara biologis. Bertentangan dengan teori psikoanalisa adalah teori mitologi matahari. Menurut teori ini semua mite, legenda, dan dongeng bersal dari India yang menyebar ke seluruh dunia dengan berbagai penyesuaian yang berbeda-beda yang dipengaruhi folk masing-masing.

Manfaat Mempelajari Folklor

Mempelajari folklor dapat berguna bagi sebuah bangsa untuk memperkuat identitas bangsanya. Folklor mengungkapkan kepada kita secara sadar atau tidak sadar, bagaimana suatu masyarakat berpikir dan apa yang dianggap penting dan tidak penting oleh masyarakat pemilik folklor itu. Dengan kata lain folklor memiliki fungsi sebagai sistem proyeksi masyarakat.

Menurut William R. Bascom, folklor memiliki empat fungsi penting: (1) sistem proyeksi atau pencermin angan-angan kolektif, (2) sebagai legitimasi pranata-pranata dan lembaga-lembaga kebudayaan, (3) sebagai alat pendidikan anak, dan (4) sebagai pengawas atau pemaksa norma-norma dalam masyarakat agar selalu dipatuhi. Fungsi lainnya adalah sebagai alat ukur kebijakan penguasa seperti yang dilakukan para kaisar yang bijaksana dari Tiongkok Kuno. Mereka mengumpulkan folklor untuk mengukur keberhasilan atau kegagalan kebijaksanaan dalam menjalankan pemerintahannya.

Buku ini sarat dengan teori-teori mengenai folklor dari berbagai ahli. Namun, yang teramat penting dan menjadikan buku ini tidak membosankan adalah contoh-contoh folklor yang disajikan James di sekujur tubuh buku ini. Buku ini membuatku takjub dengan betapa melimpahnya sumber daya kebudayaan bangsa kita dalam bentuk folklor yang menyimpan petuah, pandangan hidup, dan sikap hidup bangsa kita. Membaca Folklor Indonesia adalah menikmati ketekunan Bapak Folklor Indonesia, James Danandjaja.

Informasi Buku:

Judul: Folklore Indonesia; Ilmu Gosip, Dongeng, dan Lain-lain. Penulis: James Danandjaja. Cetakan: Ke-IV. Tebal: xii, 239 hal.; 21 cm. Kategori: Teori, Metode, dsb. ISBN: 979-444-005-1. Penerbit: Pustaka Utama Grafiti. Kota: Jakarta.

-------------------------

Baca Ulasan Lain di Blog ini:

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas dan Materi Kalimat Tanggapan dan Saran; Materi Bahasa Indonesia Kelas 5; Kurikulum Merdeka

Sumber gambar: Kompasiana.com "Semoga dengan belajar tanggapan dan saran, kamu menjadi lebih bijaksana dalam bermain media sosial seperti tik-tok, quora, facebook, instagram, x, dan lain-lain. Mengenal Kalimat Tanggapan Pernahkah kamu berkomentar di media sosial? Berkomentar di media sosial merupakan bentuk tanggapan. Pelajaran kita kali ini bertujuan agar kalian semakin bijaksana dalam bermain media sosial, tidak asal komentar, menghargai pendapat orang lain, dan terhindar dari berita bohong alias hoax. Ok, langsung saja! Kalimat tanggapan bisa diartikan sebagai reaksi yang kita berikan terhadap suatu peristiwa atau suatu hal dalam bentuk kalimat. Kamu bisa memberikan tanggapan berupa dukungan, persetujuan, bahkan penolakan. Kamu juga bisa mengungkapkan perasaanmu sebagai bentuk tanggapan. Perhatikan Hal-hal Ini Untuk memberikan tanggapan ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan. Kesantunan . Ketika memberikan tanggapan, pastikan bahasa yang kamu gunakan santun...

Memahami Makna Imbuhan Ter- Dalam Bacaan; Materi Bahasa Indonesia Kelas 5 Kurikulum Merdeka

Manfaat kita belajar mengenai imbuhan ter- adalah agar kita semakin baik dalam berkomunikasi. Komunikasi dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Semua manusia tak bisa hidup tanpa berkomunikasi karena manusia adalah makhluk sosial. Tujuan Belajar Tujuan kita belajar kali ini adalah untuk mengetahui apa saja makna atau fungsi dari imbuhan ter- dalam sebuah kalimat. Selain itu, tujuan kita belajar kali ini adalah agar kita mampu menggunakan imbuhan ter- dengan benar. Manfaat kita belajar mengenai imbuhan ter- adalah a gar kita semakin baik dalam berkomunikasi. Komunikasi dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Semua manusia tak bisa hidup tanpa berkomunikasi karena manusia adalah makhluk sosial. Semakin baik kamu berkomunikasi semakin terlihat bahwa kamu orang yang berwawasan luas. Maka dari itu, pelajari materi kali ini dengan sungguh-sungguh, ya! Mengenal Imbuhan Imbuhan merupakan bunyi tambahan yang disisipkan pada sebuah kata, baik pada awal, tengah, akhir, atau awal d...

