Langsung ke konten utama

Lulus CPNS; Apa Saja Persiapanku?

"Guru berkualitas syaratnya tak boleh berhenti belajar. Dengan kesadarannya, ia terus berupaya mengasah bakat dan minatnya untuk perbaikan kualitas diri."

Minggu, 12 Januari 2025, aku dinyatakan lulus seleksi CPNS. Ini membawa konsekuensi dalam hidupku. Aku akan menjadi ASN dengan gaji di atas UMR. Gaji yang layak mensyaratkan kerja yang layak. Kita bekerja sebaik-baiknya dan menuntut gaji setinggi-tingginya. Begitulah cara kerja profesional.

Untuk bekerja secara profesional, aku perlu mempersiapkan diri sebaik mungkin. 
Pertama, menguatkan mental. Aku bertekad membaktikan hidupku di dunia pendidikan. Ini tekad yang bagus. Semua amal baik perlu diniati dengan baik pula.

Tapi, apa maksudmu membaktikan hidup di dunia pendidikan? Punya niat tulus dan upaya sungguh-sungguh untuk menjadi guru berkualitas. Guru berkualitas syaratnya tak boleh berhenti belajar. Dengan kesadarannya, ia terus berupaya mengasah bakat dan minatnya untuk perbaikan kualitas diri. 

Aku punya minat dalam dunia literasi. Aku suka membaca dan menulis. Aku akan terus mengembangkannya untuk menunjang profesiku sebagai seorang guru. Aku akan mengumpulkan tulisan-tulisanku di blog guru mulang ini.

Tak hanya membaca buku, kita juga harus belajar membaca peristiwa, situasi dan kondisi, perkembangan zaman, hingga membaca diri sendiri, lantas merefleksikannya guna menguatkan tekad membaktikan diri di dunia pendidikan. 

Kedua, memperdalam empat kompetensi guru. Kompetensi guru meliputi kompetensi sosial, profesional, pedagodi, dan kepribadian. Aku akan berusaha meningkatkan kemampuan dalam menggali orang lain, membangun hubungan, mengobrol, mempengaruhi, dan bekerja sama dengan siapapun. 


Aku akan mendalami lagi materi pelajaran bahasa Indonesia baik materi SMP maupun SMA. Aku akan meningkatkan kemampuanku menyusun rencana pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, dan melakukan evaluasi serta penilaian.


Memahami tahap-tahap perkembangan anak juga tak kalah penting agar aku mampu menggunakan pendekatan yang tepat untuk menemani anak bertumbuh dan berkembang serta menemukan potensi dirinya. Aku akan berusaha memahami tahap-tahap perkembangan di usia remaja dan bagaimana cara mengoptimalkannya, sebab kemungkinan besar aku akan ditempatkan di MTs atau MA, yang tentu saja berisi para remaja. Aku akan membangun diriku menjadi pribadi yang dapat menginspirasi siswa-siswaku. 


Ketiga, menyiapkan administrasi. Persiapan administrasi berkaitan dengan berkas yang diperlukan untuk pengisian DRH dan pengajuan NIP. Aku juga perlu menyiapkan segala yang berkaitan dengan administrasi mengajar, berupa RPP atau modul ajar, buku-buku yang berkaitan dengan bahasa Indonesia, soal-soal, CP, ATP, dan lain sebagainya. 


Keempat, membicarakannya dengan keluarga. Kelulusanku berdampak pada keluarga berkaitan dengan di mana aku akan ditempatkan. Aku perlu memutuskan apakah keluargaku ikut denganku atau tidak. Ini sebaiknya tidak kuputuskan sendiri. Perlu diskusi dengan keluarga untuk menentukan apa keputusan terbaik yang harus diambil. Keputusan yang tepat bisa membantumu merencanakan keuangan yang sehat. 


Jika aku ditempatkan di luar kabupaten Banjarnegara, namun masih cukup dekat, aku tidak akan membawa serta istri dan anakku. Purwokerto, Banyumas, Wonosobo, atau Temanggung bagiku masih cukup dekat. Masih memungkinkan buatku untuk pulang pergi satu minggu sekali atau satu bulan sekali. Jadi, kurasa tak perlu membawa serta keluarga. Aku bisa hidup mandiri. Aku sudah membuktikannya selama lima tahun menjadi seorang mahasiswa. 


