Langsung ke konten utama

Islam di Buku dan Islam di Luar Sana (Ulasan Buku Islam Kita Nggak Ke Mana-Mana Kok Disuruh Kembali Karya Ahmad Khadafi)

“Gus, Gus Mut, ada orang kencingi masjid,” kata Fanshuri. Gus Mut hampir tidak percaya apa yang baru saja di dengarnya. Untuk memastikannya, mereka menuju ke lokasi kejadian. Di sana ramai orang-orang berkumpul. 

Islam di Buku dan Islam di Luar Sana

Ada sekitar 37 cerita di dalam buku ini dengan judul-judul yang lumayan panjang dan sangat memikat. Lihat saja Amar Makruf Gus Mut dan Dakwah Sandal Jepit Kiai Kholil, Seorang Bajingan yang Suka Mabuk-Mabukan Pun Berhak Mencintai Allah, Rayakan Tahun Baru Kok Dibilang Budaya Yahudi, Nasrani, dan Majusi, Sih? dan tentu saja masih banyak lagi. 

Cerita-cerita di dalam buku ini ada yang terinspirasi dari kisah nyata, ada yang terinspirasi dari kisah-kisah dalam sebuah kitab, ada juga yang terinspirasi dari ceramah-ceramah para kiai sungguhan. 

Di akhir cerita, biasanya ada kutipan yang diambil dari cerita itu yang ditulis dengan besar. Sangat menarik dijadikan quotes untuk kita posting di media sosial tentunya.

Baiklah, mari kita bahas beberapa cerita dalam buku ini.

“Gus, Gus Mut, ada orang kencingi masjid,” kata Fanshuri. Gus Mut hampir tidak percaya apa yang baru saja di dengarnya. Untuk memastikannya, mereka menuju ke lokasi kejadian. Di sana ramai orang-orang berkumpul. 

Mas Is yang sangat dikenal oleh Gus Mut sedang mencengkeram kerah baju seseorang dan siap menghadiahi orang itu dengan bogem mentah. “Kamu ngaku nggak, hah? Ngaku aja kalau kamu habis kencingi masjid kami?!” bentak Mas Is sambil bersiap-siap memberi bogem mentah ke muka orang yang diduga mengencingi masjid itu. 

“Sebentar, sebentar, Is. Jangan main pukul dulu. Sebentar, kita tanya dulu baik-baik orangnya,” kata Gus Mut.

Adegan tersebut adalah cuplikan dari salah satu cerita dalam buku ini, yang berjudul Ketika Orang Asing Mengencingi Masjid Kampung. Mas Is dalam cerita tersebut digambarkan sebagai seorang yang gampang tersulut amarah dan main hakim sendiri. Sedangkan Gus Mut adalah tokoh masyarakat yang mengayomi dan dijadikan panutan umat.

Saya kira, dalam masyarakat kita saat ini banyak sekali orang-orang yang sifatnya seperti Mas Is: mudah tersulut amarahnya dan mudah menghakimi orang lain. Kita sering mendengar berita pelaku tindak kejahatan yang dihakimi warga: dibakar hidup-hidup, diarak keliling kampung, dipukuli hingga mati, dan sebagainya. 

Sedangkan orang-orang yang seperti Gus Mut yang bisa meredakan amarah warga, menelisik sebab-sebab sebuah kejadian, lalu mengambil keputusan yang bijak amatlah terbatas jumlahnya.

Tokoh-tokoh dalam buku ini sebenarnya hanyalah tokoh rekaan yang sengaja diciptakan oleh penulisnya untuk mengomentari persoalan-persoalan di masyarakat. Tokoh-tokoh cerita dalam buku ini sangat beragam, sehingga melalui cerita-cerita dalam buku ini mereka seolah-olah membentuk satu dunia Islam sendiri. Hanya saja, dunia Islam yang terbentuk melalui cerita-cerita dalam buku ini berbeda sekali dengan dunia Islam yang saya lihat sehari-hari.

Lihat saja cerita yang berjudul Kalau Yang Lain Tak Boleh Bikin Tempat Ibadah di Rumah Sendiri, Kenapa Yang Islam Boleh?. Dalam cerita ini digambarkan ada seorang kristen bernama Mas Doni yang menggunakan rumahnya sebagai tempat ibadah. Padahal rumahnya ini letaknya ada di tengah-tengah masyarakat yang mayoritas beragama Islam.

