Langsung ke konten utama

Review Buku A Brief Histori of Time; Pertanyaan-Pertanyaan Besar Umat Manusia dan Upaya Menjawabnya

Judul: A Brief History of Time (Sejarah Singkat Waktu)

Penulis: Stephen Hawking

Penerjemah: Zia Anshor

Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama

Tahun Terbit: 2021

Jumlah halaman: 293

ISBN: 978-979-22-9212-1

Awalnya, saya tertarik membeli buku ini karena penasaran dengan penjelasan tentang waktu. Lalu saya membaca banyak ulasan tentang buku ini di internet dan membaca riwayat penulisnya yang kontroversial itu. Akhirnya, saya makin tertarik dengan buku ini lantas membelinya tentu saja.

A Brief History of Time atau Sejarah Singkat Waktu adalah buku terlaris Stepen Hawking. Di dalamnya, Hawking membahas pertanyaan-pertanyaan besar umat manusia. Dari mana kita berasal? Seperti apa alam semesta ini? Apakah alam semesta mempunyai awal? Apakah alam semesta akan berakhir? Apa peran Tuhan dalam penciptaan alam semesta dan dalam perjalanan alam semesta?

Pertanyaan-pertanyaan tentang alam semesta telah mengusik manusia sejak dahulu. Berbagai teori dikemukakan untuk menjawab pertanyaan itu: dari Plato, Aristoteles, Ptolomeus, Galileo, Kopernikus, hingga ilmuan modern seperti Albert Einstein, Newton, Hawking; dari filsuf, ilmuan, hingga agamawan.

Teori-teori yang terbukti salah dibuang dan diganti dengan teori yang dianggap mendekati kebenaran. Sampai saat ini, bisa dikatakan kita masih meraba-raba dalam kegelapan untuk mencari secercah cahaya yang akan membawa kita lebih dekat lagi pada kebenaran penciptaan alam semesta. Kita masih akan terus bertanya dan berupaya menjawabnya.

Mari kita mulai dengan membahas apa yang Hawking ungkapkan dalam bukunya. Di pertengahan buku ini, saya menangkap kesan bahwa semasa hidupnya, Hawking ingin menemukan satu teori terpadu lengkap tentang alam semesta. Kalau kita dapat menemukannya mungkin saja kita bisa menjelaskan apa yang akan terjadi dan apa yang telah terjadi.

Upaya menjawab pertanyaan-pertanyaan besar umat manusia membawa kita pada kemajuan di berbagai bidang ilmu. Tapi, semua kemajuan kita ini sifatnya terpisah-pisah sehingga sampai saat ini kita tetap tak tahu hakikat alam semesta.

Buku ini dimuali dengan gambaran alam semesta yang terus berkembang seiring waktu, teori baru muncul mendepak teori lama yang gagal membuktikan dirinya benar, manusia terus mencari hakikat alam semesta. Hawking juga sama saja, ia juga tertarik untuk mengetahui hakikat alam semesta.

Mengetahui alam semesta tidak berarti cuma mengetahui galaksi yang super besar, namun kita juga perlu tahu dunia super mikro alias dunia kuantum, yang di sana berlaku hukum ketidakpastian.

Di sinilah ilmuan terkejut dengan penemuan dalam dunia kuantum. Di dunia kuantum satu zarah bisa berada pada dua tempat sekaligus dalam satu waktu. Hal ini tentu saja membuat para ilmuan awalnya tidak percaya. Namun, sayangnya memang begitulah kenyataannya.

Dahulu para ilmuan percaya ilmu fisika akan segera berakhir karena tak ada lagi yang akan bisa dikuak oleh manusia. Namun ternyata para ilmuan salah. Sampai saat ini para ilmuan masih terus menemukan hal-hal baru yang dulu tak mereka ketahui. Ini semakin membuktikan kalau umat manusia hanya tahu sedikit sekali mengenai alam semesta yang mereka tinggali. Namun, ini juga menunjukkan kalau umat manusia sudah melangkah maju.

Di buku ini, Hawking juga menguraikan kemungkinan manusia menembus waktu. Fiksi ilmiah telah lama menjadikan perjalanan menembus waktu sebagai satu cerita rekaan yang sangat menarik. Para ilmuan berusaha menemukan cara melakukannya. Teori-teori yang saat ini diketahui oleh umat manusia, menurut Hawking punya kemungkinan digunakan untuk mencari cara melakukan perjalanan menembus waktu.