Jika aku ditempatkan di daerah selain yang telah kusebutkan, maka mau tak mau aku akan mengajak istri dan anakku. Aku akan kesepian jika terlalu jauh dari keluarga. Ini sebenarnya bukan soal jarak, tapi soal interaksi yang intens dan upaya membangun kedekatan secara emosional.


Aku berharap ditempatkan di Banjarnegara. Tidak masalah ditempatkan di daerah atas seperti Dieng, Batur, Wanayasa, atau Pagentan. Selama masih di Banjarnegara, aku akan menerimanya dengan senang hati. Namun, apabila terpaksa ditempatkan di luar Banjarnegara, aku harap ditempatkan di salah satu kabupaten atau kota yang sudah kusebutkan.  


Kelima, membicarakannya dengan rekan kerja. Jika aku ditempatkan di sekolah lain, maka aku akan meninggalkan sekolah lamaku. Orang lain akan menggantikanku bekerja di sana. Aku tahu tugas-tugas apa saja yang belum aku selesaikan. Bila memungkinkan, akan kuselesaikan semua tugas-tugas itu sebelum pindah tempat kerja. Ini adalah upaya meningkatkan rasa tanggung jawabku. Ingatlah, selalu tinggalkan jejak berupa kebaikan di mana pun kamu berpijak. Jangan melimpahkan pekerjaan yang belum selesai kepada orang lain. Jika terpaksa, pastikan kamu menjelaskan dan memberi petunjuk kepada orang yang akan menggantikanmu.


Keenam, mempelajari budaya, bahasa, adat istiadat, dan kebiasaan di daerah aku ditempatkan. Kalau sudah tahu di mana aku akan ditempatkan, aku akan mempelajari daerah itu dengan baik. Mulai dari mempelajari budaya, bahasa, adat istiadat, dan kebiasaan agar aku dapat beradaptasi di lingkungan baruku dengan baik. Aku akan mempelajarinya lewat internet atau datang langsung ke daerah tempat kerjaku beberapa hari atau bahkan beberapa minggu sebelum ditempatkan bekerja. Hal ini akan meningkatkan rasa percaya diriku dalam bekerja.


Itulah persiapan yang akan aku lakukan. Semoga semuanya berjalan lancar


Mengapa kamu memilih menjadi guru? 


Selepas SMA, aku tak tahu apa bakatku. Aku juga tak tahu di bidang apa minatku. Yang dulu aku tahu, aku suka belajar bahasa Inggris. Tidak terpikir olehku untuk menjadi seorang guru. Ya, kurasa begitu. 


Mengapa kamu pilih jurusan pendidikan? 


Guru BK. Sepertinya aku ingat. Ya, guru BK. Guru BK-lah yang menyuruhku untuk memilih jurusan pendidikan. Katanya kemungkinan lolos lebih tinggi dari pada jurusan lain. Alhasil aku memilih jurusan pendidikan bahasa Indonesia dan jurusan bahasa Inggris. Kalau tak salah ingat, dulu boleh memilih dua jurusan yang berbeda namun harus di kampus yang berbeda. Entahlah. 


Dulu aku sempat khawatir tak lolos seleksi sebab aku siswa yang biasa-biasa saja. Aku bahkan tak pernah juara kelas. Apalagi temanku yang langganan juara kelas mendaftar pada jurusan yang sama denganku dan di kampus yang sama pula. Aku pesimis sebenarnya. Namun, alhamdulillah kami berdua lolos. Sekarang temanku jadi ASN guru di salah satu SMP di Kemangkon kalau tidak salah. Aku pun sudah jadi guru meski masih tidak tahu mengapa aku menjadi guru. Yang jelas, aku mulai menikmati peranku sebagai seorang guru. 


Apakah menurutmu ini tidak berbahaya? Kamu tentu pernah dengar ada pepatah, “Siapa yang tahu mengapa dia akan mampu melewati semua bagaimana.” Jadi, mengapa kamu menjadi seorang guru? 


Kukira tak masalah. Aku hanya perlu memiliki nilai yang tak akan pernah mati. Artinya, aku harus tahu jalan apa yang akan aku tempuh dan proses apa yang akan aku cintai. Tujuan memang penting, tapi siapa yang mencintai perjalanan, ia akan berjalan lebih jauh dari siapapun. 