Mengetahui hal ini, orang-orang menggerudug rumah Doni. Bukan untuk membakar rumah itu, melainkan untuk berdiskusi mengapa sampai rumahnya dijadikan tempat untuk beribadah. Alhasil, diketahui bahwa tempat ibadah mereka sudah tak cukup lagi menampung jamaah untuk beribadah.

Dipimpin oleh Gus Mut, masyarakat yang mayoritas muslim itu kemudian berinisiatif untuk membuka dialog bersama Pak Camat dan kemudian mengusulkan dana renovasi gereja kepada pemerintah. Cerita ini sangat menggambarkan kerukunan antar umat beragama.

Berbeda sekali dengan apa yang sering saya lihat, terutama di berita-berita media mainstream maupun media sosial. Seorang tokoh agama menghimbau umatnya untuk mencegah pembangunan rumah ibadah agama lain. Katanya, kalau kita membiarkan umat agama lain membangun rumah ibadah maka kita akan mendapatkan dosa besar. Dosa itu bahkan akan kita tanggung selama rumah ibadah yang dibangun masih digunakan untuk beribadah.

Dunia Islam yang terbentuk dalam buku ini benar-benar sebuah dunia yang damai dan menyenangkan. Islam benar-benar menjadi rahmat untuk semua umat. 

Tokoh agama dalam buku ini yang paling sering tampil dalam cerita adalah Kiai Kholil dan Gus Mut. Keduanya merupakan tokoh yang mengayomi masyarakat dan dapat dijadikan panutan. Kehadiran mereka membawa kedamaian dan keteduhan. Meski mereka adalah orang-orang penting yang sangat dihormati oleh masyarakat, mereka tak terlena dan menjadi gila hormat.

Dalam cerita Ketika Guru Ngaji Dimintai Tolong Angkut Karung Beras Seperti Kuli kita juga menemukan kerendahan hati di sana. Gus Mut yang seorang anak Kiai Kholil dan sekaligus guru ngaji yang sangat dihormati tak sungkan memanggul sekarung beras layaknya kuli di pasar.

Cerita lain misalnya Memangnya Ada Kiai Yang Mendatangi Santri Untuk Minta Ngajar? Dalam cerita ini Kiai Kholil tak sungkan mendatangi rumah Fanshuri untuk memintanya mengajarkan bagaimana menggunakan sebuah tablet. 

Fanshuri sebenarnya adalah santri di ponpes Kiai Kholil. Tapi, dalam hal ini Kiai Kholil dengan rendah hati membuang status itu dan malah membaliknya. Dalam hal penggunaan tablet Fanshuri adalah kiai sedangkan Kiai Kholi adalah santri. Tak pantas seorang santri meminta kiainya untuk datang mengajar ke rumahnya. Maka, Kiai Kholil mau repot-repot datang ke rumah Fanshuri. Meskipun sebenarnya jika ia meminta Fanshuri yang datang Fanshuri pasti tak akan menolak.

Membaca dua cerita tersebut mengingatkan saya pada sebuah pengalaman yang saya alami sendiri. Ada seorang yang mendapuk dirinya sebagai kiai. Dia meminta saya datang ke rumahnya. Padahal yang berkepentingan adalah dia bukan saya. Saya pun menolak. Selain karena sebal, memang waktu itu saya sedang banyak urusan. 

Ada juga kiai-kiai yang ketika diundang untuk mengisi pengajian mematok sayarat yang aneh-aneh; terlihat sekali sikap minta dihormati.

Ajaran Islam sebenarnya adalah ajaran yang sempurna, yang jika umatnya melaksanakan ajaran-ajaran di dalamnya dengan sungguh-sungguh dan dengan benar, niscaya akan tercipta sebuah kehidupan yang dipenuhi kedamaian. Ajaran Islam sering dilihat buruk oleh orang-orang diluar Islam karena kelakuan para pemeluknya.

Lihat saja kelakuan orang-orang yang suka membuang sampah sembarangan meskipun ajaran Islam sangat menjunjung tinggi kebersihan. Sampah-sampah berserakan setelah acara pengajian. Makanan dan minuman berlebihan sehingga terpaksa dibuang. Padahal ajaran Islam melarang kemubaziran karena kemubaziran adalah perilaku setan.

Belum lagi kelakuan tokoh-tokoh agama Islam yang sering melontarkan pernyataan-pernyataan kontroversif yang malah memperburuk keadaan. Kita pasti masih ingat saat wabah Covid-19 melanda dunia. Ada seorang ustadz yang jadi sorotan karena pernyataan-pernyataannya malah memperkeruh keadaan. Tentu Anda bisa cari sendiri di internet pernyataan-pernyataannya.