Tentang perjalanan menembus waktu ada satu paradoks terkenal yang disebut grandfather paradox, yaitu sebuah paradoks perjalanan waktu dimana ketidakkonsistenan timbul saat mengubah masa lalu. Namanya berasal dari deskripsi umum paradoks tersebut: seseorang pergi ke masa lalu dan membunuh kakeknya sendiri sebelum ayah atau ibunya ada. Karena kakeknya telah dibunuh, maka ayah dan ibunya tidak terlahir, maka dia seharusnya juga tidak terlahir dan perjalanan menembus waktu tidak akan terjadi.

Jika Anda kembali ke masa lalu, berarti ada kemungkinan dapat melakukan sesuatu untuk merubah keadaan saat ini. Dengan melakukan perubahan tersebut sama saja menggagalkan arti perjalanan ke masa lalu sebab yang menjadi patokan adalah keadaan saat ini. Jika perubahan dapat dilakukan, berarti ada kemungkinan dua keadaan 'saat ini.' Inilah paradoks yang dimaksud.

Teori Hawking yang terkenal adalah lubang hitam yang menurutnya tak begitu hitam dan masih bisa memancarkan zarah. Lubang hitam dapat tercipta dari satu bintang yang mengalami keruntuhan karena kehabisan bahan bakar. Bintang tersebut tak mampu menahan gravitasinya sendiri dan akhirnya runtuh menjadi lubang hitam.

Lubang hitam punya gravitasi yang sangat besar sehingga tak ada yang bisa lolos darinya bahkan cahaya. Namun, menurut hawking lubang hitam masih dapat memancarkan zarah dan itu berarti lubang hitam tak begitu hitam.

Satu penemuan yang sangat menarik buatku adalah fakta bahwa cahaya ternyata bisa berbentuk gelombang namun bisa juga berbentuk zarah. Dulu, yang aku pelajari di sekolah, cahaya adalah gelombang. Tapi ternyata fakta itu tak sepenuhnya benar karena cahaya ternyata bisa berbentuk zarah. Dulu aku tak begitu paham pelajaran fisika dan tak terlalu suka. Kalau saja dari dulu aku tahu kalau ilmu fisika semenarik ini, mungkin aku akan lebih giat belajar fisika. Haha.

Kita kembali ke pembahasan terkait buku Hawking. Di bukunya ini, dia juga mempertanyakan apa peran Tuhan setelah penciptaan alam semesta.

Sejauh ini para ilmuan meyakini bahwa alam semesta bergerak dengan satu set hukum alam yang tak berubah. Dengan pengetahuan ini maka wajar bila para ilmuan menanyakan peran Tuhan setelah penciptaan. Dengan kata lain, Tuhan menciptakan alam semesta lalu membiarkannya begitu saja bergerak dengan satu set hukum alam yang diciptakannya. Artinya, setelah penciptaan Tuhan tak lagi punya peran di alam semesta ini. Begitulah kira-kira sepemahamanku.

Penemuan terbaru terkait dunia kuantum agaknya menjadikan pandangan ini goyah. Di dunia kuantum atau dunia yang sangat-sangat kecil berlaku hukum ketidakpastian atau yang disebut oleh ilmuan sebagai uncertainty principle.

Dalam dunia kuantum atau sub atomik semua hukum-hukum alam yang kita ketahui saat ini tak berlaku. Semua hal di sana serba tak pasti dan tak bisa diprediksi sama sekali. Penemuan tentang dunia kuantum ini kontroversial. Ada ilmuan yang mendukung ada pula yang menentangnya. Albert Einstein, ilmuan paling tersohor di muka bumi sampai mengeluarkan pernyataan yang sangat terkenal, “Tuhan tidak bermain dadu,”.

Pada akhirnya manusia akan terus mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang alam semesta dan tentang hakikat dirinya karena manusia adalah makhluk yang menyejarah. Kita tak akan hanya bertanya, kita juga akan terus menerus mengupayakan jawaban untuk pertanyaan yang kita buat sendiri dengan semua upaya yang kita bisa menggunakan semua yang telah kita punya dan kita ketahui.