Jalan apakah itu? Nilai apakah itu? Proses apakah itu? 


Aku akan memilih nilai yang tak bergantung pada hasil atau nilai yang dapat aku kuasai sepenuhnya. Ini akan butuh waktu lama. Dengan percobaan berkali-kali dan mungkin kegagalan berkali-kali pula. Sudah dulu, ya, sesi wawancaranya. Kita lanjutkan besok saja. 

Postingan Terkait:

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas dan Materi Kalimat Tanggapan dan Saran; Materi Bahasa Indonesia Kelas 5; Kurikulum Merdeka

Sumber gambar: Kompasiana.com "Semoga dengan belajar tanggapan dan saran, kamu menjadi lebih bijaksana dalam bermain media sosial seperti tik-tok, quora, facebook, instagram, x, dan lain-lain. Mengenal Kalimat Tanggapan Pernahkah kamu berkomentar di media sosial? Berkomentar di media sosial merupakan bentuk tanggapan. Pelajaran kita kali ini bertujuan agar kalian semakin bijaksana dalam bermain media sosial, tidak asal komentar, menghargai pendapat orang lain, dan terhindar dari berita bohong alias hoax. Ok, langsung saja! Kalimat tanggapan bisa diartikan sebagai reaksi yang kita berikan terhadap suatu peristiwa atau suatu hal dalam bentuk kalimat. Kamu bisa memberikan tanggapan berupa dukungan, persetujuan, bahkan penolakan. Kamu juga bisa mengungkapkan perasaanmu sebagai bentuk tanggapan. Perhatikan Hal-hal Ini Untuk memberikan tanggapan ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan. Kesantunan . Ketika memberikan tanggapan, pastikan bahasa yang kamu gunakan santun...

Memahami Makna Imbuhan Ter- Dalam Bacaan; Materi Bahasa Indonesia Kelas 5 Kurikulum Merdeka

Manfaat kita belajar mengenai imbuhan ter- adalah agar kita semakin baik dalam berkomunikasi. Komunikasi dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Semua manusia tak bisa hidup tanpa berkomunikasi karena manusia adalah makhluk sosial. Tujuan Belajar Tujuan kita belajar kali ini adalah untuk mengetahui apa saja makna atau fungsi dari imbuhan ter- dalam sebuah kalimat. Selain itu, tujuan kita belajar kali ini adalah agar kita mampu menggunakan imbuhan ter- dengan benar. Manfaat kita belajar mengenai imbuhan ter- adalah a gar kita semakin baik dalam berkomunikasi. Komunikasi dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Semua manusia tak bisa hidup tanpa berkomunikasi karena manusia adalah makhluk sosial. Semakin baik kamu berkomunikasi semakin terlihat bahwa kamu orang yang berwawasan luas. Maka dari itu, pelajari materi kali ini dengan sungguh-sungguh, ya! Mengenal Imbuhan Imbuhan merupakan bunyi tambahan yang disisipkan pada sebuah kata, baik pada awal, tengah, akhir, atau awal d...

Teks Deskripsi - Materi Bahasa Indonesia Kelas 7 - Fase D

TEKS DESKRIPSI Dalam kehidupan sehari-hari, kita akan sangat sering menemukan teks deskripsi. Misalnya, saat kita berbelanja secara online, kita sering menemukan teks deskripsi dalam sebuah produk. Penjual perlu mendeskripsikan produknya dengan jelas agar pembeli dapat memilih barang yang mereka butuhkan dengan tepat. Pada kesempatan kali ini, kita akan mempelajari tentang teks deskripsi. Bacalah materi berikut ini dengan saksama! Tanyakan kepada gurumu jika ada bagian yang sulit kamu pahami! Mengapa Kamu Perlu Mempelajari Teks Deskripsi? Adalah sebuah kekonyolan jika kamu mempelajari sesuatu tanpa tahu manfaatnya apa. Tapi, kekonyolan ini pun terkadang masih lebih baik dari pada tidak mempelajari apapun dalam hidupmu. Kalau kamu tahu apa manfaat mempelajari sesuatu, kamu bisa memutuskan akan mempelajarinya dengan tekun atau tidak sama sekali. Maka dari itu, mari kita bahas terlebih dahulu apa saja manfaat mempelajari teks deskripsi. Beberapa manfaat yang bisa kamu peroleh dengan...