Membaca buku ini membuat saya sadar bahwa masih diperlukan kesadaran bersama untuk terus berubah, untuk mau terus menerus memperbaiki diri dan masyarakat agar Islam yang rahmatan lil alamin tak hanya ada di buku-buku melainkan mewujud dalam kehidupan kita semua.

Informasi Buku:

Islam Kita Nggak Ke Mana-Mana Kok Disuruh Kembali, oleh Ahmad Khadafi. Penerbit: Buku Mojok. Cetakan kedua, Oktober 2019. Dimensi 14 x 20 cm, xii + 219 halaman. ISBN: 978-623-7284-01-7.

--------------------

Ulasan Lainnya di Blog Guru Mulang :


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teks Deskripsi - Materi Bahasa Indonesia Kelas 7 - Fase D

TEKS DESKRIPSI Dalam kehidupan sehari-hari, kita akan sangat sering menemukan teks deskripsi. Misalnya, saat kita berbelanja secara online, kita sering menemukan teks deskripsi dalam sebuah produk. Penjual perlu mendeskripsikan produknya dengan jelas agar pembeli dapat memilih barang yang mereka butuhkan dengan tepat. Pada kesempatan kali ini, kita akan mempelajari tentang teks deskripsi. Bacalah materi berikut ini dengan saksama! Tanyakan kepada gurumu jika ada bagian yang sulit kamu pahami! Mengapa Kamu Perlu Mempelajari Teks Deskripsi? Adalah sebuah kekonyolan jika kamu mempelajari sesuatu tanpa tahu manfaatnya apa. Tapi, kekonyolan ini pun terkadang masih lebih baik dari pada tidak mempelajari apapun dalam hidupmu. Kalau kamu tahu apa manfaat mempelajari sesuatu, kamu bisa memutuskan akan mempelajarinya dengan tekun atau tidak sama sekali. Maka dari itu, mari kita bahas terlebih dahulu apa saja manfaat mempelajari teks deskripsi. Beberapa manfaat yang bisa kamu peroleh dengan...

Memanfaatkan Buku "Seandainya Saya Wartawan Tempo" Sebagai Bahan Refleksi Seorang Guru

"Kalau dipikir-pikir, ada persamaan antara wartawan dengan guru. Sama-sama mendidik. Wartawan mendidik masyarakat melalui tulisan-tulisannya. Sementara guru mendidik siswa melalui pembelajarannya." Buat apa seorang guru membaca buku “Seandainya Saya Wartawan Tempo”? Guru tak bertugas menulis berita. Jadi, buat apa? Saya lupa kapan membeli buku tipis ini. Saya menemukannya setelah sekian lama berada di tumpukan buku-buku yang tak terbaca dan tak terurus. Saya mengumpulkan semua buku yang ada kaitannya dengan bahasa Indonesia. Hasilnya banyak didominasi buku-buku kuliah. Ada kamus bahasa Indonesia yang sudah robek, esai-esai bahasa, dan buku ini. Di antara buku-buku yang saya kumpulkan, saya memilih membaca buku ini. Mungkin karena buku ini lebih tipis dari buku-buku lain. Isinya hanya 96 halaman. Buku ini sebenarnya dicetak sebagai bahan pendidikan bagi para wartawan yang bekerja di majalah Tempo, terutama dalam menulis dan menyusun berita bentuk feature . Demi manfaat yang le...

Materi PPT Garis dan Sudut Matematika Kelas 4

  Assalamualaikum, bapak/ibu guru semuanya.  Kali ini guru mulang.com akan membagikan materi presentasi garis dan sudut dalam bentuk PPT.  Garis dan sudut merupakan salah satu materi yang menjadi dasar untuk mempelajari materi-materi geometri yang lain. Garis adalah rangkaian titik-titik yang saling terhubung. Sedangkan sudut adalah wilayah yang terbentuk dari dua buah garis lurus yang saling berpotongan.  Siswa yang mengetahui konsep garis dan sudut akan sangat terbantu dalam materi bangun datar maupun bangun ruang yang mulai diajarkan pada kelas 4 SD.  Untuk itu bapak/ibu, tentu kita tak mau anak-anak didik kita sampai gagal paham apa yang dimaksud garis dan apa yang dimaksud sudut. Nah, kali ini kami bagikan materi garis dan sudut dalam bentuk ppt interaktif.  Dalam materi yang kami bagikan kali ini, ada soal-soal interaktif di dalamnya yang bisa dikerjakan bersama-sama ketika mempelajari garis dan sudut.  Baiklah, tak perlu berlama-lama lagi, berik...