Baca Juga: Review Buku Learning How To Learn: Mempelajari Keterampilan yang Sangat Penting di Abad 21

Ulasan Buku BH Karya Emha Ainun Nadjib: Narasi Orang-Orang Terpinggirkan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas dan Materi Kalimat Tanggapan dan Saran; Materi Bahasa Indonesia Kelas 5; Kurikulum Merdeka

Sumber gambar: Kompasiana.com "Semoga dengan belajar tanggapan dan saran, kamu menjadi lebih bijaksana dalam bermain media sosial seperti tik-tok, quora, facebook, instagram, x, dan lain-lain. Mengenal Kalimat Tanggapan Pernahkah kamu berkomentar di media sosial? Berkomentar di media sosial merupakan bentuk tanggapan. Pelajaran kita kali ini bertujuan agar kalian semakin bijaksana dalam bermain media sosial, tidak asal komentar, menghargai pendapat orang lain, dan terhindar dari berita bohong alias hoax. Ok, langsung saja! Kalimat tanggapan bisa diartikan sebagai reaksi yang kita berikan terhadap suatu peristiwa atau suatu hal dalam bentuk kalimat. Kamu bisa memberikan tanggapan berupa dukungan, persetujuan, bahkan penolakan. Kamu juga bisa mengungkapkan perasaanmu sebagai bentuk tanggapan. Perhatikan Hal-hal Ini Untuk memberikan tanggapan ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan. Kesantunan . Ketika memberikan tanggapan, pastikan bahasa yang kamu gunakan santun...

Teks Deskripsi - Materi Bahasa Indonesia Kelas 7 - Fase D

TEKS DESKRIPSI Dalam kehidupan sehari-hari, kita akan sangat sering menemukan teks deskripsi. Misalnya, saat kita berbelanja secara online, kita sering menemukan teks deskripsi dalam sebuah produk. Penjual perlu mendeskripsikan produknya dengan jelas agar pembeli dapat memilih barang yang mereka butuhkan dengan tepat. Pada kesempatan kali ini, kita akan mempelajari tentang teks deskripsi. Bacalah materi berikut ini dengan saksama! Tanyakan kepada gurumu jika ada bagian yang sulit kamu pahami! Mengapa Kamu Perlu Mempelajari Teks Deskripsi? Adalah sebuah kekonyolan jika kamu mempelajari sesuatu tanpa tahu manfaatnya apa. Tapi, kekonyolan ini pun terkadang masih lebih baik dari pada tidak mempelajari apapun dalam hidupmu. Kalau kamu tahu apa manfaat mempelajari sesuatu, kamu bisa memutuskan akan mempelajarinya dengan tekun atau tidak sama sekali. Maka dari itu, mari kita bahas terlebih dahulu apa saja manfaat mempelajari teks deskripsi. Beberapa manfaat yang bisa kamu peroleh dengan...

Memanfaatkan Buku "Seandainya Saya Wartawan Tempo" Sebagai Bahan Refleksi Seorang Guru

"Kalau dipikir-pikir, ada persamaan antara wartawan dengan guru. Sama-sama mendidik. Wartawan mendidik masyarakat melalui tulisan-tulisannya. Sementara guru mendidik siswa melalui pembelajarannya." Buat apa seorang guru membaca buku “Seandainya Saya Wartawan Tempo”? Guru tak bertugas menulis berita. Jadi, buat apa? Saya lupa kapan membeli buku tipis ini. Saya menemukannya setelah sekian lama berada di tumpukan buku-buku yang tak terbaca dan tak terurus. Saya mengumpulkan semua buku yang ada kaitannya dengan bahasa Indonesia. Hasilnya banyak didominasi buku-buku kuliah. Ada kamus bahasa Indonesia yang sudah robek, esai-esai bahasa, dan buku ini. Di antara buku-buku yang saya kumpulkan, saya memilih membaca buku ini. Mungkin karena buku ini lebih tipis dari buku-buku lain. Isinya hanya 96 halaman. Buku ini sebenarnya dicetak sebagai bahan pendidikan bagi para wartawan yang bekerja di majalah Tempo, terutama dalam menulis dan menyusun berita bentuk feature . Demi manfaat yang le...