Soal Ulangan Harian Bahasa Indonesia Kelas 5 BAB 4 Materi Imbuhan, Kalimat Tanggapan, Pantun, dan Pidato

Setiap hari adalah kesempatan baru untuk belajar dan berkembang. Yap! Betul sekali. Kita harus memanfaatkan waktu sebaik mungkin untuk belajar dan berkembang agar hidup kita lebih bermakna.  Kali ini, gurumulang membuatkan Soal Ulangan Harian Bahasa Indonesia BAB 4 Materi Imbuhan, Kalimat Tanggapan, Pantun, dan Pidato. Silakan klik tautan berikut untuk mengerjakan soal: 👉 [ KERJAKAN SOAL ] Kamu bisa langsung tahu skor yang kamu dapatkan, lho! Nanti tulis di kolom komentar, ya, skor yang kamu dapatkan. Kamu juga bisa langsung kerjakan soalnya di sini 👇  Memuat… Latihan soal lainnya: Latihan Soal Penilaian Akhir Tahun (PAT) Mapel Bahasa Jawa Kelas 4 Latihan Soal Penilaian Akhir Tahun (PAT) Mapel Bahasa Arab Kelas 4 Latihan Soal Penilaian Akhir Tahun (PAT) SKI Kelas 4 Latihan Soal Penilaian Akhir Tahun (PAT) Mapel Bahasa Inggris Kelas 4

Materi PPT Garis dan Sudut Matematika Kelas 4

  Assalamualaikum, bapak/ibu guru semuanya.  Kali ini guru mulang.com akan membagikan materi presentasi garis dan sudut dalam bentuk PPT.  Garis dan sudut merupakan salah satu materi yang menjadi dasar untuk mempelajari materi-materi geometri yang lain. Garis adalah rangkaian titik-titik yang saling terhubung. Sedangkan sudut adalah wilayah yang terbentuk dari dua buah garis lurus yang saling berpotongan.  Siswa yang mengetahui konsep garis dan sudut akan sangat terbantu dalam materi bangun datar maupun bangun ruang yang mulai diajarkan pada kelas 4 SD.  Untuk itu bapak/ibu, tentu kita tak mau anak-anak didik kita sampai gagal paham apa yang dimaksud garis dan apa yang dimaksud sudut. Nah, kali ini kami bagikan materi garis dan sudut dalam bentuk ppt interaktif.  Dalam materi yang kami bagikan kali ini, ada soal-soal interaktif di dalamnya yang bisa dikerjakan bersama-sama ketika mempelajari garis dan sudut.  Baiklah, tak perlu berlama-lama lagi, berik...

13 Rekomendasi Film Inspiratif Untuk Anak-Anak; Cocok Untuk Mengisi Liburan Sekolah

"Film ini bercerita tentang seorang alien rindu kampung halaman yang mendaratkan pesawat ruang angkasanya di dekat Hutan Afrika yang penuh warna. Teman-teman hewan barunya perlu membawanya kembali ke kapalnya dan mengajarinya tentang persahabatan dan kesenangan sebelum ayahnya yang Penakluk Luar Angkasa dapat mengambil alih planet bumi ini." -- Jungle Beat: The Movie -- 13 Film Inspiratif Dalam dan Luar Negeri           Untuk mengisi kegiatan selama pesantren kilat di madrasah, aku ditugasi mengunduh film yang cocok untuk anak-anak MI. Kelas 1 dan 2 direncanakan menonton pada hari Senin, sedangkan kelas 3 hingga 6 pada hari Selasa. Aku dapat tugas mencari film untuk kelas 3 hingga 6. Agak susah mencari film untuk kelas 3 hingga 6 karena kriteria yang diberikan kepala sekolah adalah harus inspiratif.           Masalahnya, anak-anak sekarang mudah sekali bosan. Mereka terbiasa menikmati video-video pendek yang sangat menarik de...