Tutorial Membaca Nilai Rapor

"Nilai rapor tak lagi mencerminkan kemampuan peserta didik yang sebenarnya. Sudah bukan rahasia lagi bahwa nilai rapor adalah nilai yang sudah dikatrol" Kalau kamu malas belajar, bodoh, jarang berangkat sekolah, tak pernah mengerjakan tugas dari gurumu, sering bikin ulah di sekolah, dan mengerjakan ujian asal-asalan, siap-siaplah terkejut dengan nilai rapormu. Mungkin kamu mengira nilai rapormu jelek semua, bahkan mungkin kamu mengira tidak akan naik kelas. Eiitss.... Kamu akan terkejut. Itu semua tak akan terjadi. Percayalah! Rapor zaman dulu ada nilai merah. Nilai merah berarti kemampuan anak kurang memadai. Zaman dulu hal seperti ini wajar saja. Sekarang, saat aku jadi guru, rupanya tak ada lagi nilai merah. Semua siswa "harus" diberi nilai di atas KKM, meskipun nyatanya ada siswa yang benar-benar tak layak dapat nilai di atas KKM. Nilai rapor tak lagi mencerminkan kemampuan peserta didik yang sebenarnya. Sudah bukan rahasia lagi bahwa nilai rapor adalah nilai ya...

Kaligrafi Karya Kelas 5 - MI GUPPI Rakitan - Tahun Pelajaran 2024/2025

Pada Ramadhan tahun ini, kami kembali mengadakan lomba membuat kaligrafi. Kali ini, ketentuannya adalah membuat kaligrafi dari salah satu surah dalam Al-Quran, yaitu Al-Ikhlas, Al-Falaq, atau An-Nas. Ini adalah hasil karya kelas 5 yang sempat kuabadikan dalam foto. Kuunggah di sini sebagai kenang-kenangan.  Hasilnya memang tidak terlalu bagus, selain karena memang jarang latihan, waktu pembuatannya juga mepet sekali dengan keharusan memilih salah satu surat yang untuk dibuat kaligrafi sebenarnya terbilang cukup panjang untuk kelas 5. Tapi, ini sudah lumayan, kok. 

Tidak Ada Anak Bodoh di Dunia Ini

" Mencintai anak-anak tidaklah cukup, yang juga penting adalah membuat anak-anak menyadari bahwa mereka dicintai orangtuanya ." - St. John Bosco - Tidak ada anak bodoh. Mereka yang kamu anggap bodoh sebenarnya hanya anak-anak yang kurang beruntung. Aku tak tahu ini naif atau tidak. Menurutku semua anak pada dasarnya cerdas dan baik. Tak ada anak bodoh. Tak ada anak jahat. Dalam bukunya Frames of Mind: The Theory of Multiple Intelligences (1983), Howard Gardner mengidentifikasi setidaknya delapan kecerdasan berbeda yang digunakan manusia untuk bertahan hidup, berkembang, dan membangun peradaban. Kecerdasan yang dimaksud yaitu kecerdasan linguistik, kecerdasan logika-matematis, kecerdasan spasial, kecerdasan kinestetik-jasmani, kecerdasan musikal, kecerdasan interpersonal, kecerdasan intrapersonal, dan kecerdasan naturalistik. Setidak-tidaknya anak-anak pasti memiliki salah satu dari delapan kecerdasan tersebut sebagai bekal tumbuh kembangnya. Bekal unik inilah yang harus dima...

Bahagia Menjalani Hidup Seperti Anak-Anak

Saya rasa, satu kualitas hidup yang dimiliki anak-anak dan membuat mereka mudah bahagia adalah kemampuan mereka untuk memaafkan kesalahan orang lain. Sebagai guru SD jarang sekali saya mendapati murid-murid saya bersedih atas suatu masalah. Mereka memang mudah menangis kalau mengalami satu masalah yang sulit mereka atasi. Misalnya, saat berantem dengan temannya. Namun, itu tak pernah berlangsung lama. Hari itu juga mereka bisa berbaikan lalu kembali ketawa-ketiwi seolah tak terjadi apa-apa. Mereka terlihat selalu bahagia. Apa rahasianya? Saya penasaran mengapa anak kecil selalu terlihat bahagia. Sebagai guru SD, saya punya banyak waktu dan kesempatan untuk berinteraksi dengan mereka dan mencoba mencari tahu mengapa mereka selalu terlihat bahagia. Setidaknya, ada beberapa hal yang saya kira menjadi penyebab anak kecil relatif terlihat selalu bahagia. 1. Mudah memaafkan Saat mengajar kelas 4, ada seorang siswa yang berkelahi dengan temannya. Waktu itu saya sedang memeriksa kelom...