Materi PPT Garis dan Sudut Matematika Kelas 4

  Assalamualaikum, bapak/ibu guru semuanya.  Kali ini guru mulang.com akan membagikan materi presentasi garis dan sudut dalam bentuk PPT.  Garis dan sudut merupakan salah satu materi yang menjadi dasar untuk mempelajari materi-materi geometri yang lain. Garis adalah rangkaian titik-titik yang saling terhubung. Sedangkan sudut adalah wilayah yang terbentuk dari dua buah garis lurus yang saling berpotongan.  Siswa yang mengetahui konsep garis dan sudut akan sangat terbantu dalam materi bangun datar maupun bangun ruang yang mulai diajarkan pada kelas 4 SD.  Untuk itu bapak/ibu, tentu kita tak mau anak-anak didik kita sampai gagal paham apa yang dimaksud garis dan apa yang dimaksud sudut. Nah, kali ini kami bagikan materi garis dan sudut dalam bentuk ppt interaktif.  Dalam materi yang kami bagikan kali ini, ada soal-soal interaktif di dalamnya yang bisa dikerjakan bersama-sama ketika mempelajari garis dan sudut.  Baiklah, tak perlu berlama-lama lagi, berik...

Tutorial Membaca Nilai Rapor

"Nilai rapor tak lagi mencerminkan kemampuan peserta didik yang sebenarnya. Sudah bukan rahasia lagi bahwa nilai rapor adalah nilai yang sudah dikatrol" Kalau kamu malas belajar, bodoh, jarang berangkat sekolah, tak pernah mengerjakan tugas dari gurumu, sering bikin ulah di sekolah, dan mengerjakan ujian asal-asalan, siap-siaplah terkejut dengan nilai rapormu. Mungkin kamu mengira nilai rapormu jelek semua, bahkan mungkin kamu mengira tidak akan naik kelas. Eiitss.... Kamu akan terkejut. Itu semua tak akan terjadi. Percayalah! Rapor zaman dulu ada nilai merah. Nilai merah berarti kemampuan anak kurang memadai. Zaman dulu hal seperti ini wajar saja. Sekarang, saat aku jadi guru, rupanya tak ada lagi nilai merah. Semua siswa "harus" diberi nilai di atas KKM, meskipun nyatanya ada siswa yang benar-benar tak layak dapat nilai di atas KKM. Nilai rapor tak lagi mencerminkan kemampuan peserta didik yang sebenarnya. Sudah bukan rahasia lagi bahwa nilai rapor adalah nilai ya...

Kaligrafi Karya Kelas 5 - MI GUPPI Rakitan - Tahun Pelajaran 2024/2025

Pada Ramadhan tahun ini, kami kembali mengadakan lomba membuat kaligrafi. Kali ini, ketentuannya adalah membuat kaligrafi dari salah satu surah dalam Al-Quran, yaitu Al-Ikhlas, Al-Falaq, atau An-Nas. Ini adalah hasil karya kelas 5 yang sempat kuabadikan dalam foto. Kuunggah di sini sebagai kenang-kenangan.  Hasilnya memang tidak terlalu bagus, selain karena memang jarang latihan, waktu pembuatannya juga mepet sekali dengan keharusan memilih salah satu surat yang untuk dibuat kaligrafi sebenarnya terbilang cukup panjang untuk kelas 5. Tapi, ini sudah lumayan, kok. 

Tidak Ada Anak Bodoh di Dunia Ini

" Mencintai anak-anak tidaklah cukup, yang juga penting adalah membuat anak-anak menyadari bahwa mereka dicintai orangtuanya ." - St. John Bosco - Tidak ada anak bodoh. Mereka yang kamu anggap bodoh sebenarnya hanya anak-anak yang kurang beruntung. Aku tak tahu ini naif atau tidak. Menurutku semua anak pada dasarnya cerdas dan baik. Tak ada anak bodoh. Tak ada anak jahat. Dalam bukunya Frames of Mind: The Theory of Multiple Intelligences (1983), Howard Gardner mengidentifikasi setidaknya delapan kecerdasan berbeda yang digunakan manusia untuk bertahan hidup, berkembang, dan membangun peradaban. Kecerdasan yang dimaksud yaitu kecerdasan linguistik, kecerdasan logika-matematis, kecerdasan spasial, kecerdasan kinestetik-jasmani, kecerdasan musikal, kecerdasan interpersonal, kecerdasan intrapersonal, dan kecerdasan naturalistik. Setidak-tidaknya anak-anak pasti memiliki salah satu dari delapan kecerdasan tersebut sebagai bekal tumbuh kembangnya. Bekal unik inilah yang harus dima...