Soal Ulangan Harian Bahasa Indonesia Kelas 5 BAB 4 Materi Imbuhan, Kalimat Tanggapan, Pantun, dan Pidato

Setiap hari adalah kesempatan baru untuk belajar dan berkembang. Yap! Betul sekali. Kita harus memanfaatkan waktu sebaik mungkin untuk belajar dan berkembang agar hidup kita lebih bermakna.  Kali ini, gurumulang membuatkan Soal Ulangan Harian Bahasa Indonesia BAB 4 Materi Imbuhan, Kalimat Tanggapan, Pantun, dan Pidato. Silakan klik tautan berikut untuk mengerjakan soal: 👉 [ KERJAKAN SOAL ] Kamu bisa langsung tahu skor yang kamu dapatkan, lho! Nanti tulis di kolom komentar, ya, skor yang kamu dapatkan. Kamu juga bisa langsung kerjakan soalnya di sini 👇  Memuat… Latihan soal lainnya: Latihan Soal Penilaian Akhir Tahun (PAT) Mapel Bahasa Jawa Kelas 4 Latihan Soal Penilaian Akhir Tahun (PAT) Mapel Bahasa Arab Kelas 4 Latihan Soal Penilaian Akhir Tahun (PAT) SKI Kelas 4 Latihan Soal Penilaian Akhir Tahun (PAT) Mapel Bahasa Inggris Kelas 4

Teks Deskripsi - Materi Bahasa Indonesia Kelas 7 - Fase D

TEKS DESKRIPSI Dalam kehidupan sehari-hari, kita akan sangat sering menemukan teks deskripsi. Misalnya, saat kita berbelanja secara online, kita sering menemukan teks deskripsi dalam sebuah produk. Penjual perlu mendeskripsikan produknya dengan jelas agar pembeli dapat memilih barang yang mereka butuhkan dengan tepat. Pada kesempatan kali ini, kita akan mempelajari tentang teks deskripsi. Bacalah materi berikut ini dengan saksama! Tanyakan kepada gurumu jika ada bagian yang sulit kamu pahami! Mengapa Kamu Perlu Mempelajari Teks Deskripsi? Adalah sebuah kekonyolan jika kamu mempelajari sesuatu tanpa tahu manfaatnya apa. Tapi, kekonyolan ini pun terkadang masih lebih baik dari pada tidak mempelajari apapun dalam hidupmu. Kalau kamu tahu apa manfaat mempelajari sesuatu, kamu bisa memutuskan akan mempelajarinya dengan tekun atau tidak sama sekali. Maka dari itu, mari kita bahas terlebih dahulu apa saja manfaat mempelajari teks deskripsi. Beberapa manfaat yang bisa kamu peroleh dengan...

13 Rekomendasi Film Inspiratif Untuk Anak-Anak; Cocok Untuk Mengisi Liburan Sekolah

"Film ini bercerita tentang seorang alien rindu kampung halaman yang mendaratkan pesawat ruang angkasanya di dekat Hutan Afrika yang penuh warna. Teman-teman hewan barunya perlu membawanya kembali ke kapalnya dan mengajarinya tentang persahabatan dan kesenangan sebelum ayahnya yang Penakluk Luar Angkasa dapat mengambil alih planet bumi ini." -- Jungle Beat: The Movie -- 13 Film Inspiratif Dalam dan Luar Negeri           Untuk mengisi kegiatan selama pesantren kilat di madrasah, aku ditugasi mengunduh film yang cocok untuk anak-anak MI. Kelas 1 dan 2 direncanakan menonton pada hari Senin, sedangkan kelas 3 hingga 6 pada hari Selasa. Aku dapat tugas mencari film untuk kelas 3 hingga 6. Agak susah mencari film untuk kelas 3 hingga 6 karena kriteria yang diberikan kepala sekolah adalah harus inspiratif.           Masalahnya, anak-anak sekarang mudah sekali bosan. Mereka terbiasa menikmati video-video pendek yang sangat menarik de...

Materi PPT Garis dan Sudut Matematika Kelas 4

  Assalamualaikum, bapak/ibu guru semuanya.  Kali ini guru mulang.com akan membagikan materi presentasi garis dan sudut dalam bentuk PPT.  Garis dan sudut merupakan salah satu materi yang menjadi dasar untuk mempelajari materi-materi geometri yang lain. Garis adalah rangkaian titik-titik yang saling terhubung. Sedangkan sudut adalah wilayah yang terbentuk dari dua buah garis lurus yang saling berpotongan.  Siswa yang mengetahui konsep garis dan sudut akan sangat terbantu dalam materi bangun datar maupun bangun ruang yang mulai diajarkan pada kelas 4 SD.  Untuk itu bapak/ibu, tentu kita tak mau anak-anak didik kita sampai gagal paham apa yang dimaksud garis dan apa yang dimaksud sudut. Nah, kali ini kami bagikan materi garis dan sudut dalam bentuk ppt interaktif.  Dalam materi yang kami bagikan kali ini, ada soal-soal interaktif di dalamnya yang bisa dikerjakan bersama-sama ketika mempelajari garis dan sudut.  Baiklah, tak perlu berlama-lama lagi, berik...