Karya Fotografi Kelas 5 MI GUPPI Rakitan

Melihat foto ini jiwa bolangku terusik. Bisa menyaksikan pemandangan seperti dalam foto ini secara langsung pasti sangat mendamaikan pikiran. Kapan, ya? Karya Fotografi Kelas 5           Ada satu mapel baru buat kelas 5 tahun ini, yaitu informatika. Materinya berkaitan dengan algoritma, software komputer, penalaran, editing foto dan video, dan lain sebagainya. Aku menyambut baik adanya mata pelajaran baru ini. Dari materi-materi itu aku pilih yang barangkali lebih dekat dengan dunia siswa, yaitu editing foto dan video. Aku memberikan tugas pertama buat mereka untuk mengambil foto apa saja yang menurut mereka indah dan pantas dibagikan. Beberapa siswa berinisiatif mengedit foto yang mereka ambil. Itu bagus dan memang itu tujuan awalku memberi tugas ini. Ini adalah hasil tugas mereka: Bunga putih dengan latar belakang tanaman lain. Komposisinya lumayan bagus. Namun, jika yang ingin ditampilkan atau ditonjolkan adalah bagian bunganya, alangkah baiknya j...

13 Rekomendasi Film Inspiratif Untuk Anak-Anak; Cocok Untuk Mengisi Liburan Sekolah

"Film ini bercerita tentang seorang alien rindu kampung halaman yang mendaratkan pesawat ruang angkasanya di dekat Hutan Afrika yang penuh warna. Teman-teman hewan barunya perlu membawanya kembali ke kapalnya dan mengajarinya tentang persahabatan dan kesenangan sebelum ayahnya yang Penakluk Luar Angkasa dapat mengambil alih planet bumi ini." -- Jungle Beat: The Movie -- 13 Film Inspiratif Dalam dan Luar Negeri           Untuk mengisi kegiatan selama pesantren kilat di madrasah, aku ditugasi mengunduh film yang cocok untuk anak-anak MI. Kelas 1 dan 2 direncanakan menonton pada hari Senin, sedangkan kelas 3 hingga 6 pada hari Selasa. Aku dapat tugas mencari film untuk kelas 3 hingga 6. Agak susah mencari film untuk kelas 3 hingga 6 karena kriteria yang diberikan kepala sekolah adalah harus inspiratif.           Masalahnya, anak-anak sekarang mudah sekali bosan. Mereka terbiasa menikmati video-video pendek yang sangat menarik de...

Selesai Mengisi DRH, Terima SK CPNS, Selanjutnya Ngapain?

Selesai Mengisi DRH, Terima SK CPNS, Selanjutnya Ngapain? Alhamdulillah! Pada percobaanku yang kedua mengikuti seleksi CPNS, aku dinyatakan lolos. Aku ucapkan selamat untuk diriku sendiri dan untuk teman-teman yang juga lolos pada selesksi CPNS 2024 ini. Selamat!!! Akhirnya kalian berhasil. Aku juga. Kita berhasil. Hore!!! Aku telah menyelesaikan pengisian DRH di akunku. Sama seperti kalian, aku juga sedang menunggu kabar gembira turunnya SK CPNS. Nah, sambil menunggu turunnya SK CPNS yang entah kapan itu dan yang sempat membuat kita khawatir berjamaah, aku meluangkan waktu untuk merangkum persiapan apa saja yang diperlukan untuk menjadi PNS sejati. Tapi, PNS sejati itu yang kayak apa? Tujuanku menulis artikel ini untuk membantu mempersiapkan diriku sendiri. Kalau tulisan ini bermanfaat buat kalian… lumayan buat tabungan pahalaku. Kalau tidak bermanfaat skip saja! Berikut ini aku rangkum dari berbagai sumber, apa saja yang perlu dipersiapkan setelah mengakhiri pengisian D...