13 Rekomendasi Film Inspiratif Untuk Anak-Anak; Cocok Untuk Mengisi Liburan Sekolah

"Film ini bercerita tentang seorang alien rindu kampung halaman yang mendaratkan pesawat ruang angkasanya di dekat Hutan Afrika yang penuh warna. Teman-teman hewan barunya perlu membawanya kembali ke kapalnya dan mengajarinya tentang persahabatan dan kesenangan sebelum ayahnya yang Penakluk Luar Angkasa dapat mengambil alih planet bumi ini." -- Jungle Beat: The Movie -- 13 Film Inspiratif Dalam dan Luar Negeri           Untuk mengisi kegiatan selama pesantren kilat di madrasah, aku ditugasi mengunduh film yang cocok untuk anak-anak MI. Kelas 1 dan 2 direncanakan menonton pada hari Senin, sedangkan kelas 3 hingga 6 pada hari Selasa. Aku dapat tugas mencari film untuk kelas 3 hingga 6. Agak susah mencari film untuk kelas 3 hingga 6 karena kriteria yang diberikan kepala sekolah adalah harus inspiratif.           Masalahnya, anak-anak sekarang mudah sekali bosan. Mereka terbiasa menikmati video-video pendek yang sangat menarik de...

Karya Fotografi Kelas 5 MI GUPPI Rakitan

Melihat foto ini jiwa bolangku terusik. Bisa menyaksikan pemandangan seperti dalam foto ini secara langsung pasti sangat mendamaikan pikiran. Kapan, ya? Karya Fotografi Kelas 5           Ada satu mapel baru buat kelas 5 tahun ini, yaitu informatika. Materinya berkaitan dengan algoritma, software komputer, penalaran, editing foto dan video, dan lain sebagainya. Aku menyambut baik adanya mata pelajaran baru ini. Dari materi-materi itu aku pilih yang barangkali lebih dekat dengan dunia siswa, yaitu editing foto dan video. Aku memberikan tugas pertama buat mereka untuk mengambil foto apa saja yang menurut mereka indah dan pantas dibagikan. Beberapa siswa berinisiatif mengedit foto yang mereka ambil. Itu bagus dan memang itu tujuan awalku memberi tugas ini. Ini adalah hasil tugas mereka: Bunga putih dengan latar belakang tanaman lain. Komposisinya lumayan bagus. Namun, jika yang ingin ditampilkan atau ditonjolkan adalah bagian bunganya, alangkah baiknya j...

Selesai Mengisi DRH, Terima SK CPNS, Selanjutnya Ngapain?

Selesai Mengisi DRH, Terima SK CPNS, Selanjutnya Ngapain? Alhamdulillah! Pada percobaanku yang kedua mengikuti seleksi CPNS, aku dinyatakan lolos. Aku ucapkan selamat untuk diriku sendiri dan untuk teman-teman yang juga lolos pada selesksi CPNS 2024 ini. Selamat!!! Akhirnya kalian berhasil. Aku juga. Kita berhasil. Hore!!! Aku telah menyelesaikan pengisian DRH di akunku. Sama seperti kalian, aku juga sedang menunggu kabar gembira turunnya SK CPNS. Nah, sambil menunggu turunnya SK CPNS yang entah kapan itu dan yang sempat membuat kita khawatir berjamaah, aku meluangkan waktu untuk merangkum persiapan apa saja yang diperlukan untuk menjadi PNS sejati. Tapi, PNS sejati itu yang kayak apa? Tujuanku menulis artikel ini untuk membantu mempersiapkan diriku sendiri. Kalau tulisan ini bermanfaat buat kalian… lumayan buat tabungan pahalaku. Kalau tidak bermanfaat skip saja! Berikut ini aku rangkum dari berbagai sumber, apa saja yang perlu dipersiapkan setelah mengakhiri pengisian D...