Memanfaatkan Buku "Seandainya Saya Wartawan Tempo" Sebagai Bahan Refleksi Seorang Guru

"Kalau dipikir-pikir, ada persamaan antara wartawan dengan guru. Sama-sama mendidik. Wartawan mendidik masyarakat melalui tulisan-tulisannya. Sementara guru mendidik siswa melalui pembelajarannya." Buat apa seorang guru membaca buku “Seandainya Saya Wartawan Tempo”? Guru tak bertugas menulis berita. Jadi, buat apa? Saya lupa kapan membeli buku tipis ini. Saya menemukannya setelah sekian lama berada di tumpukan buku-buku yang tak terbaca dan tak terurus. Saya mengumpulkan semua buku yang ada kaitannya dengan bahasa Indonesia. Hasilnya banyak didominasi buku-buku kuliah. Ada kamus bahasa Indonesia yang sudah robek, esai-esai bahasa, dan buku ini. Di antara buku-buku yang saya kumpulkan, saya memilih membaca buku ini. Mungkin karena buku ini lebih tipis dari buku-buku lain. Isinya hanya 96 halaman. Buku ini sebenarnya dicetak sebagai bahan pendidikan bagi para wartawan yang bekerja di majalah Tempo, terutama dalam menulis dan menyusun berita bentuk feature . Demi manfaat yang le...

Kaligrafi Karya Kelas 5 - MI GUPPI Rakitan - Tahun Pelajaran 2024/2025

Pada Ramadhan tahun ini, kami kembali mengadakan lomba membuat kaligrafi. Kali ini, ketentuannya adalah membuat kaligrafi dari salah satu surah dalam Al-Quran, yaitu Al-Ikhlas, Al-Falaq, atau An-Nas. Ini adalah hasil karya kelas 5 yang sempat kuabadikan dalam foto. Kuunggah di sini sebagai kenang-kenangan.  Hasilnya memang tidak terlalu bagus, selain karena memang jarang latihan, waktu pembuatannya juga mepet sekali dengan keharusan memilih salah satu surat yang untuk dibuat kaligrafi sebenarnya terbilang cukup panjang untuk kelas 5. Tapi, ini sudah lumayan, kok. 

Bahagia Menjalani Hidup Seperti Anak-Anak

Saya rasa, satu kualitas hidup yang dimiliki anak-anak dan membuat mereka mudah bahagia adalah kemampuan mereka untuk memaafkan kesalahan orang lain. Sebagai guru SD jarang sekali saya mendapati murid-murid saya bersedih atas suatu masalah. Mereka memang mudah menangis kalau mengalami satu masalah yang sulit mereka atasi. Misalnya, saat berantem dengan temannya. Namun, itu tak pernah berlangsung lama. Hari itu juga mereka bisa berbaikan lalu kembali ketawa-ketiwi seolah tak terjadi apa-apa. Mereka terlihat selalu bahagia. Apa rahasianya? Saya penasaran mengapa anak kecil selalu terlihat bahagia. Sebagai guru SD, saya punya banyak waktu dan kesempatan untuk berinteraksi dengan mereka dan mencoba mencari tahu mengapa mereka selalu terlihat bahagia. Setidaknya, ada beberapa hal yang saya kira menjadi penyebab anak kecil relatif terlihat selalu bahagia. 1. Mudah memaafkan Saat mengajar kelas 4, ada seorang siswa yang berkelahi dengan temannya. Waktu itu saya sedang memeriksa kelom...

Karya Fotografi Kelas 5 MI GUPPI Rakitan

Melihat foto ini jiwa bolangku terusik. Bisa menyaksikan pemandangan seperti dalam foto ini secara langsung pasti sangat mendamaikan pikiran. Kapan, ya? Karya Fotografi Kelas 5           Ada satu mapel baru buat kelas 5 tahun ini, yaitu informatika. Materinya berkaitan dengan algoritma, software komputer, penalaran, editing foto dan video, dan lain sebagainya. Aku menyambut baik adanya mata pelajaran baru ini. Dari materi-materi itu aku pilih yang barangkali lebih dekat dengan dunia siswa, yaitu editing foto dan video. Aku memberikan tugas pertama buat mereka untuk mengambil foto apa saja yang menurut mereka indah dan pantas dibagikan. Beberapa siswa berinisiatif mengedit foto yang mereka ambil. Itu bagus dan memang itu tujuan awalku memberi tugas ini. Ini adalah hasil tugas mereka: Bunga putih dengan latar belakang tanaman lain. Komposisinya lumayan bagus. Namun, jika yang ingin ditampilkan atau ditonjolkan adalah bagian bunganya, alangkah baiknya j...