Memanfaatkan Buku "Seandainya Saya Wartawan Tempo" Sebagai Bahan Refleksi Seorang Guru

"Kalau dipikir-pikir, ada persamaan antara wartawan dengan guru. Sama-sama mendidik. Wartawan mendidik masyarakat melalui tulisan-tulisannya. Sementara guru mendidik siswa melalui pembelajarannya." Buat apa seorang guru membaca buku “Seandainya Saya Wartawan Tempo”? Guru tak bertugas menulis berita. Jadi, buat apa? Saya lupa kapan membeli buku tipis ini. Saya menemukannya setelah sekian lama berada di tumpukan buku-buku yang tak terbaca dan tak terurus. Saya mengumpulkan semua buku yang ada kaitannya dengan bahasa Indonesia. Hasilnya banyak didominasi buku-buku kuliah. Ada kamus bahasa Indonesia yang sudah robek, esai-esai bahasa, dan buku ini. Di antara buku-buku yang saya kumpulkan, saya memilih membaca buku ini. Mungkin karena buku ini lebih tipis dari buku-buku lain. Isinya hanya 96 halaman. Buku ini sebenarnya dicetak sebagai bahan pendidikan bagi para wartawan yang bekerja di majalah Tempo, terutama dalam menulis dan menyusun berita bentuk feature . Demi manfaat yang le...

Kaligrafi Karya Kelas 5 - MI GUPPI Rakitan - Tahun Pelajaran 2024/2025

Pada Ramadhan tahun ini, kami kembali mengadakan lomba membuat kaligrafi. Kali ini, ketentuannya adalah membuat kaligrafi dari salah satu surah dalam Al-Quran, yaitu Al-Ikhlas, Al-Falaq, atau An-Nas. Ini adalah hasil karya kelas 5 yang sempat kuabadikan dalam foto. Kuunggah di sini sebagai kenang-kenangan.  Hasilnya memang tidak terlalu bagus, selain karena memang jarang latihan, waktu pembuatannya juga mepet sekali dengan keharusan memilih salah satu surat yang untuk dibuat kaligrafi sebenarnya terbilang cukup panjang untuk kelas 5. Tapi, ini sudah lumayan, kok. 

Karya Fotografi Kelas 5 MI GUPPI Rakitan

Melihat foto ini jiwa bolangku terusik. Bisa menyaksikan pemandangan seperti dalam foto ini secara langsung pasti sangat mendamaikan pikiran. Kapan, ya? Karya Fotografi Kelas 5           Ada satu mapel baru buat kelas 5 tahun ini, yaitu informatika. Materinya berkaitan dengan algoritma, software komputer, penalaran, editing foto dan video, dan lain sebagainya. Aku menyambut baik adanya mata pelajaran baru ini. Dari materi-materi itu aku pilih yang barangkali lebih dekat dengan dunia siswa, yaitu editing foto dan video. Aku memberikan tugas pertama buat mereka untuk mengambil foto apa saja yang menurut mereka indah dan pantas dibagikan. Beberapa siswa berinisiatif mengedit foto yang mereka ambil. Itu bagus dan memang itu tujuan awalku memberi tugas ini. Ini adalah hasil tugas mereka: Bunga putih dengan latar belakang tanaman lain. Komposisinya lumayan bagus. Namun, jika yang ingin ditampilkan atau ditonjolkan adalah bagian bunganya, alangkah baiknya j...

Tutorial Membaca Nilai Rapor

"Nilai rapor tak lagi mencerminkan kemampuan peserta didik yang sebenarnya. Sudah bukan rahasia lagi bahwa nilai rapor adalah nilai yang sudah dikatrol" Kalau kamu malas belajar, bodoh, jarang berangkat sekolah, tak pernah mengerjakan tugas dari gurumu, sering bikin ulah di sekolah, dan mengerjakan ujian asal-asalan, siap-siaplah terkejut dengan nilai rapormu. Mungkin kamu mengira nilai rapormu jelek semua, bahkan mungkin kamu mengira tidak akan naik kelas. Eiitss.... Kamu akan terkejut. Itu semua tak akan terjadi. Percayalah! Rapor zaman dulu ada nilai merah. Nilai merah berarti kemampuan anak kurang memadai. Zaman dulu hal seperti ini wajar saja. Sekarang, saat aku jadi guru, rupanya tak ada lagi nilai merah. Semua siswa "harus" diberi nilai di atas KKM, meskipun nyatanya ada siswa yang benar-benar tak layak dapat nilai di atas KKM. Nilai rapor tak lagi mencerminkan kemampuan peserta didik yang sebenarnya. Sudah bukan rahasia lagi bahwa nilai rapor adalah nilai ya...